by

Review Smartphone Samsung Galaxy A31

Tidak diragukan lagi yang berstatus sebagai salah satu raksasa di industri Smartphone pintar, bahkan di semua di industri elektronik secara umum, produk Samsung sering sekali mengeluarkan produk-produk canggihnya dalam hal inovasi, spesifikasi dan yang keren lainnya. Pabrik asal korea ini terus-terusan melakukan pengeluaran terbaru untuk membuat dirinya semakin besar di bidangnya. Samsung juga terlihat lebih cukup agresif di tanah air ini  pada paruh 2020. Tidak hanya mengunggulkan S dan Note, produk ini juga memperbanyak varian di kelas menengah, yang masuk ke dalam dua rumpun utama Galaxy A dan Galaxy M.

Produk Galaxy A masuk dalam kelas menengah dengan beberapa sentuhan premium, sementara Produk Samsung Galaxy M mengutamakan harga yang lebih terjangkau dengan fitur utama baterai yang besar. Lalu apa yang membuat ponsel ini yang yang sangat di tunggu- tunggu? Mengingat kompetitor di kelasnya yang sudah ada terlebih dahulu juga mengusung kelebihannya masing-masing. Berbincang mengenai spek Samsung Galaxy A31 ini, sebenarnya tidak ada yang terlalu di istimewakan.

 Meski demikian bukan berarti apa yang dibawa Samsung Galaxy A31 tidak bagus, namun harus di ingat bahwa para pesaing juga memiliki spesifikasi yang hampir serupa. Walaupun demikian ada beberapa hal yang layak untuk di highlight seperti, RAM raksasa hingga 12GB, dengan terpasangnya 4 buah kamera di belakang, hingga baterai yang berukuran besar untuk menunjang pemakaian sehari-hari.

Interface

Smartphone Galaxy A31 menggunakan sistem operasi Android 10 dengan ciri khas dari Samsung yaitu Antarmuka pengguna One UI terbaru versi 2,1 yang sangat user friendly. Ikon-ikon yang sangat menarik yang tampak besar dan beberapa fitur yang canggih. Dilihat dari sisi layar, Samsung Galaxy A31 dilengkapi dengan filter cahaya biru dan mode gelap untuk membuat pengguna lebih nyaman untuk di pandang dengan antarmuka finansial. Lalu, ada mode layar hidup atau alami, layar awal tata letak satu lapis atau dua lapis, layar tepi yang menyediakan akses yang cepat, hingga sistem navigasi Gerakan dengan layar yang penuh.

Beralih ke fitur keamanan, perangkat ini memerlukan sidik jari di layar Bersama pengenalan wajah untuk membuka dan mengunci Smartphone secara praktis. Fitur lain pada Samsung Galaxy ini adalah hadirnya NFC yang bermanfaat untuk mengecek dan mengisi saldo uang elektronik, serta pembayaran digital dengan Samsung pay.

Peforma Kencang

Kembali ke hardware, Samsung Galaxy A31 ini di tenagai chipset Mediatek Helio P65. SoC ini mengemas CPU octa-core, yang terdiri dari dual-core Cortex-A75 yang berkecepatan 2.0GHz dan hexa-core Cortex-A55 1.7GHz, serta GPU mail-G52 2EEMC2.

Cortex-A75 sendiri sekitar 22% lebih cepat daripada Cortexs-A73 yang digunakan pada seri sebelumnya (Helio P60). Kinerjanya didukung RAM 6GB dan penyimpanan internal 128 GB yang bisa disetujui lewat slot microSD, peforma di dunia nyata harusnya tidak ada tantangan.

Baterai Berkapasitas Besar

Membicarakan Daya tahan baterai, Samsung Galaxy A31 ini di bekali dengan baterai badak berkapasitas 5.000mAh dengan fitur Charging 15W. jauh lebih baik di bandingkan dengan pendahuluanya yang hanya berkapasitas 4000mAh.

Kamera yang Jernih

Kamera pada ponsel ini adalah salah satu yang sangat diandalkan. Kamera Samsung Galaxy A31 cukup lengkap, di posisi belakang Samsung menyematkan empat buah kamera dengan lensa berbeda. Kamera ini beresolusi yaitu 48 MP dengan aperture f./.0, fitur ini menggunakan sensor Samsung ISOCELL bright GM2 didukung ISP.

Kesimpulan

Menurutku Samsung Galaxy A31 sangat kompetitif di kelas menengah. Mulai dari Super AMOLED yang hadir beresolusi full HD+, empat kamera dengan kamera utama 48MP, hingga hadirnya fitur NFC.