by

Diamanakah Tempat Rehabilitasi Narkoba di Jakarta?

Jika Anda mencari tempatrehabilitasi narkoba di Jakarta, maka tak perlu bingung. Pasalnya, dikota tersebut ada banyak panti rehabilitasi yang tersebar bahkan hampir disetiap daerahnya. Baik dibawah naungan kepemerintahan, LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat) atau swasta.

Tahap Medis yang Diterapkan oleh Tempat Rehabilitasi Narkoba di Jakarta

Terlepas dari letak keberadaan panti rehabilitasi narkoba di Jakarta, tentu ada hal lain yang perlu Anda pahami yaitu metodenya. Dalam hal ini adalah tahapan medis yang gunakan oleh Rehablitasi narkoba. Berikut beberapa metode serta langkah dan tujuannya.

  1. Tahap Pemeriksaan Kesahatan

Tahap pertama yang akan dilakukan adalah memeriksa kesehatan pecandu terlebih dahulu, baik secara mengal ataupun fisik. Dengan metode tersebut maka dokter dapat menentukan jenis obat yang digunakan. Tujuannya untuk mengatasi rasa sakau atau gejala putus zat.

Pada tahapan ini dinamanakan dengan detoksifikasi. Langkah tersebut bertujuan agar pecandu mampu mengatasi masalah ketika muncul rasa sakau. Jenis obat yang digunakan pun ditentukan oleh tingkatannya. Jadi, tergantung seberapa tingga level candu.

  1. Tahap Cold Turkey

Selain melakukan tahap pemeriksaan kesehatan secara mental ataupun fisik, maka detoksifikasi lainnya bernama cold Turkey. Cara ini sudah digunakan dan cukup diandalkan sejak lama. Pasalnya dianggap sangat efektif dalam mengatasi rasa sakau.

Namun metode yang digunakan mungkin sedikit lebih ekstrem. Dimana pecandu akan dikurung didalam sebuah ruangan khusus. Hal ini dilakukan pada masa pemutusan zat atau mengurangi ketergantungan terhadap narkoba. Kemudian tidak diberikan obat apapun.

Tahap Non-medis yang Diterapkan Oleh Tempat Rehabilitasi Narkoba Di Jakarta

Selain tahap medis, tempat rehabilitasi narkoba Jakarta juga sudah pasti memiliki proses pemulihan non-medis. Hal ini merupakan pengembangan dari metode sebelumnya. Sasarannya lebih ke pemulihan mental pasien.

  1. Therapheutic Communities

Tahap lainnya yang wajib diikuti oleh para pecandu selama masa rehabilitasi adalah Therapheutic Communities (TC). Pasien akan diberikan berbagai pengarahan serta ajaran bagaimana agar terlepas dari narkoba. Caranya adalah dengan pengembangan diri.

Tak hanya melakui pengembangan diri saja, metode ini juga dapat dilakukan dengan cara pendekatan agama atau mencari kegiatan positif. Tujuannya adalah untuk mengalihkan pikiran. Selain itu supaya pasien mampu kembali ke tengah-tengah masyarakat

  1. 12 Steps

Pada dasarnya untuk tahapan ini tidak begitu berbeda dari metode sebelumnya. Dimana pasien diarahkan melalui Community sharing. Tujuannya agar mampu membuka pikiran lebih lias dan terhindar dari narkoba.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan melalui metode satu ini. Salah satu diantaranya adalah dengan bergabung Ke dalam komunitas yang berisikan mantan pasien rehabilitasi. Tujuannya lebih ke arah penerimaan diri dan segera pulih.

Tahap AfterCare yang Diterapkan Oleh Tempat Rehabilitasi Narkoba Di Jakarta

Langkah terakhir yang diterapkan oleh panti rehabilitasi adalah Aftercare. Nama lain dari metode ini ialah bina lanjut dimana proses pemulihan tahap akhir. Pasien akan dipandu untuk menjalani beberapa metode lanjutan agar bisa pulih secara total.

  1. Pengawasan Pasien

Setelah pasien dinyatakan lulus dan dianggap pulih, tentu hal itu tidak membuatnya bisa dilepas begitu saja. Sebab, pasien harus tetap dalam pengawasan pihak terkait. Dalam tahap ini melibatkan BNN ataupun keluarga pecandu.

Proses harus dilakukan mengingat ada banyak kasus dimana pasien yang dinayat akan sembuh ternyata kembali konsumsi narkoba. Hal tersebut dikarenakan berbagai penyebab. Salah satu diantaranya adalah tidak ada pengawasan setelah rehabilitasi.

  1. Pencegahan Konsumsi Narkoba Lagi

Bukan hanya sekedar mengawasi dengan cara mengalihkan fokus pasien menggunakan berbagai kegiatan positif saja. Hal tersebut juga harus didukung melalui berbagai pencegahan. Seperti menjauhi faktor pemicunya.

Seperti yang diketahui ada banyak faktor pemicu dan dapat memengaruhi seseorang konsumsi narkoba. Mulai dari lingkungan pergaulan hingga pola pikir. Hal tersebutlah yang perlu dihandiari sampai pasien benar-benar sembuh.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa metode yang diterapkan oleh tempat rehabilitasi narkoba di Jakarta. Pada dasarnya setiap panti rehabilitasi memiliki proses serta prosedur yang sama. Bahkan mulai tahap awal hingga akhir sampai pasien dinyatakan pulih total.

News Feed