by

Mengenal Alat ukur Sesuai dengan Fungsinya

Pengukuran adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk membandingkan kuantitas fisik dari beberapa objek.  Adapun yang dimaksud dengan alat ukur adalah yang biasa digunakan untuk mengukur benda atau hal-hal yang berkaitan dengan pengerjaan satu proyek misalnya.  Meski demikian alat pengukur Inipun bisa melakukan kesalahan yang bervariasi tergantung dari alat tersebut.  Bidang ilmu yang mempelajari cara-cara pengukuran disebut dengan Metrologi.

Tujuan dari penggunaan alat ukur ini sendiri adalah untuk mengambil data secara kuantitatif dari berbagai benda dari suhu, panjang, waktu, berat hingga massa. Dimana data yang didapat nantinya sangat dibutukan sebagai dasar pertimbangan untuk dimanfaatkan ke berbagai tujuan.

Fungsi Alat Ukur

Perlu diketahui bahwa fungsi dari alat ukur ini cukup bervariasi tergantung dari jenis alat yang digunakan. Namun yang pasti, fungsinya sendiri untuk mengukur benda, panjang maupun jarak yang disesuaikan dengan alat yang digunakan. Sehingga, sangat wajar jika alat yang beredar dipasaran ditawarkan dengan variasi model. Mengapa? Hal ini penting mengingat cukup banyak macam alat ukur serta manfaatnya. Apa saja itu?

Mikrometer Sekrup

Yaitu sebuah alat yang digunakan untuk mengukur ketebalan diameter satu benda. Misalnya saja Anda bisa menggunakan alat ini untuk mengukur ketebalan dari papan tulis atau kawat besi. Untuk penggunaannya sendiri cukup mudah namun pastikan pengunci yang ada pada alat tersebut dalam keadaan terbuka.

Mistar Baja

Adapun fungsi dari alat ini adalah mengukur dimensi panjang, tebal dan lebar. Namun, ketelitian dari alat ini kurang lebih 0,5mm. Untuk penggunaannya sendiri sangat sederhana yaitu cukup dengan meletakkan mistar baja ke benda yang akan diukur. Jangan lupa, letakkan titik nol atau ujung mistar baja ke ujung benda yang akan diukur guna mendapatkan data yang diperlukan.

Voltmeter

Adalah satu alat yang digunakan untuk mengukur tegangan listrik. Biasanya, alat ini digunakan pada mobil atau motor untuk mengetahui tegangan aki yang ada didalamnya.

Amperemeter

Sering digunakan oleh teknisis elektronik untuk mengukur kuatnya arus listrik yang ada. Amperemeter ini sendiri ada di multitester yang memang digunakan untuk mengukur baik itu ohmmeter, amperemeter dan voltmeter.

Thermometer

Alat ini digunakan untuk mengetahui atau mengukur suh baik itu suhu udara maupun aur. Satuan yang digunakan adalah celcius dan sering digunakan untuk mengukur panas tubuh seseorang.

Stopwatch

Yaitu sebuah alat yang digunakan untuk mengukur waktu. Biasanya, seorang pelari selalu menggunakan alat ini guna mengetahui berapa lama orang tersebut membutuhkan waktu untuk menempuh jarak 100 meter. Untuk penggunaannya sendiri cukup mudah yaitu dengan menekan tombol start, stop dan reset. Adapun fungsi dari start adalah memulai perhitungan waktu, sementara tombol stop atau reset berfungsi untuk memberhentikan.

Barometer

Yaitu sebuah alat untuk mengukur tekanan udara didalam satuan MB. Biasanya, alat ini digunakan yang berkaitan dengan meterologi golongan non recording yang memang harus dibaca secara berkala guna mendapatkan data yang diinginkan.

Ohmmeter

Satu alat yang digunakan untuk menghitung berapa banyak hambatan listrik yang terjadi guna menahan aliran listrik yang ada pada konduktor.

Demikianlah penjelasan mengenai alat ukur yang sering digunakan sesuai dengan fungsinya. Sebenarnya masih banyak lagi alat ukur namun setidaknya dengan beberapa penjelasan diatas setidaknya Anda sudah mendapatkan gambaran tentang alat yang kerap digunakan untuk mengukur berbagai objek baik itu secara fisik maupun tidak.

News Feed