by

Belajar dengan Motivasi dan Tujuan

Menemukan motivasi belajar memang bukan hal yang mudah. Kita harus menemukan motivasi belajar agar memiliki semangat untuk mencapai tujuan belajar. Motivasi belajar bisa dari hal apapun. Motivasi bisa berupa seseorang, benda, tempat, dan lain sebagainya.

Nah kalo aku menemukan motivasi belajar dari keinginan aku untuk sekolah di luar negeri. Entah kenapa sejak kecil aku sudah sanagat ingin menenpuh pendidikan di luar negeri. Meskipun tidak ada negara tujuan yang pasti, tapi aku hanya ingin bersekolah di luar negeri.

Aku beranggapan bahwa bisa menempuh pendidikan di luar negeri itu adalah hal yang sangat keren. Dan aku sangat suka terlihat keren. Aku menjadikan hal tersebut motivasi belajar ku yang aku tekadkan harus tercapai.

Untuk bisa melanjutkan sekolah di luar negeri, itu berarti aku harus lulus Ujian Nasional dengan nilai yang sangat baik. Bagaimana cara aku bisa melewati tahap pertama ini ? Ini yang akan aku bagikan buat temen-temen di luaran sana.

  1. Kamu harus daftar di sebuah bimbel. Kalo aku pilih Ruangguru sebagai bimbel pilihan aku. Ruangguru ini adalah bimbel online yang sedang naik daun. Aku daftar bimbel online ini atas rekomendasi dari senior aku di sekolah. Dia menyarankan aku untuk berlangganan Ruangguru karena lebih mudah dan praktis.
  2. Mempelajari semua materi pelajaran yang ada di sekolah. Berkat bantuan dari bimbel Ruangguru, ini menjadi hal yang sangat mudah. Aku bisa belajar dimana pun dan kapanpun. Di Ruangguru disediakan rangkuman materi-materi tiap modul yang bisa membuat kita lebih mudah dan cepat memahami pelajaran.
  3. Sering mengerjakan latihan soal. Selain memahami materi melalui video belajar di Ruangguru, aku juga rajin mengerjakan latihan soal yang tersedia di Ruangguru. Dengan mengerjakan soal, aku merasa lebih menguasai materi tersebut, karena aku sudah mengerjakan contoh soal yang berkaitan dengannya.
  4. Makan dengan sehat dan teratur. Ini mungkin terdengar sepele, namun hal ini justru sangat penting dibandingkan tips yang lain. Konsumsi lah makanan yang bergizi tinggi untuk membantu kinerja otak dan tubuh. Menjaga daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi vitamin atau suplemen.

Selama ada motivasi belajar, apapun kendalanya pasti bisa untuk dilewati. Semua mata pelajaran memang tidak ada yang mudah, namun juga tidak ada sulit jika kita rajin berlatih dan belajar.

Satu lagi yang tak kalah penting adalah persiapan sejak jauh hari. Jangan kamu belajar hanya karena akan ada ujian atau hanya ketika mendekati ujian. Tentu ini akan membuat kamu merasa tertekan dan stress. Belajar dengan cara sedikit demi sedikit sudah jelas dan terbukti ampuh untuk menghadapi ujian. Mulai lah daftar di Ruangguru sebelum waktu Ujian Nasional kamu semakin dekat.

News Feed