by

Menjangkau Kota-kota Di Indonesia Dengan Kereta Api

Kereta api menjadi mode transportasi andalan yang bebas macet, tepat waktu dan terjangkau harganya. Bahkan dari tahun ke tahun, kereta sudah menjelma menjadi transportasi yang aman dan nyaman. Bisa dilihat dari beragam fasilitas dan pelayanan yang ditawarkan, bahkan untuk kelas ekonomi sekalipun.

Tak ayal, dari mudik hingga travelling bisa sangat nyaman dengan kereta. Beberapa kota destinasi wisata pun juga bisa dijangkau dengan kereta api. Apa saja kota – kota tersebut? Berikut ulasannya. 

Bandung

Ibukota Jawa Barat ini memang memiliki hawa yang sejuk. Hawa sejuk didapatkan dari barisan pegunungan yang mengelilinginya. Tak ayal, kalau Bandung menjadi kota destinasi wisata menarik. Kamu pun juga bisa menjangkau Bandung menggunakan tarif. Soal berapa tarif kereta api Jakarta ke Bandung misalnya, tergantung akan kereta yang kamu pilih. 

Tidak hanya dari Jakarta saja, stasiun Bandung juga terhubung dengan beberapa kereta dari Semarang, Yogyakarta dan Solo. Beberapa kereta yang melintas adalah Argo Wilis, Parahyangan, Turangga, Harina, Ciremai, Mutiara Selatan, Lodaya, Serayu dan Malabar. 

Soal pariwisata ada banyak destinasi wisata yang disuguhkan. Mulai dari wisata alam, seperti hutan pinus, Tangkuban Perahu atau Kawah Putih hingga wisata edukasi, seperti Farm House Lembang. 

Jakarta

Kota megapolitan yang masih menjadi ibukota Indonesia ini memang cukup populer. Bagaimana tidak, semua sistem pemerintahan dan bisnis berpusat di Jakarta. Tak ayal, kalau kota ini menjadi tujuan warga Indonesia untuk bekerja dan bersekolah. Bahkan nyatanya, Jakarta juga menjadi tujuan wisata.

Tentu saja beragam tujuan wisata tersedia di Jakarta. Salah satu yang paling terkenal adalah Ancol lengkap dengan wisata edukasi dan petualangan, seperti Atlantis, Seaworld dan Dufan. Untuk menikmati alam Jakarta bisa menuju ke Kepulauan Seribu. Jakarta juga memiliki koleksi museum, dari Fatahillah, BI, Wayang dan masih banyak lagi. 

Untuk menuju Jakarta bisa menggunakan kereta api yang turun di Gambir atau Pasar Senen. Bahkan hampir semua argo bisa menuju ke Jakarta. 

Yogyakarta

Selain Bali, Yogyakarta mulai dilirik sebagai kota wisata. Bagaimana tidak, banyak sekali keunikan dan destinasi wisata di Jogja yang menarik. Kebudayaan Jawa yang masih kental dengan alam sekitarnya yang indah menjadi alasan kota ini tidak pernah kehilangan pamornya. 

Beberapa destinasi menarik di Jogja ada Jalan Malioboro lengkap dengan jajaran musisi jalanan dan makanan khas yang siap menemani malam kamu. Buat kamu yang ingin mengenal budaya Jawa, bisa mengunjungi Candi Prambanan, Taman Sari atau Keraton Ngayogyakarta hadiningrat. Wisata alamnya pun juga tidak kalah menarik, seperti Kalibiru. 

Jogja juga bisa ditempuh menggunakan kereta api dan turun di Stasiun Tugu. Nah, kamu bisa menggunakan kereta Prambanan Ekspress yang terjangkau untuk bisa mengakses Jogja dan Solo.

Banyuwangi

Pesona ujung timur Pulau Jawa ini memang sayang untuk dilewatkan. Keindahan alam menjadi daya tarik wisatawan untuk mengunjungi Banyuwangi. Mulai dari Baluran, Gunung Ijin, Pantai Plengkung hingga Pantai Teluk Ijo memang menjadi pesona Banyuwangi.

Menuju Banyuwangi bisa menggunakan kereta api yang turun di Stasiun Banyuwangi Baru, tidak jauh dari Pelabuhan Ketapang. Beberapa kereta yang menuju Banyuwangi ada Sri Tanjung, Mutiara Malam, Mutiara Siang dan Tawang Alun.

Malang

Malang memang menjadi kota wisata di Jawa Timur. Keindahan pegunungan, jajaran pantai nan biru dan kulinernya yang melezatkan memang membuat siapapun kangen dengan kota yang satu ini. Belum lagi, Malang menjadi kota yang sangat terjangkau. Cocoklah untuk liburan hemat kamu. 

Beberapa destinasi wisata bisa kamu temui di kota wisata Batu yang tidak jauh, seperti Cangar, Jatim Park, BNS, Coban dan masih banyak lagi. Selain itu, kamu bisa pergi ke selatan, tepatnya Kabupaten Malang. Jajaran pantai berpasir putih dan birunya laut akan kamu jumpai, mulai dari Balekambang, Ngliyep, Tiga Warna, Goa Cina dan masih banyak lagi. 

Menuju Malang bisa menggunakan kereta yang turun di Stasiun Kota Baru. Beberapa akses kereta yang menuju Malang ada, Gajayana, Bima, Matarmaja, Jayabaya, Majapahit, Mutiara Selatan, Malioboro Ekspress dan Tawang Alun.

News Feed