by

Meningkatkan Budaya Literasi di Indonesia

Kamu pernah gak sih dengar istilah Literasi atau Bunda Literasi? Pastinya pernah kan apa lagi kamu yang masih duduk di bangku sekolah menengah pertama atau kamu yang sekolah menengah atas. Tapi kamu paham gak sih dengan definisi sebenarnya dari Literasi itu sendiri. Arti Literasi sendiri adalah kemampuan yang dimiliki seseorang dalam membaca dan menulis. Mungkin pernyataan ini hanya arti dasarnya saja dari Literasi. Karena Literasi bukan hanya di artikan sebagai kemampuan menulis dan membaca saja, tapi arti Literasi sebenarnya luas. Akan tetapi mudahnya kita cukup mengenal Literasi sebagai suatu kemampuan dalam diri seseorang dengan segala hal.

Kamu masih belum paham tentang Literasi? Mari kita mencari tahu Bersama-sama mengenai Literasi pada artikel di bawah ini. Dalam artikel ini saya akan membahas mengani Literasi terutama pada bidang Pendidikan. Pada Literasi ini mempunyai makna yang luas sekali dengan versi penjelasan yang berbeda namun intinya sama saja.

1. Pengertian Literasi

Pengertian Literasi adalah kemampuan seseorang dalam hal membaca dan menulis. Jadi literasi ini akan menilai kemampuan individu dalam membaca dan menulis serta di tambah dengan berhitung dan menghafal.

Ada juga pengertian lain yang lebih luas seperti mengenai daya tangkap seseorang terhadap membaca, menulis, menyimak, memahami, dan mendengarkan baik dengan respons yang tepat atau pun tidak tepat.

2. Pohon Literasi

Mungkin saja ada di antara kita yang masih belum tahu tentang pohon literasi. Pohon Literasi adalah suatu bentuk gambaran pohon yang di buat dengan kertas yang di susun menjadi sebuah kesatuan pohon yang utuh. Kemudian pada bagian daunnya kita bisa beri nama buku yang pernah kita baca. Jika semakin banyak daun yang di tempel itu artinya semakin banyak pula buku yang telah kamu baca.

Jika kita mengaplikasikannya kepada siswa ini dapat menjadi poni penting agar siswa bisa menyukai membaca dan dapat meningkatkan belajar siswa. Saat minat baca siswa meningkat ini menjadi pengaruh penting terhadap mata pelajaran yang lainnya juga. Gunakan media pohon Literasi yang menarik biasanya kalau kita ingin mengaplikasikannya menggunakan kertas, maka gunakan kertas yang berwarna-warni agar siswa tertarik untuk membuatnya. Namun, jika kamu ingin mengaplikasikannya melalui digital maka kamu harus mempunyai alat pendukungnya yaitu software desain bisa Corel draw atau photoshop.

3. Budaya Literasi

Budaya sendiri adalah suatu aktivitas atau kebiasaan yang sering dilakukan oleh setiap individu atau pun kelompok dalam waktu yang lama dan berulang-ulang. Dari sini tujuan adanya Budaya Literasi adalah untuk menjadikan Literasi sebagai kebiasaan yang di lakukan oleh setiap individu atau kelompok secara berulang-ulangan atau bisa sampai turun-temurun. Indonesia sendiri di kenal kurang akan budaya Literasinya dengan adanya budaya Literasi di harapkan menjadi solusi untuk masyarakat agar memiliki daya Tarik membaca dan menulis.

Program ini juga sudah merambah ke sekolah-sekolah dengan tujuan untuk meningkatkan minat baca dan menulis dari para siswa. Itu sebabnya pengajar-pengajar harus selalu mengingatkan ke semua muridnya tentang pentingnya budaya Literasi. Program yang sedang di jalankan adalah membaca buku apa saja selama 15 menit sebelum pelajaran di mulai.

Jangan pernah Lelah mengingatkan kebaikan kepada setiap orang, mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan tentang pengertian Literasi, Bunda Literasi dan pohon Literasi. Semoga ke depannya Literasi benar-benar menjadi budaya di Indonesia.

News Feed