by

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Coworking Space yang Dapat Memaksimalkan Pekerjaan

Coworking space adalah salah satu tempat yang digunakan sebagai tempat bekerja bersama oleh berbagai karyawan perusahaan atau mahasiswa di kota-kota besar. Belakangan coworking space menjadi andalan untuk bekerja bersama. Penyedia jasa coworking space akan menawarkan berbagai paket penggunaan ruang dan tempat kerja yang dapat digunakan dalam jangka waktu harian, bulanan, bahkan tahunan.

Konsep bekerja bersama ini mulai banyak dicari sejak ramainya starup yang bermunculan. Para perusahaan baru yang sedang membangun itu banyak tidak memiliki kantor atau gedung sendiri. Nah mereka banyak memanfaatkan coworking untuk berbagai aktivitas kerja mereka. Untuk perusahaan biasanya akan membeli sewa pertahun dan untuk individu dapat memilih sendiri paketnya, untuk harian atau bulanan. Biasanya berbagai perusahaan coworking menyediakan beberapa kategori ini:

  • Ruangan khusus perusahaan/starup
  • Ruangan meeting (disewakan untuk umum) 
  • Common room (bebas untuk sewa harian)

Walaupun terlihat memberi kemudahan untuk starup baru, namun tetap ada lho beberapa kekurangan yang akan dialami oleh pekerja ketika menggunakan coworking space. Yuk simak artikel ini sampai akhir untuk info kelebihan dan kekurangan coworking space.

Kelebihan Coworking Space

Beberapa kelebihan coworking space jakarta ini dapat menjadi pertimbangan Anda yang tak bisa pergi ke kantor atau para freelance yang dapat bekerja bebas di mana pun. Inilah beberapa kelebihan coworking space:

1. Fleksibilitas yang tinggi

Salah satu kelebihan yang ditawarkan coworking space adalah fleksibilitasnya yang tinggi. Biaya sewa coworking space jauh lebih murah dibandingkan harus membangun sebuah gedung atau menyewa kantor di gedung bertingkat. Meskipun bekerja bersama dengan banyak orang, biasanya terdapat sekat atau bilik khusus untuk orang yang membutuhkan suasana sepi. 

Selain itu, jika kantor hanya dapat digunakan untuk bekerja pagi hingga sore, di coworking space terdekat Anda dapat bekerja dari siang hingga malam. Untuk Anda yang membutuhkan ruang meeting yang lebih privat dibandingkan meeting di kafe atau restoran, Anda dapat menyewa ruang meeting untuk sekali pakai. Intinya, Anda tak perlu khawatir, karena semua mudah karena fleksibel dengan kondisi yang Anda butuhkan.

2. Meningkatkan semangat kerja

Dikutip dari glints, menurut Harvard Business, orang-orang yang memilih bekerja di coworking space cenderung merasa pekerjaannya jauh lebih berarti. Hal itu disebabkan karena mereka bekerja bersama-sama dan berbagi ruang kerja dengan karyawan dari perusahaan lain. Ketika bertemu dan saatnya istirahat, maka akan terjadi perbincangan mengenai pekerjaan, keterkaitan, atau perbincangan lainnya.

Selain meningkatkan work identity, interaksi yang terbangun ini dapat meningkatkan semangat kerja. Anda jadi lebih mencintai pekerjaan Anda dan bersemangat menyelesaikan pekerjaan Anda. Tentunya produktivitas kerja juga meningkat.

3. Sumber networking

Bertemu orang baru dari perusahaan lain maka akan membuat ladang networking untuk Anda. Apalagi jika Anda dapat akrab dan berteman dengan orang baru tersebut. Siapa sangka, dari menggunakan coworking space bersama dapat menjadi rekan kerja?

Selain itu, dari networking tersebut akan memudahkan Anda jika akan melakukan kolaborasi yang tentunya menguntungkan masing-masing pihak. Serukan? 

4. Kenyamanan dan keamanan terjaga

Seperti yang disinggung sebelumnya, dibandingkan kafe yang cenderung berisik dan tiba-tiba penuh, coworking space akan lebih sepi dan kondusif untuk bekerja dan meeting. Peraturan yang dibuat pun jelas, yang akan membuat orang datang ke coworking space near me untuk bekerja bukan untuk nongkrong.

Biasanya selain menyediakan ruangan, perusahaan coworking space juga menyediakan berbagai kebutuhan penunjang lainnya seperti akses WIFI yang cepat, restoran, kebersihan yang terjamin, colokan, bahkan ada yang menyewakan seperangkat komputer yang dapat Anda sewa. Tentunya akan membuat Anda nyaman dan tak perlu pusing ke luar ketika ingin minum kopi saat bekerja.