by

Cara Memilih Sepeda Gunung yang Benar untuk Pemula

Berapa waktu lalu penjualan sepeda di hampir semua toko sempat mengalami lonjakan. Di Indonesia memang sedang ngetren gowes atau bersepeda bareng. Masyarakat pun berbondong-bondong membeli sepeda sesuai dengan pilihannya. Sepeda gunung adalah salah satu jenis sepeda yang paling laris penjualannya. Tetapi, banyak pemula yang tidak tahu cara memilih sepeda gunung yang benar.

Cara Memilih Sepeda Gunung

Memilih sepeda sama dengan memilih barang lainnya. Artinya, Anda harus memperhatikan beberapa kriteria agar mendapatkan barang sesuai dengan kebutuhan. Sebelum membeli sepeda gunung, kita memang harus perhatikan beberapa faktor secara rinci. Dengan demikian, Anda bisa mempunyai sepeda yang bagus. Berikut adalah beberapa cara memilih sepeda gunung berkualitas menurut kami dibawah ini:

  1. Mencari Banyak Referensi

Bagi seorang pemula, tidak mudah dalam melakukan cara memilih sepeda gunung, apalagi itu pertama kalinya dia akan beli sepeda. Langkah pertama yang bisa Anda ambil adalah dengan mencari informasi sepeda gunung sebanyak mungkin.

Kumpulkan informasi tentang sepeda gunung yang memiliki merek ternama dalam negeri dan berkualitas bagus. Lalu, bandingkan dengan sepeda gunung merk luar/impor. Dengan mengetahui referensi dari berbagai merk sepeda gunung baik lokal maupun luar, akan membantu Anda dalam menemukan sepeda yang cocok.

  1. Menentukan Ukuran Rangka Sepeda

Masih banyak pemula yang belum paham cara tentukan ukuran dari rangka sepeda. Padahal, saat memilih rangka sepeda, ukurannya harus sesuai dengan tubuh pengguna. Untuk menentukan ukuran rangka yang cocok, pertama ukur tinggi badan Anda.

Lalu periksa ukuran panjang inseam, caranya dengan mengambil ukuran panjang dari ujung jari kaki hingga ke area selangkangan. Terakhir, sesuaikan ukuran yang tadi anda ambil dengan tabel geometri rangka sepeda dari merek yang ingin dibeli.

  1. Periksa Contact Point

Contact point merupakan tiga titik yang sangat vital pada sepeda, Ketiga titik tersebut bersinggungan langsung dengan tubuh pengguna sepeda. Tiga titik kontak point yang dimaksud adalah pedal, handle bar, dan sadel. Dalam memilih pedal anda bisa menyesuaikannya dengan selera. Tetapi kami menyarankan untuk memilih jenis clipless pedal. Jenis pedal ini meningkatkan efisiensi dalam mengayuh sepeda.

Handlebar memiliki fungsi untuk mengendalikan kemudi. Sebaiknya, Anda pilih handlebar yang ukurannya sesuai dengan ukuran lebar bahu. Demikian juga dengan pemilihan sadel. Banyak pengguna sepeda yang tidak langsung dapat sadel yang cocok. Itu karena biasanya sadel nyaman waktu digunakan pada jarak 20 km pertama.

Namun, setelah mencapai perjalanan lebih dari 40 km, sadel kurang nyaman dipakai. Saat memilih sadel, memang harus diperhatikan kualitasnya. Agat supaya tetap bisa nyaman digunakan meskipun sudah melakukan perjalanan puluhan kilometer.

  1. Pilih Ukuran Ban yang Tepat

Ukuran ban sepeda standar yaitu ukuran 26, 27.5 dan 29 inchi. Dari ketiga ukuran tersebut, Anda bisa memilih ukuran ban 27.5. Ukuran ban dengan diameter 27,5 inchi, umumnya dijadikan sebagai ukuran standar oleh produsen rangka atau frame sepeda.

Selain ukuran diameter ban, Anda juga harus memperhatikan ukuran dari lebar ban sepeda. Ban sepeda yang mempunyai ukuran lebar mampu mencengkram lebih banyak permukaan jalan. Daya cengkram yang lebih kuat pada aspal membuat sepeda melaju lebih stabil saat melewati tikungan atau tanjakan terjal.

Kekurangan dari ban berukuran lebar adalah laju sepeda lebih lambat dan berat. Dan juga, cukup sulit ketika melewati area berlumpur. Sedangkan, ukuran ban tidak terlalu lebar, membuat laju sepeda lebih cepat. Sangat sesuai ketika menempuh jarak yang jauh. Jadi, dalam memilih ukuran ban sepeda, sesuaikan dengan kebutuhan bersepeda Anda.

  1. Sesuaikan dengan Dana

Belilah sepeda yang harganya sesuai dengan dana yang Anda miliki saat itu. Cara memilih sepeda gunung bagus bagi pemula yaitu sebaiknya pilih sepeda dengan spesifikasi cukup baik dan harganya terjangkau. Anda bisa mengecek website Pickybest Indonesia. Ada banyak pilihan sepeda lengkap dengan spesifikasi dan harganya.

Jadi, itulah cara memilih sepeda gunung yang direkomendasikan untuk para pemula. Meskipun masih pemula, namun Anda tetap harus memperhatikan cara memilihnya. Kualitas sepeda akan berpengaruh pada kenyamanan saat dipakai.

News Feed