by

Budaya Masyarakat Hong Kong yang Harus Kamu Tau

Budaya adalah karakter bagi suatu negara yang menjadi simbol penting yang tidak bisa dihilangkan. Berdampingan dengan gaya hidup modern yang bisa saja merubah budaya dan tradisi yang telah lama ada di suatu Negara. Namun, budaya Hong Kong meski telah berdampingan dengan gaya hidup masyarakatnya yang modern tapi tidak melunturkan budaya dan tradisi masyarakatnya. Apa saja yang menjadi keunikan kebudayaan dan tradisi masyarakat Hong Kong?

1. Feng Shui

Arti dari Feng Shui sendiri adalah angin dan air, diaman dalam praktik China kuno digunakan sebagai panduan pembangunan objek bangunan yang selaras dengan alam dengan tujuan sebagai pembawa keberuntungan. Masyarakat Hong Kong percaya dengan hal ini yang menggunakan Feng Shui sebagai pembawa keberuntungan. Itulah sebabnya saat membangun rumah atau Gedung harus dengan panduan dari Feng Shui didalamnya.

Contohnya pembangunan dua patung singa perunggu yang dibangun di depan Gedung utama HSBC yang sukses di bangun. Dari sinilah masyarakat Hong Kong masih mempercayai tentang Feng Shui yang membawa keberuntungan.

2. Festival Cheung Chau Bun di Hong Kong

Festival Cheung Chau Bun adalah festival terbaik di dunia saat ini yang di gelar setiap hari kelima sampai hari kesembilan di bulan keempat di kalender. Setiap tahunya, masyarakat Hong Kong menyiapkan kostum dan membuat patung para Dewa. Menara bambu didirikan untuk menyambut para pengunjung yang datang.

Tradisi ini awalnya muncul pada masa Dinasti Qing terakhir pada tahun 1644 -1991. Saat itu merabaknya wabah yang tengah menjangkit masyarakat Cheung Chau. Kemudian masyarakat membangun Altar di depan kuil Pak Tai dan berdoa kepada para Desa untuk mengusir roh jahat dengan mengarak patung para Dewa. Ritual pengusiran roh jahat dengan cara mengarak patung para Dewa berhasil, wabah yang merabak di masyarakat akhirnya berakhir. Karena ritual ini dianggap penting untuk keselamatan masyarakat Cheung Chau maka terus di laksanakan sampai sekarang dan di jadikan festival yang menarik yang wajib dilihat para pelancong.

3. Meminum Teh China

Sekitar tahun 2737 SM yang ditemukan oleh Kaisar Shennong teh menjadi bagian dari budaya yang melekat di China. Teh ini dibawa oleh kapal perdagangan yang melewati Hong Kong menuju Eropa, dimana teh saat itu menjadi minuman nasional di Inggris. Saat ini perkembangan teh telah banyak mengalami perubahan pada rasa Namanya ada the dengan aroma melati dan yang popular adalah teh hijau. Menurut masyarakat Hong Kong teh memiliki kasiat untuk memperlancar pencernaan, dan sebagai hidangan yang wajib untuk tamu.

4. Festival Hantu Lapar di Hong Kong

Menurut kepercayaan masyarakat China dahulu pada bulan ketujuh di kalender China, merupakan waktu untuk para arwah kelaparan bergentayangan yang mencari mangsanya. Waktu inilah bagi masyarakat China untuk menyiapkan sajian untuk menjamu arwah para leluhurnya, biasanya di laksanakan di hari ke-15 yang bertepatan dengan diadakannya Yu Lan atau festival arwah lapar.

5. Opera China

Opera China yang mementaskan pertunjukan kehidupan masyarakat China kuno. Yang menjadi keunikan tersendiri dari Opera China ini adalah para pemainnya yang menggunakan riasan wajah yang menor dan tebal seperti riasan badut. Drama Opera China ini diiringi dengan music dengan nyanyian falsetto yang khas di bawakan di Opera ini.

Pertunjukan yang popular di China berhasil masuk ke dalam daftar Perwakilan Warisan Budaya bagi kemanusiaan UNESCO pada tahun 2009.

Banyak yang menarik dari Budaya Hong Kong yang bisa kamu temukan. Semoga informasi tadi bisa menambah pengetahuan kita dan bermanfaat bagi kita semua.

News Feed