Belanja Mudah dan Aman dengan Bukalapak Paylater: Cara Praktis dan Cepat Melakukan Pembayaran

Aplikasi9 views

Transaksi mudah tapi aman kini memang menjadi salah satu bahasan saat belanja secara online. Bagi yang cepat tergiur dengan harga murah akan lebih mudah terperangkap dalam jebakan penipu. Oleh karena itu, pahami cara mudah dalam belanja di Bukalapak terutama memilih pembayaran yang tepat.

Pembayaran bukalapak paylater dapat menjadi salah satu solusi agar proses pengembalian uang tidak ribet. Ketika kamu menggunakan dana pribadi kemudian ditransfer ke Bukalapak, dana tidak akan disampaikan ke penjual sampai ada konfirmasi. Namun, jika ada pembatalan, retur dan sebagainya, dana akan tetap tertahan sampai ada kepastian.

Momen penungguan inilah yang kadang-kadang jadi bikin was-was. Maka, beberapa orang akhirnya lebih nyaman menggunakan paylater. Karena jika ada dana yang tertahan, dana tersebut adalah dana yang dipinjamkan oleh fintech yang artinya dana pribadi kita tidak tertahan secara langsung. Dengan begitu, ketika kondisi mendesak kamu bisa mengalihkan dana asli untuk membeli di toko lain atau membeli langsung di toko fisik secara konvensional.

Nah, supaya bisa belanja lebih aman di Bukalapak, beberapa tips berikut ini bisa jadi insight yang melengkapi kehati-hatian saat transaksi secara online.

Tentukan Barang yang Tepat

Proses pencarian barang ini tentu perlu melakukan riset yang cukup matang. Paling tidak kita tahu apa fungsi dan tujuan barang tersebut dibeli. Setelah itu apakah spesifikasinya sesuai, layanan after sales service dan garansinya.

Jika langkah-langkah tersebut sudah dilalui tidak akan sulit untuk mencari barang, apalagi lewat marketplace yang menjadi tempat barang semuanya ada. 

Bandingkan Harga dengan Lapak Lain

Jangan pernah menyepelekan ilmu yang diterapkan emak-emak saat berbelanja. Cari saja lapak yang paling murah dengan spesifikasi barang yang sama. Meskipun beda 1.000 atau 2.000 sudah pasti menjadi prestasi tersendiri yang membanggakan bukan?

Namun, jangan juga terkecoh dengan harga murah karena ada banyak harga murah tapi tidak wajar berujung pada penipuan. Apalagi jika transaksinya bukan lewat marketplace seperti Bukalapak melainkan lewat media sosial yang lebih sulit untuk validasi dan verifikasi toko maupun pelapaknya.

Cek Reputasi Pelapak

Melakukan pengecekan reputasi pelapak cukup mudah kok. Bisa dilihat dari komentar-komentar pembeli sebelumnya bahkan dengan googling saja kata kunci pelapaknya. Jadi, dengan testimoni dari pembeli sebelumnya akan membantu kamu untuk meminjam mata orang melakukan verifikasi barang yang sudah dibeli mereka.

Sehingga kamu bisa mendapatkan gambaran yang jelas dari feedback yang diberikan oleh pembeli sebelumnya. Apakah ukuran, warna, serta spesifikasinya memang sesuai dengan yang dideskripsikan pelapak.  

Baca Deskripsi Barang

Ada kebiasaan orang Indonesia hanya membaca berita dari judulnya saja tanpa membaca isi maupun konteks beritanya. Begitu juga dalam kebiasaan berbelanja secara online. Sering kali mereka hanya baca judulnya saja.

Padahal justru yang penting adalah pada deskripsi dan komentar-komentar dari pembeli sebelumnya. Jika ada toko baru, kamu bisa mencoba untuk chat dengan pelapaknya. Sehingga proses verifikasi secara tidak langsung berjalan saat ada interaksi dengan pelapak. 

Manfaatkan Bukalapak Paylater dari Kredivo

Gunakanlah pembayaran yang aman dan praktis. Paylater memberikan keleluasaan dalam transaksi di Bukalapak. Terutama bagi yang sudah terdaftar sebagai member Kredivo. Cukup pilih metode pembayaran dengan menggunakan Kredivo dan check out.

Setelah itu tinggal pilih cicilannya. Apakah ingin dicicil dalam waktu 30 hari? Selain itu ada opsi cicilan 3 bulan tanpa bunga, cukup bayar admin saja 3% dari harga barang. Atau dengan tenor yang lebih fleksibel 6 atau maksimal 12 bulan dengan bunga 2.6% saja per bulan.

Pastikan kamu melakukan pendaftaran dengan memilih sebagai member premium agar mendapatkan limit pinjaman maksimal hingga Rp50 juta.