by

Faktor yang Mempengaruhi Tinggi dan Rendahnya Harga Jual Beli Mobil Bekas

Mobil bekas merupakan pilihan terbaik bagi yang ingin membeli mobil dengan harga lebih terjangkau. Selain bagi yang ingin membeli mobil, mobil bekas juga bisa menjadi solusi bagi yang membutuhkan dana segera karena tetap bisa menjualnya dengan harga sesuai pasar. Sehingga mobil bekas bisa menjadi pilihan untuk menjadi mobil yang akan dibeli maupun dijual sesuai kebutuhan. Saat akan membeli maupun menjual mobil, harga mobil tersebut menjadi hal yang perlu diperhatikan. Harga murah atau mahalnya jual beli mobil bekas tersebut sendiri bisa dipengaruhi oleh faktor seperti berikut ini:

  1. Dokumen lengkap

Faktor utama dari hal yang bisa mempengaruhi harga jual maupun harga beli dari mobil bekas adalah dari dokumen yang dipunyai. Harga mobil yang murah biasanya karena salah satunya tidak mempunyai dokumen yang lengkap. Sehingga walaupun harganya murah, tetapi hal tersebut akan membuat orang tidak berani untuk membelinya. Dengan mempengaruhi hal tersebut, maka pastikan saat akan menjual mobil untuk telah menyiapkan dokumennya dengan lengkap. Siapkan faktur pembelian, STNK, BPKB, riwayat service, dan juga pajak tidak mati. Hal tersebut akan membantu untuk mendapatkan harga jual yang lebih tinggi saat menawarkan mobil bekas Anda.

  1. Jarak tempuh

Faktor kedua yang mempengaruhi harga jual beli mobil bekas adalah dari jarak tempuhnya. Apabila mobil yang mempunyai kilometer yang tinggi tentunya akan mempengaruhi keadaan mobil tersebut. Terutama apabila mobil tersebut tidak dirawat dengan baik, sehingga akan membuat mobil tersebut mempunyai performa yang kurang baik. Oleh karena itulah bagi mobil yang dimiliki sebaiknya dirawat dan dilakukan servis dengan rutin. Karena dengan perawatan rutin tersebut akan membantu untuk mempunyai harga mobil yang lebih tinggi walaupun telah mempunyai jarak tempuh dan kilometer yang tinggi.

  1. Kondisi fisik mobil

Saat akan membeli mobil bekas, pembeli tentunya akan melihat kondisi fisik yang dipunyai oleh mobil tersebut. Apabila sudah terlihat tidak menarik, maka mobil tersebut akan langsung di skip karena sudah tidak menarik. Oleh sebab itu, pastikan untuk menjaga kondisi fisik mobil yang akan dijual agar mempunyai harga yang tetap tinggi saat dijaul. Perawatan mesin mobil menjadi hal yang penting untuk diperhatikan agar mobil tetap nyaman digunakan. Selain itu, pastikan mobil tersebut mempunyai eksterior yang sudah dibersihkan, bagian dalam yang dirapikan dan diberikan pewangi sehingga membuat kondisi fisik dan tampilannya dapat menarik pembeli.

  1. Modifikasi dan tampilan mobil

Faktor terakhir yang membuat dan mempengaruhi harga jual beli mobil adalah dari modifikasi yang telah dilakukan. Bagi mobil yang sudah mengalami perubahan dan modifikasi akan membuatnya mempunyai harga yang lebih rendah, dibandingkan mobil yang tidak banyak dimodifikasi. Terutama mengubah tampilan dan performa yang tidak disukai oleh calon pembeli, maka membuat mobil bekas tersebut juga kurang menarik bagi banyak calon pembeli yang tidak suka melakukan modifikasi mobil selain saat dibutuhkan saja. Oleh karena itulah akan lebih baik untuk mengurangi dan sebaiknya menahan diri untuk banyak melakukan modifikasi saat mempunyai mobil, karena bisa mempengaruhi harga jualnya kemudian.

Hal lainnya yang mempengaruhi harga dari jual beli mobil bekas adalah di tempat yang dipilih untuk melakukan transaksi tersebut. Pilih tempat terbaik yang bisa menawarkan harga fair dan tepat saat akan beli maupun jual mobil yang dipunyai. Seperti di Moladin yang mempunyai harga beragam sehingga bisa disesuaikan dengan budget saat akan membeli mobil. Begitu juga bagi yang akan jual mobil karena bisa mendapatkan harga terbaik.