5 Macam Kue Lebaran Kekinian yang Ekonomis

Makanan127 views

Permintaan terhadap kue kering selalu meningkat setiap tahun pada bulan puasa ramadhan dan menjelang hari raya. Orang-orang sibuk mencari kue lebaran untuk disajikan pada para tamu.

Pada umumnya apabila permintaan pada suatu barang yang meningkat tajam, maka penawaran terhadap barang tersebut menjadi semakin mahal.

Kamu bisa dengan mudah membeli kue kering untuk lebaran di toko roti, mini market dan supermarket. Namun, biasanya dibanderol dengan harga yang tidak murah.

Karena alasan tersebut, beberapa orang memilih untuk membuat kue kering sendiri di rumah. Hal ini bisa menghemat biaya dan menambah aktivitas untuk mengisi ramadhan.

Pada bahasan kali ini akan mengulas macam-macam kue lebaran yang cukup kekinian dan disukai oleh banyak orang.

Kastengel Keju

Kue kastengel dipadukan dengan bahan keju, baik di dalam adonan maupun topping berupa keju parut. Rasanya tentu sangat gurih dan renyah sehingga bakal memikat siapa saja. Kamu bisa mencoba resep kastengel keju satu ini dengan biaya yang ekonomis.

Kue Ulat

Kue satu ini terdengar aneh bukan? Kamu jangan khawatir karena nama yang diambil hanya dari bentuknya saja. Bukan berarti menggunakan bahan dari ulat sungguhan.

Kue ini terbuat dari campuran margarin dan susu yang diaduk hingga halus. Kemudian kamu bisa mencampurnya dengan tepung maizena dan pewarna makanan hijau. Adonan ini lalu dibentuk menyerupai tubuh ulat.

Jangan lupa untuk menambahkan aksen kerut-kerut dan chips sebagai mata. Kukus dan simpan dalam toples kedap udara.

Putri Salju Oreo

Kamu pasti masih jarang menemukan putri salju yang di dalamnya diberi isian oreo. Kamu cukup menyatukan margarin dan gula sebagai bahan basah.

Sedangkan untuk bahan kering terdiri dari tepung terigu, susu coklat dan oreo yang dicampur rata.

Kedua bahan basah dan kering dibentuk menjadi satu adonan lalu dicetak dan dioven dalam suhu 150 derajat. Sebagai toppping, kamu bisa memberi taburan gula halus.

Nastar Wafer

Pada umumnya kue nastar berbahan dasar dari selai nanas maupun keju. Kali ini kamu mengubah isiannya menggunakan wafer agar lebih modern dan kekinian.

Buat adonan utama yang terdiri dari campuran margarin, gula dan telur. Lalu adonan tersebut diberi tepung terigu dan diaduk hingga teksturnya tidak terlalu kering maupun terlalu lembek.

Adonan ini kemudian dipipihkan menggunakan rolling pin. Setelah itu, kamu bisa menyusun wafer di atas adonan lalu gulung dan rapikan pinggirannya dengan rata.

Adonan yang sudah dibentuk lalu dipanggang dengan oven bersuhu 140 derajat hingga kuning keemasan. Tidak lupa untuk menambahkan olesan kuning telur agar nastar lebih mengkilap.

Brownies Cookies

Kue kering satu ini berbahan dasar coklat dan kemungkinan besar sangat disukai oleh anak-anak. Hal yang perlu kamu lakukan adalah mencairkan coklat bersama margarin dengan cara dimasak pada api kecil.

Di wadah terpisah kamu mencampurkan gula dan telur. Setelah itu, tuang coklat cair ke dalam wadah tersebut. Tak lupa untuk menambahkan tepung terigu, coklat bubuk dan garam dengan cara diayak.

Adonan yang sudah dicampur rata kemudian dimasukkan ke dalam plastik segitiga untuk dipipping ke dalam cetakan. Setelah itu, tata cetakan di atas loyang dan panggang dengan suhu 150 derajat hingga brownies matang.

Itulah beberapa macam kue lebaran yang termasuk dalam kategori modern dan kekinian. Kamu bisa mengkreasikannya dengan selera masing-masing tanpa mengubah komposisi dari bahan adonan. Selamat mencoba!