by

Dibalik Perjalanan Karir Rich Brian

Brian Imanuel Soewarno atau dengan nama panggungnya Rich Brian adalah seorang rapper, produser rekaman, dan penulis lagu yang berasal dari Indonesia. Dia mulai dikenal melalui singel pertamanya yang berjudul “Dat $tick”, yang dirilis pada bulan Maret tahun 2016.

Brian Imanuel lahir pada tanggal 3 September 1999 di Jakarta, Indonesia.[4] Berdarah campuran Tionghoa dan Manado. Dibesarkan di Indonesia, Brian memulai kariernya melalui media sosial pada tahun 2010 saat masih berusia 11 tahun. Pada awalnya, dia sering mengirimkan video komedi gelapnya yang kerap berbau budaya dari Amerika, yang sering kali ditontonnya melalui video dari internet yang dia cari. Dia belajar bahasa Inggris secara otodidak dengan menonton video YouTube dan mendengarkan lagu-lagu dari para penyanyi rap seperti Childish Gambino, 2 Chainz, Macklemore, dan Tyler, The Creator.

Rich Brian menjadi salah satu musisi muda berbakat yang mengharumkan nama Bangsa Indonesia di kancah internasional. Tak sedikit yang memberi selamat kepada rapper asal Indonesia ini. Mulai dari membuat meme dan jokes di Twitter hingga meledaknya single pertama, kini Brian telah diakui oleh musisi internasional.

Berikut informasi 5 perjalanan karir Rich Brian yang bermulai dari meme hingga meraih kesuksesannya sekarang:

  1. Diawali dengan Dat $tick

Rich Brian memulai karir bermusik pertamanya dengan lagu yang berjudul Dat $tick yang dibuatnya sendiri bersama teman-temannya ketika berada di Jakarta. Video Dat $tick itu sendiri seketika menjadi viral dan membuatnya menjadi terkenal, video itu kini memiliki lebih dari 100 juta views.

  1. Kolaborasi pertama dari Rich Brian dengan artis luar negeri

Agensi musik 88rising yang menaunginya, kemudian merilis Dat $tick remix di mana ini adalah pertemuan pertama dari Rich Brian dengan beberapa rapper internasional yaitu Ghostface Killah, dan Pouya.

Ghostface Killah merupakan anggota grup hip-hop Wu-Tang Clan, di mana member dari grup itu adalah produser Method Man.

  1. Cetak sejarah sebagai artis Asia pertama yang masuk iTunes hip-hop chart no. 1

Pada tahun 2018 lalu, Rich Brian juga mencatatkan sejarah sebagai orang Asia pertama yang menaungi no.1 di iTunes untuk hip-hop chart, dikutip dari NextShark. Angka ini disebut sangatlah fantastis mengingat banyak sekali artis hip-hop yang mencoba karier mereka di Amerika Serikat.

Dalam album terbarunya yang berjudul The Sailor, Rich Brian mengambil cerita bagaimana  dia bisa pergi ke Amerika untuk menemukan mimpinya. Dirinya juga menuliskan lirik bagaimana agar anak-anak lainnya tak pernah berhenti bermimpi untuk meraih cita-cita mereka.

  1. Bekerja bersama Dave Meyers

Dalam musik video Yellow, Rich Brian bekerja sama dengan Dave Meyers, sosok di balik video seperti artis Kendrick Lamar, Taylor Swift, hingga grup KPop WINNER. Dave Meyers sendiri juga sutradara video All The Stars, soundstrack dari film Marvel, Black Panther.

Rich Brian bekerja sama dengan sosok Bekon yang bekerja sama dengan pemenang Grammy’s Kendrick Lamar dalam album yang bertajuk DAMN. Dalam album ini Rich Brian juga berkolaborasi dengan anggota Wu-Tang Clan lainnya, RZA dalam lagu Rapapapa.

  1. Dari meme hingga superstar

Rich Brian membuktikan bahwa dirinya lebih dari sekadar artis meme, dikutip dari Genius bahwa Rich Brian adalah artis yang menjadikan 88rising semakin dikenal pecinta hip-hop internasional.

88rising sendiri menaungi artis-artis Asia lainnya, seperti NIKI, Joji, Keith Ape, dan Higher Brothers. Tema yang tampil berani diambil oleh sang CEO Sean Miyashiro, dan co-founder Jaeson Ma mengambil alih dipasar minoritas yaitu di negara Barat.

itulah 5 hal yang harus kamu ketahui tentang perjalanan karir dari seorang Rich Brian dari seorang artis meme, hingga menjadi artis yang menduduki nominasi iTunes di Amerika Serikat. Buat kamu yang mau order official merchandise rich brian di blibli sudah tersedia loh, Yuk order sekarang juga, jangan sampai kehabisan.

News Feed