by

Keadaan Ekonomi di Hong Kong

Hai, Teman-teman kali ini saya akan memberikan informasi terkait Ekonomi Hong Kong pasti diantara kalian belum mengetahui secara detail bagaimana Ekonomi Hong Kong yuk kita simak informasinya dengan seksama.

1. Mata Uang Hong Kong

Mata uang di setiap Negara berbeda-beda meski ada persamaan penyebutan. contohnya dolar, ada dolar Singapura, dolar Amerika, dan dollar Hong Kong. Kali ini kita akan membahas mata uang Hong Kong yaitu dollar Hong Kong.

Meski Hong Kong bekas koloni Inggris yang menggunakan mata uang Ponds tapi Hong Kong yang bekas koloni Inggris tidak menggunakan mata uang Inggris akan tetapi Hong Kong menggunakan mata uang dolar yang di namakan dolar Hong Kong.

Otoritas Moneter Hong Kong yang berlisensi, ada tiga bank Komersial yang diberikan lisensi untuk menerbitkan Uang kertas mereka sendiri untuk digunakan oleh masyarakat Hong Kong. Tiga bank komersial yang mendapat lisensi untuk mengeluarkan uang kertas yaitu, HSBC, Bank Of China, dan Standard Chartered yang mengeluarkan uang kertas dengan nominal HK $ 20, HK $ 100, HK $ 500, dan HK $ 1000, dengan desain yang sama satu sama lain. Namun, uang kertas HK $ 10 dan uang koin dikeluarkan oleh Pemerintah Hong Kong sendiri.

Dolar Hong Kong menjadi mata uang yang paling banyak di perdagangkan menempati urutan kesembilan di dunia pada Bulan April 2019, sejak mei 2005 Hong Kong memperdagangkan mata uangnya dengan System nilai tukar terkait misalkan 1 US $ 1 = HK $ 7,75-7,85. Dolar Hong Kong juga di gunakan di Negara tetangga Makau yang beredar di Pataca Makau.

Nilai tukar dalam praktiknya yang unik dengan ketentuan HK $ 7,80 = US $ 1, yang dikelola secara ketat oleh Otoritas Moneter Hong Kong dalam pasal Valuta Asing dengan mengendalikan penawaran dan permintaan dollar Hong Kong untuk mempengaruhi pertukaran.

Dengan diberlakukannya system ini maka dollar Hong Kong didukung oleh salah satu Cadangan devisa terbesar di Dunia, 7 kali lipat melebihi jumlah uang yang beredar sekitar 48%.

Data lain menunjukkan Ekonomi Hong Kong di dominasi oleh China Daratan, Dollar Hong Kong bisa saja terlepas dari dollar Amerika dimasa mendatang. Namun, Otoritas Moneter Hong Kong mengatakan pada 27 Januari bahwa regulator Otoritas Moneter Hong Kong siap melindungi Rezim Nilai Tukar terkait dolar Hong Kong.

2. Sejarah

Awalnya terjadi kasus British North American koloni yang berupaya mengenalkan mata Uang Sterling namun hal itu gagal mengatasi kepatuhan lokal yang kuat untuk perak dollar Spanyol sitem yang dibawa sudah beredar luas di seluruh Timur Jauh. Pada tahun 1858 pemerintah Inggris berhenti mengupayakan pengenalan mata uangnya kepada Hong Kong.

Pada periode pasca perang Dunia II Dollar Hong Kong di area Sterling. Namun, pada tahun 1960 Inggris mengalami kesulitan untuk mempertahankan nilai Sterling seperti semula, dengan perannya sebagai mata uang cadangan resmi bahkan di dalam wilayah Sterling. Setelah beberapa waktu Sterling bertahan di wilayah Koloni pada tahun 1972 Inggris mengakhiri peredaran Sterling di wilayah Koloni dan mulainya beredar mata Uang Dollar Amerika dengan Kurs HK $ 5,65 = US $ 1.

Sekian informasi yang dapat saya sampaikan semoga informasi yang diatas tentang Ekonomi Hong Kong bisa membantu dan bermanfaat untuk kita. Terima kasih.

News Feed