by

Dasar-Dasar Penganggaran untuk Menjaga Uang Aman Selama COVID-19 oleh Teguh Boentoro (Bagian 1)

Oleh: Teguh Boentoro

Penasihat keuangan duduk di meja dan membahas bagaimana membuat anggaran selama pandemi COVID-19.

Ketika ekonomi tidak dapat diprediksi, kembali ke dasar dapat memberikan sedikit stabilitas selama waktu yang benar-benar tidak stabil. Meskipun sebagian besar orang sudah memahami apa dasar-dasar penganggaran itu — dan bahkan mungkin sudah mengikuti beberapa, jika tidak semua, dari mereka sekarang adalah waktu yang tepat untuk memeriksa bagaimana sistem keuangan yang Anda buat sendiri berfungsi, terutama selama waktu yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Berikut ini adalah sejumlah dasar penganggaran yang bila diikuti dengan benar akan membantu kebanyakan orang menciptakan sistem keuangan yang membuat mereka seaman mungkin selama kemerosotan ekonomi.

Pahami Penghasilan Anda

Anda tidak dapat mulai membuat anggaran tanpa memahami berapa banyak yang Anda bawa untuk dibelanjakan setiap bulan. Selain beberapa bulan terakhir, ini seharusnya cukup mudah. Ingatlah bahwa keseluruhan gaji Anda sering tidak memperhitungkan pajak dan uang tambahan yang mungkin keluar untuk hal-hal seperti asuransi kesehatan atau pensiun. Rintisan bertopik Anda atau laporan rekening giro bulanan dapat membantu Anda mendapatkan gambaran yang lebih baik dari gambar lengkap.

Apa Yang Mungkin Berbeda Sekarang

Dengan ekonomi seperti yang terjadi selama beberapa bulan terakhir, banyak perusahaan harus mem-PHK atau meninggalkan karyawan untuk masa yang akan datang. Jika Anda terkena dampak dengan cara ini, penting untuk memahami apa yang masih Anda miliki aksesnya (karyawan yang cuti, misalnya, mungkin masih mendapatkan sebagian dari pendapatan mereka, dan mereka mungkin masih memiliki akses ke asuransi kesehatan) sehingga Anda dapat memahami langkah-langkah yang mungkin perlu Anda ambil dalam beberapa bulan ke depan untuk membuat perubahan yang diperlukan pada anggaran Anda untuk menyesuaikan. Mengawasi apa yang terjadi di tingkat pemerintah juga. Meskipun gelombang dana stimulus lain mungkin akan datang, jika Anda sudah menerima cek stimulus dan belum perlu membelanjakannya, itu ide yang baik untuk menyimpannya dalam tabungan untuk saat ini.

News Feed