by

Ternyata Ini Peranan Penting Profesi Dokter Bedah Saraf yang Jarang Diketahui

Sistem saraf yang ada didalam tubuh memiliki peranan yang sangat penting untuk mengontrol semua kinerja organ didalam tubuh. Sistem saraf terdiri dari berbagai bagian seperti sistem saraf pusat dan sistem saraf tepi yang terletak hampir disetiap bagian tubuh manusia. Sudah menjadi hal umum bahwa setiap bagian yang ada didalam tubuh akan rentan terhadap berbagai gangguan kesehatan. Oleh sebab itu, dokter bedah saraf hadir sebagai solusi yang tepat bagi para pasien yang memiliki keluhan penyakit didalam sistem saraf tersebut. Dokter spesialis yang satu ini memiliki tanggung jawab penuh untuk memberikan konsultasi, diagnosis serta melakukan penanganan baik sebelum sampai setelah tindakan pengobatan.

Penting untuk Anda ketahui, bahwa untuk dapat menjadi dokter spesialis yang khusus menangani gangguan pada saraf tubuh manusia, maka harus menempuh pendidikan dokter umum terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan mengambil studi ilmu bedah saraf yang dapat ditempuh dalam waktu paling cepat 5 tahun. Selain itu, dokter yang satu ini jumlahnya juga terbilang masih minim sehingga tidak heran jika untuk berkonsultasi dengan dokter yang menangani khusus mengenai saraf ini harus membuat janji jauh hari sebelumnya.

Ada berbagai kondisi atau gangguan kesehatan yang dalam proses penyembuhan akan berinteraksi langsung dengan dokter spesialis yang satu ini, diantaranya para pasien penderita kanker atau tumor otak, stroke, terdapat infeksi pada saraf otak dan jenis penyakit berbahaya lain yang berhubungan dengan saraf. Akan tetapi, dokter spesialis yang menangani nantinya juga akan disesuaikan dengan jenis penyakit karena dokter spesialis yang menangani bedah ini terdiri dari berbagai divisi, antara lain:

  • Bedah Saraf Onkologi.

Dokter spesialis yang satu ini nantinya akan menangani pasien yang memiliki keluhan penyakit kanker otak atau yang menyerang bagian tulang belakang, umumnya tindakan paling umum yang dilakukan adalah seperti kemoterapi, operasi pengangkatan tumor dan terapi radiasi.

  • Bedah Saraf Pediatrik.

Sedangkan dokter spesialis yang satu ini nantinya akan memiliki tanggung jawab penuh untuk mengatasi berbagai kelainan bentuk kepala maupun fungsi saraf para pasien yang masih dalam umur anak-anak.

  • Bedah Saraf Vascular.

Berikutnya dokter spesialis yang menangani khusus bagian saraf ini akan memegang kendali pada para pasien yang memiliki gangguan pembuluh darah di otak, seperti stroke iskemsik, fistula, aneurisme otak yang masuk dalam deretan penyakit berbahaya yang dapat mengancam nyawa penderitanya.

  • Bedah Tulang Belakang.

Sesuai dengan nama spesialisnya, dokter yang satu ini akan memberikan tindakan pada bagian tulang belakang jika terjadi kondisi seperti saraf terjepit atau terdapat sel tumor yang dapat merusak dan mengganggu kinerja jaringan otak.

Memiliki lingkungan kerja yang terbilang luas dan berhubungan dengan penyakit kronis, dokter spesialis yang satu ini juga sering melakukan kerjasama dengan dokter spesialis lain agar dapat melakukan tindakan pengobatan secara maksimal dan mengutamakan keselamatan pasien. Umumnya, sebelum melakukan diagnosa, dokter spesialis yang satu ini akan meminta pasien untuk melakukan tes kesehatan baik secara fisik atau menggunakan sampel tertentu.

Demikian ulasan mengenai divisi atau jenis dokter bedah saraf yang memiliki peranan penting dalam bidang kesehatan. Semua jenis gangguan maupun penyakit yang terdapat pada sel otak atau tulang belakang sangat berbahaya dan dapat mengancam nyawa jika tidak segera ditangani. Oleh sebab itu, jika Anda merasakan gejala seperti sakit kepala yang tidak kunjung sembuh, sering pingsan tanpa alasan yang jelas atau mati rasa pada bagian tubuh tertentu segera kunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan secepat mungkin.

News Feed