by

Faktor yang Harus Dipertimbangkan Saat Menggunakan Jasa Pengiriman Barang Port to Port

-Bisnis-17 views

Selain jasa pengiriman barang door to door, terdapat beberapa jasa pengiriman populer lain yang juga sering digunakan. Salah satunya adalah jasa pengiriman barang port to port. Jasa port to port adalah proses pengangkutan barang logistik dari port asal ke port tujuan. Port di sini dapat berupa gudang milik perusahaan pengiriman atau dapat juga berupa port pengiriman seperti stasiun, pelabuhan, dan bandara. Jasa pengiriman barang port to port melibatkan seluruh proses pengiriman, itu kenapa port to port cenderung menjadi jasa pengiriman termahal dibanding dengan jasa pengiriman door to door. Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai berbagai faktor yang perlu dipertimbangkan saat menggunakan jasa pengiriman barang port to port.

1. Armada logistik pengangkut barang

Tergantung dari port asal dan port pengiriman akhir, Anda harus mengatur armada logistic yang akan Anda gunakan untuk membawa barang kiriman Anda dari gudang Anda menuju port awal seperti pelabuhan atau kantor jasa pengirim dan dari port awal menuju ke port pengirim akhir yang terdekat dengan konsumen Anda. Jadi ketika menggunakan jasa pengiriman barang port to port, Anda mungkin akan memiliki biaya penyewaan armada untuk proses pengangkutan barang kiriman Anda ke port awal serta biaya pengiriman dari port awal menuju port akhir.

2. Jadwal di port awal

Jika Anda menggunakan jasa pengiriman barang port to port untuk lokasi port yang berada di luar wilayah Anda, Anda harus memastikan barang Anda di kirim ke port awal dengan tepat waktu. Seperti tanggal dan waktu keberangkatan yang tepat, untuk menghindari biaya keterlambatan seperti demurrage. Selain itu juga Anda harus mengatur pengantaran dan penjemputan barang Anda untuk menuju port awal dan menuju lokasi pengiriman akhir.

3. Izin bea cukai

Biasanya, penggunaan layanan port to port digunakan untuk proses transaksi barang antar provinsi atau antar pulau bahkan antar negara. Oleh karena itu, bea cukai memiliki peranan penting di dalamnya. Agar barang logistik Anda dapat dikirim, Anda harus melalui bea cukai di port asal. Proses pengurusan barang logistik di bea cukai tidaklah mudah. Pasalnya terdapat beberapa ketentuan serta dokumen pendukung yang harus Anda lengkapi agar barang logistik Anda mendapat izin dari bea cukai untuk dilakukan pengiriman. Untuk itu, perhatikan faktor ini dan carilah broker atau perusahaan pengiriman terpercaya yang dapat melakukan pengurusan izin bea cukai ini.

4. Asuransi barang

Asuransi barang merupakan bagian terpenting dari setiap pengiriman barang. Resiko barang rusak atau barang hilang akibat kondisi tertentu, membuat asuransi barang wajib Anda gunakan terlebih jika menggunakan jasa pengiriman barang port to port. Anda dapat memastikan mengenai asuransi barang ini kepada pihak jasa pengiriman agar barang Anda memiliki pertanggungan yang maksimal jika mengalami kerusakan.

5. Biaya administrasi

Karena jasa pengiriman barang port to port melibatkan 2 port yang mungkin saja berbeda wilayah, maka Anda harus mengestimasikan biaya-biaya administrasi yang mungkin saja dibebankan kepada Anda. Seperti biaya pelepasan Bill of Lading, biaya dermaga, biaya penyewaan gudang apabila terjadi keterlambatan, dan lainnya. Biaya-biaya ini umumnya tidak termasuk dalam tarif pengiriman port to port.

6. Jadwal pengiriman port to port

Karena pengiriman port to port melibatkan berbagai tujuan pengiriman logistik, Anda harus memiliki jadwal pengiriman port to port. Jadwal ini seputar ketersediaan jadwal operator, jenis pengiriman, port asal dan tujuan, apakah Anda mengirim dengan menggunakan armada FCL atau LCL, dan lainnya.

Pengiriman port to port berbeda dengan pengiriman door to door, karena tidak mencakup jasa pengangkutan barang dari asalnya, seperti gudang atau pusat produksi, ke pelabuhan muat atau port awal. Demikian juga, pada saat kedatangan di port akhir, transportasi barang Anda ke tujuan akhir juga tidak termasuk. Jadi Anda perlu memikirkan armada pengangkutan dari lokasi Anda ke port awal, kemudian armada pengangkutan dari port akhir ke tujuan penerima barang.

Pengiriman port to port biasanya direkomendasikan untuk para pebisnis atau pengirim yang berpengalaman, yang telah memiliki pengetahuan dan keahlian dalam menangani aspek-aspek penting dari proses pengiriman barang. Namun, jika Anda pemula dalam dunia pengiriman barang dan ingin menggunakan layanan ini, Anda dapat menghubungi Access Logistik. Access Logistik memiliki layanan jasa pengiriman barang port to port yang dapat membantu Anda melakukan pengiriman barang dari satu port menuju port lainnya tanpa ribet dan pastinya dengan dengan harga yang terjangkau. Cocok digunakan bagi pemula maupun pebisnis expert yang akan mengirimkan barangnya melalui layanan port to port.