by

Yuk Kenali Berbagai Manfaat Instagram untuk Bisnis Anda

Anda masih merasa ragu akan manfaat Instagram bagi proses kampanye marketing Anda? Padahal tidak sedikit lho orang yang mengatakan bahwa tanpa Instagram, suatu bisnis akan kehilangan peluang pemasaran yang sangat besar. Apalagi dengan penambah followers ig tentunya semua orang percaya baha dengan banyak nya followers tentunya orang semakin percaya.

Manfaat Instagram Bagi Bisnis

Berikut ulasan enam manfaat Instagram bagi bisnis Anda:

1. Kemudahan Mempromosikan Produk dan Layanan 

Instagram menawarkan berbagai fitur fungsional untuk memudahkan Anda mengenalkan dan mempromosikan produk/layanan Anda. Diantaranya adalah:

  • Instagram Shopping—fitur ecommerce yang memudahkan Anda membuat toko di Instagram, mempublikasikan shoppable post, menambahkan label belanja, hingga menampilkan koleksi dan detail produk. 
  • Instagram Promoted Posts—promosi post akun bisnis Anda dengan menyesuaikan target audiens, besaran budget, serta durasi waktunya.
  • Shoppable Tags di Instagram Stories—tak hanya di post, Anda juga bisa menambahkan shoppable tags di Instagram stories untuk menampilkan dan mempromosikan produk Anda.
  • Link di Instagram Stories—menampilkan link Swipe Up atau See More untuk mengarahkan audiens ke halaman produk atau area lainnya.    

Selanjutnya, agar Anda semakin yakin akan pentingnya Instagram dalam proses promosi brand Anda, mari simak beberapa data berikut:

  • 81% pengguna memanfaatkan Instagram untuk melakukan riset terhadap suatu produk atau layanan. 
  • 83% pengguna juga mengaku bahwa Instagram membantu mereka untuk menemukan produk atau layanan baru. 
  • 80% orang mengatakan kalau mereka akan membuat keputusan apakah akan memilih suatu produk atau layanan tertentu setelah melihatnya di Instagram. 
  • 130 juta consumers menyatakan tertarik untuk memperoleh informasi lengkap mengenai produk dari shoppable posts. 

2. Kesempatan Menjangkau Audiens yang Lebih Luas

Banyak orang yang tertarik menggunakan Instagram. Merujuk kepada data dari Statista, Instagram mempunyai pengguna aktif bulanan mencapai 1 miliar dan lebih dari 500 juta orang per hari. 

Hebatnya lagi, pengguna tersebut rata-rata menghabiskan waktu hingga 53 menit; yang mana hampir menyamai Facebook dengan rata-rata 58 menit.

Artinya, bisnis Anda mempunyai kesempatan besar untuk menjangkau audiens baru yang belum pernah mengenal bisnis Anda sebelumnya. Itulah mengapa Instagram juga dikenal sebagai salah satu platform terbaik untuk meningkatkan brand recognition dan brand awareness.

3. Meningkatkan Angka Penjualan

Tidak hanya sebatas membantu mempromosikan bisnis Anda, Instagram juga menghadirkan berbagai fitur terbaik untuk meningkatkan angka penjualan. 

Faktanya, sepertiga pengguna Instagram juga seringkali melakukan pembelian secara langsung melalui aplikasi ini di ponsel mereka. 

4. Mengoptimalkan Visibilitas Online Anda 

Dengan strategi yang tepat, Instagram bisa dimanfaatkan untuk mengoptimalkan visibilitas online Anda. Sebagai contoh, Anda dapat menggunakan hashtag untuk membuat konten Anda semakin mudah ditemukan di halaman explore Instagram. 

Kemudian bagi akun bisnis, Instagram juga menawarkan elemen tambahan yang akan membuat profil Anda terlihat semakin profesional dan memikat hati audiens. Diantaranya adalah seperti kategori bisnis, info kontak, website, dan call-to-action.