by

Apa itu Obligasi Pasar Sekunder?

Pertanyaan di atas pasti sempat muncul di benak kamu, kalau kamu sering membaca headline berita-berita ekonomi dan dunia investasi di media online. Nah, supaya kamu tidak kebingungan lagi, simak baik-baik penjelasan artikel ini ya.

Seperti kamu ketahui, obligasi sendiri adalah surat pernyataan utang yang diterbitkan oleh penerbit obligasi kepada pemegang obligasi. Selama ini kamu mungkin sering mendengar istilah ORI. Ini adalah obligasi pemerintah yang ditawarkan kepada seluruh Warga Negara Indonesia, termasuk kamu. Jadi kamu bisa berperan sebagai investor untuk kemajuan pembangunan di negara ini.

Ada 2 cara jual beli Obligasi Pemerintah, yaitu:

  1. Melalui Primary Market

– Penjualan dari pemerintah langsung ke customer

– Penjualan online via digibank (online ke MoF eSBN system)

– Quota per customer berdasarkan SID

– Tanggal Settlement setelah Offering period berakhir

  1. Melalui Secondary Market

– Penjualan dari mitra pemerintah ke customer

– Harga jual & beli dari CBG Treasury berdasarkan T&M

– Tanggal Settlement adalah T+2 (hari kerja)

Melihat penjelasan di atas, berarti bila kamu membeli obligasi melalui digibank by DBS, maka itulah yang dinamakan obligasi pasar sekunder, karena kamu membeli obligasinya lewat mitra pemerintah, dan bukan langsung dari pemerintah sebagai issuer.

Meskipun begitu, banyak lho keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan beli obligasi lewat digibank, misalnya saja:

  • Kamu bisa melakukan investasi obligasi online, mulai dari pembuatan SID, pemesanan, pembayaran, dan penjualan kembali via aplikasi digibank by DBS. Kamu nggak perlu repot-repot lagi datang ke kantor cabang.
  • Aman karena mendapat jaminan dari pemerintah
  • Margin yang kompetitif dan varian produk yang lengkap
  • Nilai minimum pembelian yang sangat terjangkau, yaitu mulai dari Rp 1 juta saja
  • Keuntungan berupa kupon yang bisa dicairkan setiap bulannya di tanggal yang sama
  • Memiliki tingkat suku bunga yang lebih tinggi daripada deposito, sehingga pendapatannya pun lebih tinggi dari keuntungan deposito
  • Layanan aplikasi digibank by DBS yang bisa diakses 24 jam, sehingga kamu bisa mengecek investasimu kapan saja, bahkan saat malam hari atau hari libur sekalipun.

Investasi obligasi ini cocok sekali buat kamu yang selama ini sudah menabung melalui produk deposito. Dengan begitu, kamu juga pasti bisa membandingkan bunga pendapatan yang kamu terima dari obligasi jauh lebih tinggi daripada yang kamu terima dari deposito. Sehingga keuntungannya pun akan jauh lebih besar.

Bagi kamu yang ingin berinvestasi di berbagai jenis yang berbeda, obligasi juga cocok untuk kamu. Misalnya nih, kamu selama ini sudah berinvestasi di emas, saham, dan property. Nah, untuuk lebih mendiversifikasi investasi sekaligus mengamankan resiko investasi kamu, maka berinvestasi di pasar obligasi adalah pilihan terbaik.

Ada beberapa istilah dalam Obligasi Pasar Sekunder yang harus kamu ketahui, yaitu:

  • Norminal Value, yaitu nilai tetap obligasi yang dimiliki oleh investor, biasanya dalam mata uang IDR/USD
  • Price, yaitu harga jual dan beli dari obligasi yang berbentuk persentase
  • Bond Value, yaitu nominal amount x price
  • Accrued Interest, yaitu keuntungan atau bunga yang akan didapatkan dari Obligasi, tetapi belum dibayarkan ke investor.

Nah, semoga dengan penjelasan di atas kamu jadi lebih mengerti tentang investasi obligasi pasar sekunder ya. Kamu bisa langsung mengunduh aplikasi digibank by DBS di AppsStore dan Google PlayStore dan langsung mulai berinvestasi obligasi sekarang juga.

News Feed