by

Resep Nasi Kuning Rice Cooker Simple dan Gampang Bikinnya

Nasi kuning biasanya disajikan ketika sedang ada acara syukuran, ulang tahun, atau perayaan-perayaan lainnya. Nasi kuning sendiri biasanya disajikan dengan lauk pendamping yang sangat melimpah dan sebagai lambang atas rasa syukur. Biasanya kalau kita beli nasi kuning di luar itu pasti harganya sedikit mahal, untuk kalian anak kos atau ibu rumah tangga yang sedang ingin membuat nasi kuning tapi tidak mau ribet.

Kami punya solusinya, karena di artikel kali ini kami akan memberikan kalian Resep Nasi Kuning Rice Cooker yang pastinya anti ribet alias sangat mudah.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan untuk Membuat Nasi Kuning

Bahan:

  • 3 lembar daun pandan
  • 300 gram beras
  • 5 lembar daun salam
  • 3 lembar daun jeruk
  • 1 ruas lengkuas yang sudah di memarkan
  • 3 ruas kunyit memarkan kunyit
  • 1 ruang jahe yang sudah di memarkan
  • 5 siung bawang putih
  • 200 ml santan kelapa
  • Garam secukupnya
  • 4 siung bawang putih

Cuci Beras Sampai Bersih Kemudian Tiriskan

Masukkan terlebih dahulu beras yang sudah di siapkan ke dalam panci Rice Cooker, kemudian cuci eras di air yang mengalir sampai beras benar-benar bersih. Untuk hasil yang maksimal lakukan pencucian beras sebanyak tiga kali, jika sudah kalian bisa tiriskan beras dan masukan beras ke Rice Cooker. Cara selanjutnya yaitu, tuangkan santan kelapa ke dalam wajan yang sebelumnya sudah di panaskan. Tunggu santan sampai mendidih dan santan terlihat seperti setengah matang.

Masukkan Bumbu ke Dalam Rebusan Santan

Sambil santan kelapanya di rebus, kalian bisa masukkan bahan lain yaitu seperti jahe, lengkuas, daun pandan, daun salam, daun jeruk, daun serai, kunyit kemudian juga bawang putih, bawang merah, dan yang terakhir garam ke dalam rebusan santan kelapa tadi. Kalian juga bisa aduk santan sesekali sampai santannya tercampur secara merata dan berubah warna.

Jika sudah berubah warna masukkan air yang sudah di takar sesuai dengan takaran dari Rice Cooker. Aduk kembali semua bahan tadi sampai airnya mendidih dan keluar aroma harum, jika di rasa sudah matang kalian bisa matikan kompornya.

Masak Nasi dan Santan Sampai Matang

Tuang semua bumbu dan santan kelapa yang sudah di masak tadi ke dalam Rice Cooker. Aduk beras dan bumbu agar semuanya rata dan juga bisa meresap dengan sempurna, tutup Rice Cooker jika semua bahan tadi sudah merata semua dan masak nasi sampai matang.

Itulah Resep Nasi Kuning Rice Cooker yang sangat simple, selanjutnya kami akan memberikan kalian beberapa menu lauk tambahan untuk di santap bersama dengan nasi kuning yang sudah kalian buat tadi.

Orek Tempe

Orek tempe ini sesuai dengan namanya bahan utama pembuatannya adalah tempe. Tempe yang sudah di potong-potong kecil atau dadu kemudian di tumis dengan menggunakan berbagai bumbu, rasa dari orek tempe ini sendiri manis pedas dan teksturnya yang sangat renyah.

Ayam Serundeng

Agar makanan kalian terasa sangat spesial, kalian bisa tambahkan Ayam Serundeng sebagai lauk tambahan. Rasa dari ayam dan serundengnya yang sangat gurih ini meresap sampai ke tulang.

Telur Balado

Lauk selanjutnya ada Telur Balado. Terbuat dari bahan utamanya yaitu telur yang sudah di rebus kemudian di masak lagi dengan bumbu balado. Pedas dari bumbu baladonya ini pasti bikin kamu tambah saat makan.

Itu tadi beberapa Resep Nasi Kuning Rice Cooker beserta rekomendasi lauk untuk menemani makan kalian, selamat mencoba dan semoga artikel ini dapat membantu kalian semua.

Nasi Kuning dapat Anda Order di:

Harga KisaranBeli Sekarang di:
Rp.15.000Shopee
Rp. 17.000Tokopedia
Rp. 16.000Lazada
Rp. 18.000Blibli