6 Skill Wajib Dimiliki untuk Jadi Desainer Grafis Unggulan

Bisnis37 views

Di era media digital, kemampuan untuk mengolah pesan dalam bentuk visual menjadi sangat dibutuhkan di bidang apa pun. Tak heran, skill desain grafis pun jadi semakin penting baik untuk bersaing di dunia kerja, maupun dunia usaha. Persaingan profesi ini pun semakin ketat. Tapi jangan khawatir, karena kamu bisa mengasah semua skill dasar profesi ini lewat kelas desain grafis secara online.

Sebelum terjun di dunia ini, ada baiknya kamu mengenal hard skill dan soft skill yang harus dibutuhkan untuk bersaing profesi ini. Penasaran skill apa aja yang harus kamu kuasai supaya bisa jadi desainer grafis yang andal? Yuk simak selengkapnya di sini!

1. Komposisi Desain

Komposisi adalah penempatan atau aransemen unsur-unsur visual dalam sebuah media. Ini merupakan salah satu prinsip utama dalam bidang seni visual, termasuk desain grafis. Kompisisi yang baik memungkinkan desain kamu terlihat lebih menarik dan mudah dipahami pesan komunikasinya. Ada beberapa prinsip dasar komposisi yang mudah untuk dipelajari dan dilatih, diantaranya: hierarchy, contrast, repetition, alignment, dan balance.

2. Tipografi

Tipografi adalah teknik memilih dan menata huruf di dalam sebuah desain visual. Meskipun terlihat sederhana, apabila diaplikasikan dengan tepat skill ini akan membuat teks dalam desain menjadi terlihat menarik dan nyaman dibaca. Oleh karena itu, menguasai tipografi jadi salah satu kompetensi penting di bidang desain grafis

3. Aplikasi Desain Grafis

Ada banyak aplikasi yang dapat kamu gunakan sebagai desainer grafis, mulai dari yang gratis seperti GIMP, hingga aplikasi profesional seperti Adobe Illustrator, Photoshop, dan lain-lain. Menguasai aplikasi ini dapat membuat proses pengerjaan desain kalian lebih mudah dan cepat, dengan memanfaatkan fitur atau tools yang ada di dalamnya. Ga usah khawatir kalau banyak tools yang terlihat asing, karena Pixel Ninja punya kelas yang bisa bantu kamu untuk mahir menggunakan aplikasi desain.

4. Komunikasi

Sebagai seorang desainer grafis kamu tidak bekerja sendiri, oleh karena itu tidak hanya teknik desain yang harus dikuasai, tapi skill komunikasi juga sangat penting! Mulai dari memahami pesan yang harus diolah menjadi komunikasi visual, menjelaskan konsep dan pengerjaan desain, hingga menerima revisi, semuanya menuntut kemampuan komunikasi yang baik. Tentunya ini tidak bisa dipelajari sendiri, melalui kelas desain kamu bisa melatih skill komunikasi sebagai desainer dengan mengerjakan tugas-tugas yang diberikan.

5. Problem Solving

Pada dasarnya, tugas seorang desainer grafis adalah memecahkan masalah bagaimana mengubah pesan dalam bentuk teks menjadi visual yang menarik. Skill dasar yang kamu pelajari adalah rumus dan alat yang bisa membantu kamu membuat visualisasi yang menarik, namun kamu harus memahami dulu pesan apa yang ingin disampaikan dan siapa audiens yang akan menerima pasan tersebut. Dengan menguasai skill problem solving, kamu akan lebih mudah untuk mengambil keputusan yang tepat dalam pemilihan komposisi, tipografi, dan sebagainya.

6. Manajemen Waktu

Pekerjaan yang paling baik adalah pekerjaan yang selesai. Prinisp ini tentunya berlaku juga untuk seorang desainer grafis. Mulai dari berkomunikasi dengan klien dan tim, hingga proses pengerjaan materi desain yang beragam, ada banyak hal yang harus di lakukan secara bersamaan. Akibatnya tanpa manajemen waktu yang baik, pekerjaan akan dengan mudah menumpuk, dan ini bisa berdampak pada hasil desain yang jadi kurang optimal. Tapi jangan takut, dengan membuat daftar pekerjaan dan mengaturnya secara rutin, kamu akan lebih mudah fokus dan menyelesaikan semuanya.

Bagaimana, sudah siap untuk menekuni profesi sebagai desainer grafis? Jangan khawatir kalau kamu merasa belum memiliki skill di atas, karena semuanya bisa kamu latih dan kuasai seiring waktu dan pengalaman yang meningkat. Selain itu, melalui kelas desain di Pixel Ninja kamu bisa lebih mudah mengasah skill ini, sambil membangun portofolio kamu.