Kenali Perbedaan Obligasi dan Deposito Mana yang Menguntungkan?

Bisnis46 views

Sumber gambar: https://www.pexels.com/photo/a-businessman-raising-his-hands-for-being-successful-7567565/

Obligasi atau surat utang merupakan instrumen investasi yang mirip dengan deposito. Oleh karena itu, keduanya punya beberapa persamaan serta perbedaan. Namun sebelumnya, tahukah Anda apa sebenarnya surat utang dan deposito ini?

Surat utang yang bisa juga disebut dengan bukti pinjaman ini merupakan surat  yang diterbitkan oleh lembaga penerima pinjaman kepada investor yang di dalamnya tertera nominal serta jangka waktu pengembalian.

Adapun deposito adalah investasi yang berbentuk simpanan uang kepada perusahaan. Dalam hal ini, investor akan menerima bunga dalam kurun waktu yang sesuai dengan kesepakatan. Lantas, manakah kira-kira yang lebih menguntungkan diantara kedua produk investasi ini? Simak ini sampai selesai.

Perbedaan Obligasi dan Deposito beserta Simulasi Keuntungannya

Baik obligasi maupun deposito, keduanya merupakan jenis investasi yang tergolong aman dan cukup mudah jika Anda bandingkan dengan instrumen investasi lain. Keduanya pun memiliki persamaan terutama dalam potensi mendapatkan keuntungan berupa bunga, jatuh tempo dan jaminan pemerintah.

Dalam hal jaminan pemerintah, antara surat utang dan deposito sama-sama mendapatkan jaminan dari pemerintah. Untuk surat utang pemerintah, pembayaran pokok dan bunganya memperoleh jaminan dari pemerintah sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku. Semua dana pembayaran pokok beserta bunga berasal dari APBN.

Begitupun dengan deposito. Simpanan ini memperoleh jaminan dari LPS atau Lembaga Penjamin Simpanan yang merupakan milik pemerintah dengan simpanan maksimal Rp 2 miliar. Tentunya dengan suku bunga penjaminan tertentu.

Bukan hanya persamaan saja, kedua instrumen ini pun ternyata punya perbedaan yang cukup signifikan utamanya dari sisi:

* Jual beli

Surat utang dapat diperjualbelikan di pasar sekunder. Sedangkan, deposito tidak dapat dipindahtangankan. Artinya deposito tak bisa diperjualbelikan. Ini karena deposito merupakan investasi yang berupa simpanan.

* Capital gain

Jika Anda memilih investasi surat utang, maka anda akan memperoleh keuntungan bukan hanya berupa bunga atau kupon. Anda pun bisa menerima keuntungan lain berupa capital gain. Capital gain yaitu keuntungan modal yang akan Anda peroleh saat menjual surat utang dengan harga yang tinggi.

Akan halnya deposito, instrumen ini tak menawarkan keuntungan capital gain karena tidak dapat diperjualbelikan.

* Keuntungan

Investasi surat utang menawarkan keuntungan yang lebih besar daripada deposito. Pasalnya pajak surat utang lebih rendah. Pajak yang terdapat pada surat utang yakni pajak penghasilan sebesar 15% dari total pendapatan. Sebaliknya dalam deposito terdapat pajak penghasilan yang besarnya mencapai 20%.

* Suku bunga

Suku bunga yang ada pada deposito lebih rendah dari bunga surat utang. Oleh sebab itu, potensi keuntungan yang akan Anda terima dari deposito pastinya lebih rendah.

* Jangka waktu

Surat utang dan deposito mempunyai fleksibilitas jangka waktu yang berbeda. Obligasi bisa Anda jual kembali sepanjang waktu atau jam kerja. Ini artinya, Anda bisa menjualnya kapan saja walaupun belum jatuh tempo. Adapun deposito mempunyai tenor yang pasti, baik itu pokok maupun imbal hasil yang pemberiannya akan dilakukan sesuai kesepakatan.

Baik surat utang maupun deposito, keduanya merupakan instrumen yang sesuai untuk pemula atau investor dengan profil risiko rendah. Namun tak menutup kemungkinan, para investor yang berpengalaman serta investor agresif pun banyak mengejar instrumen ini. Terutama saat ingin meredam gejolak harga saham.

Jadi menurut Anda, manakah yang lebih menguntungkan? Jika membicarakan keuntungan tentu saja obligasi lebih menjanjikan. Anda bisa lihat sendiri dari perbedaan yang ada di atas. Namun semua ini kembali lagi tergantung pada kesepakatan antara perusahaan dan investor.

Perbedaan Obligasi

Sumber gambar: https://www.pexels.com/photo/photo-of-person-holding-smartphone-6802042/

Investasi Obligasi Terbaik dan Terpercaya Menggunakan Aplikasi digibank by DBS

Setelah mengetahui perbedaan kedua investasi di atas, dapat Anda lihat bahwa obligasi adalah surat utang yang memberi keuntungan lebih dari deposito. Jika tertarik dan sudah memutuskan untuk investasi surat utang maka Anda bisa memanfaatkan Aplikasi digibank by DBS. Aplikasi ini juga menyediakan jenis instrumen surat utang.

Sebagai aplikasi yang terpercaya, digibank by DBS menawarkan banyak keunggulan yang bisa Anda nikmati selaku investor, antara lain:

* Produk surat utang tersedia lengkap di pasar perdana & sekunder

Terdapat produk obligasi lengkap di pasar perdana dan pasar sekunder. Selain itu, lebih dari 70 produk surat utang yang tersedia utamanya di pasar sekunder. Sebagai investor, ini pastinya sangat menguntungkan dan memudahkan Anda. Artinya, dengan banyaknya pilihan produk ini, Anda bisa memilih jenis surat utang yang tepat untuk Anda investasikan.

* Transaksi pembelian mulai dari Rp1 juta

Sebagai investor Anda tentunya harus menyediakan modal awal untuk berinvestasi obligasi. Pada Aplikasi digibank by DBS Anda tak perlu cemas ketika menyediakan modal awal. Pasalnya modal yang perlu Anda keluarkan hanya satu jutaan saja.

Dengan nominal tersebut Anda sudah bisa membeli surat utang dan memiliki peluang memperoleh keuntungan yang tinggi. Baiknya lagi, Aplikasi digibank by DBS tak hanya menyediakan investasi dengan mata uang rupiah. Ada juga surat utang yang bisa Anda beli menggunakan Dolar dengan nominal mulai dari $1,000.

* Semua transaksi menggunakan satu aplikasi

Keunggulan lain dari Aplikasi digibank by DBS yaitu semua transaksi bisa Anda lakukan dalam satu aplikasi. Anda bisa melakukan transaksi seperti registrasi SID (Single Investor Identification), E-SBN (Surat Berharga Negara Online), pembelian dan penjualan produk.

Ini bermakna, Anda tak perlu berpindah aplikasi untuk melakukan seluruh transaksi ini sehingga sangat efisien dan praktis.

Itulah beberapa keunggulan dari investasi obligasi yang bisa Anda dapatkan melalui Aplikasi digibank by DBS. Sebagai investor yang cerdas dan bijak, Anda tentu tak akan melepaskan peluang investasi inikan? Jadi tunggu apalagi, segera manfaatkan Aplikasi digibank by DBS agar semua keunggulan dan keuntungan bisa Anda nikmati.