by

Ini Dia 5 Trik Liburan Hemat Namun Tetap Menyenangkan

Ketika ingin mengambil jatah cuti kantor, rasanya ingin sekali traveling ke Desa Tenganan yang ada di Bali. Tapi setelah dilihat tabungan, sepertinya mustahil karena budgetnya terlalu mepet. Hmm, apakah ini saatnya untuk liburan hemat?

Yup, betul sekali. Dengan menggunakan trik hemat di bawah ini, kamu tetap bisa liburan ke mana pun. Mau ke Desa Tenganan di Bali hingga ke Siring Menara Pandang di Banjarmasin,

kamu tetap bisa liburan, kok! Bagaimana caranya? Intip beberapa trik berikut!

Usahakan pergi saat low season

High season biasanya muncul saat musim liburan, hari raya, atau akhir tahun. Pun di beberapa negara, mempunyai high seasonnya sendiri. Misalnya ketika Oktober menjelang Halloween. Saat high season seperti ini, harga akomodasi akan naik bisa sampai dua hingga tiga kali lipat. Jadi sebaiknya hindari liburan saat high season dan pergilah saat low season tiba.

Beli tiket pesawat di jauh hari

Sebaiknya usahakan membeli tiket di jauh hari sebelum keberangkatan, kira-kira sekitar 2 bulan hingga satu tahun sebelumnya. Dijamin harga tiket pesawat pasti relatif lebih murah dibanding dengan membeli saat dekat hari keberangkatan. Tentu saja kamu juga tidak akan kehabisan tiket jika mau tak mau harus liburan pada high season. Beli tiket pesawat dengan membandingkan harganya di beberapa aplikasi pencari tiket supaya kamu tetap dapat harga yang paling murah dengan promo yang oke.

Buat budget liburan

Budget is THE king! Jadi sebisa mungkin kamu buat budget liburan sendiri agar tidak “khilaf” saat liburan nanti. Bagaimana caranya? Tentukan saja budget minimal untuk semua pengeluaran, mulai dari akomodasi, transportasi, kuliner, sampai oleh-oleh. Kalau bisa, untuk oleh-oleh buatlah daftar siapa yang harus diberikan oleh-oleh. Jika ternyata tidak perlu, bagian oleh-oleh ini bisa kamu pertimbangkan untuk menghapusnya. Jangan lupa sisihkan biaya tak terduga sebagai antisipasi ketika suatu hal terjadi saat liburan nanti. Dengan budget liburan seperti ini, kamu akan tahu berapa banyak biaya yang keluar dan yang harus kamu tabung dari sekarang.

Pilih penginapan yang sesuai budget

Tahukah kamu salah satu biaya terbesar saat traveling adalah di pos penginapan? Supaya hemat, pilihlah akomodasi yang sesuai budget kamu. Jangan coba-coba untuk mencari hotel berbintang di tengah kota, karena budgetmu sudah cukup rendah. Sebaiknya pilih hostel yang harganya jauh lebih bersahabat tapi juga tetap nyaman dan bersih. Meski murah, kini sudah cukup banyak hostel yang memberikan pelayanan dengan kebersihan sekelas hotel berbintang.

Beli oleh-oleh seperlunya

Seperti pada poin budget di atas, buatlah daftar oleh-oleh jika memang diperlukan. Mulai dari keluarga, orang terdekat, kolega kantor, dan sebagainya. Karena biasanya, oleh-oleh bisa jadi pos pengeluaran yang terduga namun tidak bisa terkontrol. Kalau sepertinya oleh-oleh cukup untuk keluarga saja juga tidak apa-apa, kok. Sah saja jika liburan tanpa membawa oleh-oleh, kok.