by

5 Hal yang Diperlukan Sebelum Membuat Website Toko Online

Zaman digital ini, masyarakat antusias menggunakan internet sebagai ladang penghasilan. Tak ayal banyak produk dan jasa yang ditawarkan, salah satunya menggunakan toko online agar pebisnis lebih leluasa mengupload berbagai produk. Pebisnis pemula sampai senior, rela membuat website toko online berbayar atau menggunakan gratisan.

Hal yang Diperhatikan Sebelum Membuat Website Onlineshop

Anda sering melihat reseller hosting Indonesia? Hal tersebut kesatuan bagi pebisnis yang membuat toko online. Pasalnya membuat toko online harus menyiapkan hal penting, dengan begitu toko online lebih profesional. Alhasil lebih mudah mendapat konsumen, berikut ada hal yang disiapkan sebelum membuat toko online:

  1. Domain

Cara bikin website online shop di HP gratis memang menguntungkan, tetapi lebih baik menyiapkan domain sehingga toko online lebih profesional. Sejatinya, domain adalah alamat website online shop anda di internet. Keberadaan domain membuat promosi lebih maksimal karena menggunakan alamat khusus, misalnya namadomainanda.com atau ttd lainnya.

  1. Hosting

Setelah menyewa domain, langkah selanjutnya menyewa hosting agar ruang website toko online lebih banyak. Alhasil mampu menampung puluhan ribu konten dan gambar tanpa khawatir website down. Hosting diartikan sebagai tempat penyimpanan semua file toko online disimpan.

Anda bebas memilih penyedia hosting terpercaya agar membuat website toko online berhasil. Pastikan mencari nama domain unik yang mewakili produk atau jasa yang anda tawarkan. Dengan begitu masyarakat penasaran dan membeli produk anda.

Cara Membuat Website Toko Online Secara Mandiri

Banyak pebisnis menyerahkan pembuatan toko online pada penyedia website. tetapi biaya membuat website toko online seperti itu cukup mahal, bagi pebisnis pemula akan menjadi beban pengeluaran. Lebih baik membeli domain dan hosting, barulah anda membuat website secara mandiri. Caranya mudah dan simple, yaitu:

  • Instalasi Website

Setelah anda membeli domain dan hosting, selanjutnya melakukan instalasi website. Anda bisa menginstal menggunakan WordPress dan mengunduh plugin, instal tema dan kelengkapan lainnya sehingga website lebih profesional.

Cara instal website di WordPress adalah login ke Cpanel hosting anda menggunakan username dan password yang diberikan penyedia hosting ke email usai anda melakukan pembayaran. Setelah berhasil login ke Cpanel, klik menu WordPress dan tekan tombol Install Now.

Perlu diingat, cara membuat toko online lewat Hp mudah. Yang terpenting kapasitas memori besar sehingga memungkinakan anda meninstal WordPress dan kelengkapannya. Setelah cara diatas berhasil, selanjutnya menginstal plugin WooCommerce.

Setelah instal plugin, klik menu Plugins dan klik Add New. Ketik WooCommerce pada kolom pencarian, lalu aktifkan plugin Woocommerce. Caranya tekan tombol klik Activate.

  • Mengganti Template WordPress

Membuat website toko online mudah dipraktekan oleh pemula, yang terpenting mengetahui cara pemasangannya. Setelah anda menginstal plugin, selanjutnya mengganti template WordPress. Anda tinggal mengakses halaman admin WordPress anda, misalnya alamat yang menyertakan domain yang and beli.

Setelah itu klik menu Appearance, lalu Themes dan klik Add New. Saat terbuka kolom pencarian, ketikan template sesuai selera anda. Lalu aktifkan tema dengan menekan tombol Activate.

  • Melakukan Pengaturan Website

Reseller hosting Indonesia memudahkan masyarakat yang bingung membeli domain dan hosting. Apalagi banyak penyedia jasa hosting mencari reseller untuk menambah pelanggan, pastinya semakin banyak pebisnis online menggunakan website toko online karena maraknya penyedia domain dan hosting.

Setelah tema berhasil diaktifkan, selanjutnya melakukan pengaturan website. Walaupun pengaturan sudah diperbaharui, anda bisa melakukan pengaturan ulang. Caranya pilih menu Setting, lalu General, dibagian Site Title tulis nama toko online anda.

Membuat website toko online efektif mengembangkan bisnis secara online. Pasalnya masyarakat di berbagai penjuru menggunakan internet, sebagai pebisnis harus mengupload produk dan menjaga kualitas sehingga konsumen puas.

News Feed