by

Pilihan Pegangan Bet Saat Bermain Tenis Meja

Bermain tenis meja akan semakin seru jika Anda memahami bagaimana memainkannya. Mulai dari perhitungan poin, cara melakukan servis hingga bagaimana memegang bet yang benar dan tepat. Untuk yang terakhir ini, Anda harus tahu bagaimana melakukannya mengingat pukulan yang keras dan terarah sangat tergantung dari faktor ini. Dan untungnya, untuk bisa mahir layaknya pemain profesional tidaklah sesulit yang dibayangkan. Di artikel ini sendiri akan dibahas tentang bagaimana memegang bet yang benar.

Sebagai langkah awal, Anda harus memahami bagaimana memilih bet yang sesuai dengan karakter Anda. Jika Anda seorang pemula maka pilihlah bet yang memang dikhususkan untuk itu. Sebaliknya, jika Anda memang sudah mahir atau setidaknya sudah seperti pemain profesional maka pilihlah bet yang mampu memfasilitasinya. Cukup banyak jenis bentuk maupun brand yang ada di pasaran yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.

Adapun yang dimaksud dengan bet adalah raket atau pemukul yang digunakan dalam olahraga ping pong yang menggunakan bahan kayu yang sudah dilapisi dengan karet. Agar hasilnya maksimal, maka Anda harus tahu bagaimana memegang bet seperti :

Pegangan layaknya berjabat tangan (shakehand grip)

Untuk jenis pegangan yang satu ini sudah umum digunakan oleh para atlet yang profesional. Adapun pegangan dengan model seperti ini cukup populer di negara Eropa. Caranya persis seperti Anda menjabat tangan seseorang atau posisikan tangan seperti mau berjabat tangan. Kemudian, letakkan jari kelingking, kemudian jari manis serta jari tengah dalam posisi melingkar di bagian handle bet.

Untuk posisi jari telunjuk harus menyentuh tepi karet dan pegangan bet juga harus terselip di antara jari telunjuk dengan ibu jari. Antara ibu jari dan jari telunjuk harus membentuk huruf ‘V’ dimana keduanya harus menempel pada pegangan serta bagian pada kepala bet.

Shakehand grip ini sendiri dibagi menjadi dua, yakni deep shakehand  dan shallow shakehand. Shallow shakehand ada banyak kelebihan seperti memberikan kebebasan untuk menggerakkan pergelangan tangan para pemain. Shallow shakehand akan membuat pemain lebih mudah untuk mengganti jenis pegangan dengan tiba-tiba.

Untuk pegangan deep shakehand caranya adalah menempatkan ibu jari dalam posisi sedikit terangkat. Namun, pemain harus lebih rileks saat memegang bagian kepala bet. Bagi Anda yang mau mempelajarinya jangan bingung karena memang sangat mudah dipelajari. Jenis pegangan deep shakehand memudahkan pemain untuk mengontrol gerakan bola.

Seemiller Grip atau American Grip

Lebih dikenal dengan sebutan American Grip dimana pegangan ini hampir sama dengan shakehand grip. Bedanya adalah pada posisi telunjuk yang letaknya berada di bagian belakang.

Itulah beberapa jenis pegangan bet yang harus diketahui baik oleh pemain pemula maupun yang profesional sekalipun. Pada awalnya mungkin gerakan atau pukulan ini cukup menyulitkan namun jika dilatih terus menerus bukan satu hal yang mustahil jika hasilnya cukup dahsyat.

Seperti yang dijelaskan di awal artikel bahwa bet memegang peranan yang cukup penting dalam permainan tenis meja. Untuk itu, pastikan memilih yang terbaik dan sesuai dengan karakter seperti tipe penyerang misalnya. Adapun model bet yang bisa Anda gunakan adalah tidak menggunakan bungkusan apapun pada bagian handle serta desainnya cukup polos. Sementara itu, bahan yang digunakan adalah Carbon Fiber 3 Plywood yang membuat pukulan menjadi lebih maksimal. Yuk, latih dari sekarang jenis pegangan bet agar semakin hari Anda semakin mahir saat bermain ping pong.

News Feed