Inilah Tips dan Cara Jualan Online Bagi para Pemula

Bisnis9 views

Pada eranya jualan online seperti saat ini, keperluan dari ujung rambut hingga ujung kaki, bisa kalian temukan di internet. Dengan kata lain, apa saja bisa kalian jual secara online. Namun, kalian tentunya tahu. Meski ada banyak sekali kesempatan, tak semua orang memiliki kisah sukses jualan online. Tak sedikit toko online yang tutup di tengah jalan. Cerita-cerita macam inilah yang mungkin membuat kalian bingung dalam berusaha.

Perkembangan bisnis online atau berjualan secara online memang telah mengalami peningkatan yang cukup baik saat beberapa tahun belakangan. Untuk para konsumen juga untuk mencari barang mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki juga dapat ditemukan dengan lebih mudah secara online. Namun, meski untuk peluang pada bisnis terbuka lebar untuk siapapun, tidak semua menjalani kesuksesan seperti yang telah diharapkan ada yang telah gagal, ada yang berhasil. Untuk keberhasilan yang diraih juga tidak semudah membalikan telapak tangan.

Meski terlihat mudah, berjualan secara online juga perlu strategi yang jitu. Selama ini mungkin kalian mengira bahwa berjualan secara online bisa langsung mendatangkan keuntungan yang berlimpah. Tentu saja, selama kalian tahu bagaimana cara meramu strategi jualan online untuk usaha kalian.

Bagaimana tidak, berjualan online berarti kalian akan dihadapkan pada persaingan yang sangat ketat sehingga kalian harus mencari cara agar usaha untuk bisa unggul di kancah online commerce. Tak perlu khawatir, karena dalam artikel ini akan ada berbagai strategi jualan online untuk usaha kalian.

1. Ketahui apa itu Nilai Jual Produk (Unique Selling Points)

Apa yang menjadi kelebihan produk dalam bisnis kalian? Jawaban yang jadi: harga terjangkau, kualitas super, atau pertama di kelasnya. Pertanyaan semacam ini cenderung mudah dijawab. Bagaimana kalau saya ubah pertanyaannya jadi: apa yang menjadi kelebihan produk yang tidak dimiliki pesaing Kalian?

Pertanyaan itu seharusnya memang membuat Kalian berpikir. Sebab, di sanalah Kalian sedang mencari jawaban unique selling points (USP) atau disebut sebagai nilai jual produk. Berbeda dengan kelebihan dari produk yang jumlahnya bisa banyak, USP biasanya hanya satu saja. Satu poin tersebut yang nantinya akan menjadi kunci untuk membedakan bisnis Kalian dari kompetitor.

2. Buat Website Toko Online Sendiri

Banyak yang menganggap tidak perlu membuat toko online sendiri, karena banyaknya marketplace yang telah menyediakan serta membantu orang banyak untuk berjualan secara online.

Marketplace memang bersifat relatif lebih mudah untuk digunakan serta tidak membutuhkan waktu yang lama untuk membuat akun dan menjalankan bisnismu. Namun, justru dengan kemudahan tersebut memiliki banyak pesaing yang membuat kalian akan berebut calon pelanggan hingga pada akhirnya membuat kalian memasang harga yang murah sehingga memakan waktu lama untuk membangun reputasi melalui rating dan review.

Namun, setelah menjalani proses tersebut brand kalian masih belum dikenal secara baik. Mereka hanya akan mengingat marketplace yang akan digunakannya dibandingkan dari merk produk milikmu. Karenanya menjadi penting untuk kamu memiliki website sendiri sebagai alat untuk mengenalkan merk serta produk milikmu.

3. Pelajari dan Pahami Data

Data menjadi hal penting dalam sebuah bisnis. Peter Sondergaard mengatakan bahwa data layaknya sebagai minyak di abad 21. Lalu, analisa data adalah menjadi mesin pembakarannya. Maksudnya, Kalian harus cerdas dalam mempelajari data yang berkaitan dalam bisnis. Khususnya data soal penjualan juga data yang berhubungan dengan upaya promosi.

Pertama, data soal penjualan. Biasanya dalam data ini otomatis bisa didapat dari fitur laporan pada CMS yang digunakan. Data tersebut, kalian bisa tahu produk jualan online terlaris, produk macam yang disukai pelanggan, kapan penjualan yang baik, serta kapan penjualan sedang menurun. Dari kelompok data pertama, kalian bisa melakukan riset produk dan selera pasar. Lalu membuat produk-produk baru untuk dirilis ke pasaran.