by

Cara Pemasangan Pipa PVC Agar Kuat Dan Tidak Bocor

-Bisnis-14 views

Pipa air yang perlu disambung memang memiliki risiko besar menghasilkan kebocoran. Terutama jika menggunakan perekat atau sambungan yang tidak sesuai dengan spesifikasi pipa tersebut. Oleh karenanya sangat penting untuk memperhatikan jenis perekatnya untuk menghindari hal tersebut.

Cara Memasang Pipa Air Agar Tidak Bocor

Pemilihan sambungan pipa memegang peranan penting untuk mencegah terjadinya kebocoran ketika dua pipa dijadikan satu. Sebab jika tidak terkatakan dengan sempurna maka akan terjadi celah kecil yang dapat dilewati oleh air sehingga lama-kelamaan akan menyebabkan kebocoran.

Oleh karena itu perlu keterampilan serta keahlian yang mumpuni untuk memasang sambungan pipa yang bertujuan tidak hanya untuk menyambungkan pipa, tetapi juga merekatkan kedua sisi yang bertemu. Apa saja tekniknya? Simak penjelasan detail di bawah ini.

Persiapan Alat

Pada tahapan ini anda harus mempersiapkan pipa air yang berkualitas dan sesuai dengan tujuan pemasangan. Tentukanlah diameter yang diperlukan untuk setiap tempat dengan spesifikasi teknis yang berbeda. Terlebih lagi juga dengan berbagai tipe yang ada ada sehingga memudahkan untuk memilihnya.

Pilih juga sambungan pipa yang tepat terutama jika diketahui bahwa saluran air yang ada membutuhkan dua sampai tiga batang paralon sehingga perlu disambung.  Part yang tepat akan membantu Anda mendapatkan saluran air yang tanpa bocor.  sehingga perlu diketahui bagian mana yang akan direkatkan.

Pemasangan Pipa

Langkah selanjutnya adalah memasangkan dua pipa dengan menggunakan perekat yang tepat.  Bersihkan dulu ujung-ujungnya dari kotoran yang mungkin saja menempel.  sebab pipa yang tidak bersih akan mengalami kesulitan direkatkan karena partikel tersebut mengurangi  daya rekat lem yang digunakan.

Setelah proses pengeleman dilakukan maka Biarkanlah selama 24 jam agar cairan lem tersebut mengering.  Tujuannya tentu saja untuk membuat penyambungan pipa menjadi lebih sempurna dan kokoh.  Barulah setelahnya dipasang pada instalasi plumbing yang telah direncanakan.

Penyambungan Pipa yang Bocor

Anda tetap harus mempertimbangkan kemungkinan ada bagian pipa yang tetap bocor.  oleh karenanya Langkah pertama untuk menghadapi itu adalah memastikan bagian mana dulu yang mengalami kebocoran.  Jika terjadi pada bagian sambungan tentu anda harus mengulangi prosesnya dari awal dengan cara memotongnya terlebih dahulu.

Jika kebocoran ternyata terjadi pada sambungan pipa maka langkahnya adalah mengganti seluruh sambungan tersebut dengan cara memotongnya terlebih dahulu.  Lalu berilah lem yang lebih kuat serta fitting yang lebih sesuai dengan pipanya.  ulangi prosesnya sampai lem mengering.

Jika memang proses penambalan pipa tidak mungkin dilakukan, maka satu-satunya adalah mengganti seluruh paralon tadi. Belilah pipa kembali dengan kualitas terbaik agar menghindari terjadinya kebocoran. Oleh karena pipa air yang kurang panjang perlu direkatkan dengan baik maka selalu pertimbangkanlah bagian yang perlu disambung. Pastikanlah terdekat dengan sempurna sehingga mengurangi potensi kebocoran yang dapat mengakibatkan perubahan konstruksi plumbing.