by

Merawat Dan Membersihkan Kuas Make Up Agar Awet dan Tahan Lama

Memiliki segudang peralatan pendukung make up sudah merupakan hal yang umum dimiliki oleh para wanita. Tak terkecuali banyak yang memiliki koleksi kuas make up mulai dari yang murah hingga yang harganya lumayan mahal. Akan tetapi banyak juga yang sering kali mengalami kesulitan dalam merawat dan membersihkannya. Sehingga akhirnya kuas make up tidak bisa awet dan tidak tahan lama. Baru saja membeli seperangkat kuas dengan harga lumayan, namun tiga bulan kemudian rusak serta harus membeli yang baru kembali. Nah, bagi yang sering kali mengalami kesulitan semacam ini, sebaiknya ketahui dulu beberapa cara merawat dan membersihkan kuas make up berikut supaya bisa awet dan tahan lama.

Jenis Kuas Make Up

Pertama-tama sebaiknya ketahui dulu beberapa jenis kuas make up yang ada di pasaran. Selain membantu mengenali jenis kuas, tentunya hal ini juga membantu dalam hal merawat setiap macam kuas tersebut. Karena bisa jadi kuas yang satu dan yang lain memiliki ketebalan serta ketahanan yang berbeda. Sehingga dengan mengenali jenis kuas make up, maka lebih mudah untuk mengetahui langkah perawatan yang paling tepat. Berikut ini beberapa jenis kuas make up yang umum digunakan.

  • Foundation Brush, yaitu jenis kuas yang digunakan untuk aplikasi fondasi pada wajah supaya lebih terlihat menyatu dan merata.
  • Large Powder Brush, yaitu kuas yang digunakan untuk meratakan bedak pada seluruh permukaan wajah. Oleh sebab itu sekilas jenis kuas ini hampir mirip dengan kuas untuk aplikasi fondasi. Bentuknya cukup besar dan lebar sehingga bisa dengan mudah mengaplikasikan bedak tabur secara merata ke seluruh sudut wajah.
  • Blush Brush, dimana kuas jenis ini secara khusus digunakan untuk aplikasi pemerah pipi. Dengan bantuan kuas tersebut, maka perona pipi akan menempel merata dan membaur dengan warna kulit sepenuhnya.
  • Flat Contour Brush, yaitu jenis kuas yang digunakan untuk membantu menegaskan tulang pipi. Oleh sebab itu umumnya kuas ini berbentuk meruncing segitiga dan bulunya cukup padat.
  • Soft Angle Contour Brush, ini merupakan jenis kuas yang biasa digunakan untuk membentuk kontur wajah supaya terlihat seperti yang diinginkan. Misalnya membentuk kesan wajah yang lebih tirus dan kurus.
  • Tapered Face Brush, merupakan jenis kuas yang digunakan untuk aplikasi bedak maupun bronzer dan kontur pipi yang lebih lembut.
  • Fan Brush, adalah kuas yang digunakan untuk aplikasi highlighter pada beberapa bagian dan sudut wajah. Kuas yang satu ini mudah digunakan di area tulang pipi, hidung, dagu atau dahi.
  • Concealer Brush, merupakan jenis kuas make up yang digunakan untuk aplikasi concealer pada daerah-daerah tertentu di wajah.

Perawatan Kuas Make Up

Supaya kuas make up lebih awet dan tahan lama, tentu saja ada beberapa langkah perawatan penting untuk diperhatikan. Oleh sebab itu sebaiknya pastikan untuk mengetahui langkah-langkah perawatan tersebut sehingga kuas nantinya tidak mudah rusak walaupun digunakan sehari-hari. Berikut ini beberapa cara merawat kuas untuk aplikasi make up sehari-hari.

  • Gunakan Tempat Penyimpanan

Sebaiknya miliki tempat penyimpanan khusus untuk kuas make up yang dimiliki. Sehingga kuas bisa disimpan di tempat yang tepat dan tidak sembarangan. Memiliki tempat penyimpanan khusus untuk kuas juga membantu menjaga tekstur kuas lebih awet dan tahan lama.

  • Bersihkan Setelah Pemakaian

Jangan lupa untuk membersihkan kuas secara berkala setelah pemakaian. Apalagi jika kuas digunakan setiap harinya. Tentu saja kita tidak ingin kuas yang digunakan menjadi sarang bakteri karena malas membersihkan secara berkala. Oleh sebab itu sebaiknya carilah waktu yang tepat untuk membersihkan kuas secara rutin. Misalnya di saat akhir pekan dan lakukan dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama atau berdekatan. Misalnya setiap seminggu sekali atau dua minggu sekali.

  • Jauhkan Dari Bahan Kimia

Sebaiknya simpanlah kuas yang jauh dari aneka macam bahan kimia. Karena bahan kimia seperti misalnya cairan parfum atau skincare wajah bisa jadi merusak tekstur kuas. Sehingga akhirnya kuas tidak bisa awet dan mudah rusak. Usahakan menyimpan kuas di tempat yang kering dan hindari tempat lembap, dengan demikian maka kuas dapat terjaga lebih awet.

  • Gunakan Dengan Hati-Hati

Aplikasikan kuas dengan hati-hati dan jangan terburu-buru. Hal ini supaya kuas dapat lebih awet serta tahan lama dan tidak mudah rusak. Sapukan kuas sesuai petunjuk dan pastikan lakukan perlahan supaya bulu kuas tidak mudah rontok. Dengan pemakaian yang lebih diperhatikan, tentu kuas yang harganya murah sekalipun juga bisa lebih awet dan tidak perlu harus membeli berulang kali.

Langkah Membersihkan Kuas Make Up

Dari langkah-langkah perawatan kuas make up di atas, tidak sedikit yang merasa bingung bagaimana langkah yang tepat untuk membersihkan kuas make up. Padahal ini adalah aktifitas yang cukup penting untuk memastikan kuas tidak mudah berjamur atau mengandung bakteri. Oleh sebab itu supaya kuas awet serta tidak mudah rusak, jangan lupa untuk menerapkan langkah membersihkan kuas make up berikut ini.

  • Gunakan pembersih kuas make up yang bisa didapatkan di pasaran atau di toko secara umum. Pembersih ini bisa membantu supaya make up yang tertinggal pada kuas dapat bersih secara maksimal. Namun apabila tidak memiliki cukup dana untuk membeli pembersih khusus, maka bisa menggunakan sabun dan air hangat.
  • Bersihkan kuas secara berkala, seperti misalnya seminggu sekali. Sehingga kotoran yang menempel pada kuas dapat dihilangkan secara teratur. Hal ini juga membantu mencegah timbul bakteri pada kuas yang terus menerus dipakai dan bercampur dengan aneka macam make up.
  • Cuci kuas dengan menyemprotnya baik menggunakan pembersih ataupun air sabun dengan perlahan. Pastikan seluruh kuas dibasahi oleh sabun atau pembersih lalu tekan secara perlahan. Setelahnya bilas lembut dengan air hangat supaya seluruh kotoran terlepas dari kuas.
  • Keringkan kuas yang sudah dicuci dengan handuk lembut. Usap secara perlahan supaya tidak merusak bulu pada kuas make up. Lakukan berulang hingga kadar air menurun dan kuas cukup kering untuk disimpan.
  • Angin-anginkan kuas lebih dulu hingga benar-benar kering sepenuhnya. Bila sudah cukup kering maka kuas bisa kembali disimpan pada wadahnya. Hindari menyimpan kuas yang masih basah dan lembap karena mudah menjadi sarang jamur dan bakteri.

Itulah sedikit tips menarik untuk merawat serta membersihkan kuas make up secara maksimal. Sehingga nantinya kuas yang dimiliki bisa jauh lebih awet dan tidak mudah rusak walaupun digunakan sehari-hari. Membeli kuas yang murah belum tentu tidak dapat digunakan secara awet. Dengan penggunaan yang lebih berhati-hati dan perawatan yang optimal, maka tentunya kuas make up yang harganya murah sekalipun bisa bertahan lebih lama dan tidak mudah rusak. Jika masih belum percaya, coba terapkan dulu sendiri dan buktikan hasilnya!