by

Berbagai Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Berinvestasi Di Saham

-Bisnis-14 views

Seperti diketahui berbagai harga barang terus melonjak sehingga setiap orang perlu yang namanya investasi. Dengan investasi maka setiap orang bisa menunda pembelian dan meletakkan pada instrumen yang akan memberikannya keuntungan di masa mendatang. Salah satu instrumen tersebut tidak lain adalah saham dari berbagai perusahaan di Indonesia.

Dengan berinvestasi di saham tersebut tentu akan membuat kamu bisa mendapatkan keuntungan yang berlipat-lipat di masa mendatang. Tetapi sebelum terjun kesana ada berbagai hal yang wajib kamu ketahui. Hal ini karena kesalahan sekecil apapun akan menyebabkan kamu tidak akan mendapatkan keuntungan ketika berinvestasi di saham ini.

Cerdas Memilih Saham

Sebelum kamu berinvestasi ada baiknya perlu perlu analisa mendalam pada saham yang akan di belinya. Hal ini tidak lain karena di dalam saham untuk mendapatkan keuntungan itu ada dua macam yaitu capital gain dan juga dividen. Sehingga, kamu harus bisa mengetahui mana perusahaan yang hanya untuk penanaman modal atau untuk membeli saham.

Capital gain ini bisa kamu dapatkan dengan membeli sejumlah saham dan menjualnya ketika saham tersebut mengalami kenaikan di kemudian hari. Sedangkan dividen itu di dapat dari bagi hasil oleh perusahaan kepada para pemegang saham. Kebanyakan yang masuk dalam golongan ini orang yang mampu membeli saham dalam jumlah besar dan ikut dalam rapat umum pemegang saham.

Tujuan Dan Target Investasi

Sebelum terjun di saham, ada baiknya kamu memastikan terkait tujuan dan target dari investasi tersebut. Hal ini perlu ditetapkan di awal agar kamu bisa berpikir akan langkah-langkah apa yang akan dilakukan dari tujuan dan target yang telah kamu rencakan. Jika kamu ingin mendapatkan penghasilan harian maka targetnya dalam hitungan jam harus bisa profit sekian persen.

Sedangkan jika kamu ingin menggunakan dana tersebut untuk pendidikan anak maka kamu bisa menargetkannya hingga 3 sampai 4 tahun ke depan. Dengan demikian ketika beberapa tahun ke depan kamu tidak akan kesulitan finansial ketika akan membiayai anak. Rencana seperti ini sangat penting karena kenaikan di dunia pendidikan per tahunnya mencapai 15%.

Modal

Untuk terjun di dunia saham tentu perlu yang namanya modal yang digunakan untuk membeli sejumlah saham. Dalam hal modal tentu sebagai pemula kamu harus menggunakan uang dingin. Hindari untuk meminjam uang pada bank atau menjual barang-barang berharga lainnya. Hal-hal seperti ini perlu dihindari karena jika pemula pasti emosionalnya belum stabil ketika terjun di dunia saham.

Dikatakan demikian karena banyak sekali pemula yang terjun di saham dengan dana besar. Ketika dia tidak bisa mengendalikan emosi maka uang tersebut akhirnya habis dan rugi besar. Karena bernafsu ingin mengembalikan lagi, maka dia pun bergeser menjual barang lainnya yang lebih besar. Tetapi jika kamu bersabar dengan bermain kecil-kecilan terlebih dahulu tentu akan sagnat aman.

Dengan seperti itu, nanti kamu akan mengetahui pola permainan dalam dunia saham itu seperti apa. Dilakukan hal seperti ini tentu tujuannya agar bisa mengatur keuangan dan juga emosi agar bisa tetap stabil meskipun keuntungannya juga kecil.

Itulah berbagai hal yang perlu kamu perhatikan sebelum terjun di dunia saham. Semua ini harus kamu perhatikan khususnya di masalah modal, dimana harus menggunakan uang dingin. Jangan sampai nekat untuk menjual sertifikat tanah atau apapun itu demi trading di saham.

Hal seperti ini tentu salah besar karena bermain di saham tidaklah semudah membalikkan tangan bagi para pemula. Untuk kamu yang ingin membaca seputar artikel saham lainnya bisa kunjungi situs semuatahu.web.id.

News Feed