by

Rumah Sakit Persahabatan: Makanan Sehat untuk Jaga Kehamilan Sehat

Rumah sakit Persahabatan merupakan salah satu cabang dari RSUP Dr. Cipto Mangunkusumo yang memiliki dokter ahli dan asisten dokter dari Rusia. Visi rumah sakit adalah menjadi rumah sakit respirasi terkemuka di Asia Pasifik, dengan misi untuk mengembangkan pelayanan, melaksanakan tata kelola rumah sakit bertaraf internasional, melaksanakan penelitian dan pelatihan tenaga kesehatan maupun dokter dan melaksanakan pelayanan kesehatan untuk keselamatan pasien. Rumah sakit ini juga memberikan perawatan untuk ibu dan anak sehingga ibu hamil dapat melakukan konsultasi untuk menjaga kehamilan dengan baik.

Selama 9 bulan ibu hamil mengandung janin dan sebagai ibu hamil perlu membekali diri dengan beberapa hal yang perlu dihindari dan perlu diperbanyak untuk dilakukan demi menjaga kehamilan. Saat ini ibu hamil memiliki beberapa pantangan makanan namun beberapa buah dan makanan sangat direkomendasikan untuk kesehatan bumil karena memiliki banyak manfaat untuk bumil dan janin. Hal inilah yang membuat ibu hamil lebih disarankan mengonsumsi yang alami dengan daya serat tinggi.

Berikut adalah buah untuk ibu hamil muda dan hamil tua diantaranya:

  • Apel, dengan vitamin A,B1, B2, B3, B5, B6, B9 dan C untuk pemancaran sistem pencernaan, memiliki kandungan berupa asam maat dan tannin yang bermanfaat untuk mengurangi pembengkakan pada bagian tertentu seperti kaki, siku dan lainnya.
  • Anggur, dengan vitamin A, C dan B1, beta karotem, fosfor, kalsium, zat besi, DHA, magnesium, asam folat, omega 3 dan serat untuk membantu perkembangan otak janin, membentuk saraf di otak janin, membantu pembentukan tabung otak dan mengurangi resiko cacat otak saat bayi lahir.
  • Buah naga, dengan at besi, karoten, karbohidrat, folat, serat dan masih banyak lagi untuk pembentukan sel darah merah dalam tubuh dan menyempurnakan penglihatan janin selama dalam kandungan.
  • Cherry, memiliki kandungan tembaga, zat besi, kalium, mangan dan lainnya untuk membantu melancarkan sistem pencernaan dan membuat kulit bayi sehat dan putih, memperlancar aliran darah dan meningkatkan nafsu makan.

Selain itu, alpukat untuk membantu proses pembentukan tulang janin, memperkuat tulang Ibu, menghasilkan hormon prolaktin dan pembentukan sel darah merah. Strawberry untuk menjaga kesehatan ibu, berperan sebagai antioksidan menangkal radikal bebas dan mencegah kelainan jantung saat bayi baru lahir. Jambu air mampu mencegah ibu mengalami dehidrasi, memelihara kesehatan organ pencernaan dan ginjal.

Berikut adalah beberapa makanan sehat untuk ibu hamil diantaranya:

  • Bayam, untuk membantu ibu hamil mengatasi masalah sembelit dan gangguan pencernaan, untuk membentuk sistem kekebalan tubuh dan mendukung proses pembentukan tulang pada janin.
  • Brokoli, mencegah anemia, membuat anak untuk memiliki kecenderungan untuk makan sayur saat besar, mendukung pertumbuhan tulang, gigi dan otot.
  • Kubis, untuk mendorong pembentukan sel-sel darah merah, menjaga janin supaya tidak mengalami cacat tabung syaraf, mengandung sekitar 300 kalri sesuai kebutuhan gizi ibu hamil.
  • Kembang kol, mendukung kekebalan tubuh, membantu ibu hamil dalam penyerapan zat besi sehingga melindungi ibu hamil dari anemia, mendukung pertumbuhan tulang dan gigi.

Selain itu, ada juga kacang hijau untuk mengurangi resiko penyakit pernafasan pada bayi, mengurangi rasa mual pada trimester dan mendukung kesehatan jantung. Jeruk baik untuk pembentukan sel-sel darah merah, mencegah masalah dehidrasi dan mendukung pengembangan plasenta sehat. Tomat baik untuk mendukung proses penyerapan zat besi, melindungi sel tubuh dari kerusakan dan menjaga kehamilan. Rumah sakit Persahabatan dapat segera melakukan pemesanan melalui Pusat Pelayanan Kesehatan Nasional tel 021-4891708 ext.164.

News Feed