by

Begini Cara Membedakan Jam Tangan Swatch Asli dan Palsu

Tingginya minat masyarakat terhadap penggunaan jam tangan, membuat banyak produsen jam tangan berlomba-lomba untuk membuat produk terbaik. Salah satu perusahaan yang menyediakan produk ini adalah Swatch yang sudah sangat populer di masyarakat. Bahkan, karena kepopulerannya banyak oknum yang sengaja memalsukan produk tersebut. Lantas, bagaimana cara membedakan jam tangan swatch asli dan palsu?

Pada dasarnya, jam tangan Swatch ini punya ciri khas tersendiri. Meskipun banyak penjual yang menjajakan produk ini di pasaran, namun masyarakat bisa dengan mudah membedakan mana jam tangan produk asli dan tiruan. Berikut ini adalah beberapa tips atau cara dalam membedakan mana jam tangan yang asli dan tidak. Simak ulasannya berikut ini!

Lihat Nomor Produk

Untuk melihat atau menentukan bahwa jam tangan yang akan dibeli adalah asli atau tidak, maka lihat bagaimana produk dan ciri-cirinya. Biasanya, ciri-ciri jam swatch original bisa ditemukan dengan sangat mudah. Salah satunya adalah dengan melihat nomor produk.Pada dasarnya, produsen Swatch akan memberikan kode unik pada setiap jam tangan mereka. Baik kode produk berupa jam khusus pria atau wanita, hingga kode produk dan nomor urutan produksi.

Setiap jam tangan dari produk Swatch ini memiliki nomor produk yang pastinya berbeda. Sementara jam tangan swatch yang palsu cenderung tidak memiliki nomor ini. Bahkan, jika pun terdapat nomornya, maka nomor tersebut tidak valid dan tidak sesuai dengan nomor seri produk aslinya.

Ada Sertifikasi Aslinya

Tips lain ketika mencari tahu apakah produk jam tangan yang dibeli adalah original atau tidak, adalah dengan melihat sertifikasinya. Pasalnya hal tersebut bisa menjadi cara membedakan jam tangan swatch asli dan palsu. Tentunya, setiap brand jam tangan, apalagi yang sudah ternama wajib memberikan masalah sertifikasi ini. Jika pihak penjual asli, maka mereka akan dengan senang hati memberikan sertifikat asli.

Berbeda jika penjual menjualkan produk tiruan, tentu tidak akan ada sertifikat asli yang menyertai produk tersebut. Tak hanya itu, biasanya sertifikat ini pun berasal dari China atau Jepang untuk produk yang palsu. Sementara produk yang aslinya, merupakan besutan Arab dan Inggris.

Tersedia Case Back (Penutup Jam)

Produk yang asli, tentunya memiliki fitur dan pelengkap jam tangan yang lengkap. Salah satu perbedaan jam tangan swatch kw sama ori adalah dengan melihat adanya case back atau sebuah penutup jam di bagian belakangnya. Untuk produk asli, biasanya menggunakan konsep case back tidak sepenuhnya tertutup. Melainkan konsepan semi tertutup atau tidak full. Material yang digunakannya pun pastinya khusus dan tidak bisa diserupai oleh produk palsu. Apalagi, bagian case back produk palsu cenderung tertutup secara keseluruhan.

Bentuk dan Harga

Tips selanjutnya untuk menentukan jam tangan swatch ori atau tidak yakni dengan melihat bentuk dan harga. Cara membedakan jam tangan swatch asli dan palsu tentu akan sangat bisa dilihat dari bentukannya beserta harga jualnya. Dari segi bentuk, produk jam tangan asli punya kesesuaian antara kode produk dengan model jam tangan. Apalagi, per tahunnya Swatch seringkali mengeluarkan banyak produk baru.

Tak hanya itu, dari segi harga pun tentunya produk jam tangan asli mempunyai nilai harga yang lebih mahal. Jika Anda melihat di pasaran, terlebih pedagang-pedagang kaki lima, tentu kebanyakan produk yang dijual adalah produk tiruan. Karena harga jualnya pun jauh di bawah produk jam Swatch asli.

Pada dasarnya, sangat mudah sekali untuk Anda menemukan cara membedakan jam tangan swatch asli dan palsu ini. Dari segi tampilan dan harganya saja sudah tertebak. Namun, untuk mendapatkan produk yang benar-benar asli, tentunya Anda harus memastikan bahwa toko tempat Anda membelinya memang sudah dupercaya menyediakan jam tangan Swatch yang asli. Hal itu lebih baik agar Anda bisa meminimalisir risiko membeli produk palsu atau tiruan.

News Feed