by

Fenomena Matahari Terbit dari Utara

-Berita-18 views

Akhir-akhir ini di media sosial viral dan telah heboh video matahari terbit dari utara. Karena pada umumnya matahari terbit dari Timur serta akan tenggelam di barat. Kemudian viralnya video itu juga dikaitkan dengan kemungkinan kita sudah mendekati kiamat yang akan terjadi sebentar lagi. Dan di video itu sendiri direkam dari wilayah Sulawesi Selatan.

Banyak pertanyaan mengenai hal ini menanggapi hal tersebut bisa terjadi, namun kemudian Kepala Mitigasi Gempa dan Tsunami BMKG yakni bapak Daryono memberikan penjelasan secara ilmiah mengapa hal itu terjadi. Karena menurutnya, fenomena ini terjadi akibat gerak semu matahari yang merupakan fenomena alam biasa dimana kedudukan matahari seperti bergeser ke arah utara dan selatan.

Dan menurutnya juga, fenomena ini terjadi setiap tahun. Sehingga sampai saat ini, katanya, matahari sedang bgeser ke utara, dan nantinya puncak fenomena Matahari Terbit di utara pada Senin 21 Juni 2021.

Dan hal ini juga terjadi karena pergerakan Bumi yang sedang mengelilingi matahari atau yang disebut sebagai revolusi Bumi sehingga matahari seolah-olah  terbit di utara.

Kemudian beliau juga menyayangkan fenoman ini sampai viral, sampai telah menyinggung kiamat di bumi yang bisa menakuti manusia dan semua semesta. Sehingga masyarakat Indonesia menjadi dihebohkan dengan fenomena matahari terbit dari utara yang terlihat oleh sejumlah warga di provinsi Sulawesi Selatan, pada hari Kamis 17 Juni 2021 pagi tepatnya sekitar jam 8 pagi.

Namun prakirawan dari BMKG Makassar Agusmin H yang juga mengatakan, fenomena matahari terbit dari utara memang benar terjadi. Akan tetapi, fenomena tersebut adalah salah satu hal yang lumrah atau normal terjadi pada setiap tahunnya.

Dan pada fenomena tersebut umumnya disebut Gerak Semu Matahari atau GSM yang selalu terjadi disetiap tahunya, namun di tahun ini matahari terbit dari Utara sangat jelas terlihat oleh masyarakat jadi sempat menghebohkan jagat Maya juga.

Dalam fenomena GSM yang merupakan suatu fenomena alam dimana kedudukan matahari seperti sedang bergerak atau bergeser ke utara dan selatan. Dan pada fenomena GSM ini juga sering terjadi setiap tahun. Dimana untuk kondisi saat ini matahari sedang bergerak atau bergeser ke utara dan puncak kedudukannya di utara yaitu pada tanggal 21 Juni 2021 nanti.

Dalam hall ini bisa terjadi akibat dari pergerakan bumi yang mengelilingi matahari ataupun biasa disebut juga secara ilmiah revolusi bumi sehingga posisi dari matahari seakan-akan terlihat terbit di utara.

Namun sebelumnya, warga Sulsel juga sangat heboh dengan informasi yang disampaikan oleh salah seorang guru madrasah yang berasal dari Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan. Dengan melihat matahari pagi ini yang terbit dari arah utara dan melainkan bukan dari arah timur.

Dengan adanya kesaksian seorang guru yang diabadikan dengan rekaman video kemudian tersebar di media sosial ini pun akhirnya viral. Sehingga membuat warga percaya dan tidak percaya dengan hal ini.

Kemudian melaporkan dari lokasi MAN Binamu itu. Ada sesuatu yang sangat aneh telah terjadi. Dimana saat itu matahari berada pada posisi di utara pagi ini yang terjadi pada hari kamis tanggal 17 Juni 2021.

Apapun hal itu, yang terjadi saat itu dan yang akan datang semoga semuanya dalam lindungan Tuhan yang maha Esa dan semoga Indonesia juga tidak muncul hal yang aneh ataupun bencana yang akan menimpa Indonesia, untuk itu kita juga tetap waspada dan sebaiknya selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT dan selalu berdoa meminta perlindungan-Nya.

News Feed