by

Yuk, Cek Ijazah Karyawanmu Asli atau Palsu

Semakin marak kasus ijazah palsu yang diberitakan media akhir-akhir ini. Menimbulkan polemik di masyarakat. Tak sedikit karyawan hingga kepala daerah, dengan sengaja memalsukan ijazah. Hal inilah yang membuat praktek ijazah palsu perlu mendapat perhatian serus bagi semua pihak. ijazah harus dipastikan agar benar-benar asli agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari. Meski terkadang perbedaan ijazah asli dan palsu sulit dilihat.

Sekilas Tentang Ijazah

Ijazah merupakan sebuah lembar dokumen pengakuan bagi seseorang yang telah menyelesaikan suatu jenjang pendidikan. Ijazah tersebut menjadi bukti bahwa seseorang tersebut telah lulus dari sekolah ataupun perguruan tinggi. Baik telah tamat belajar di dalam negeri atau luar negeri yang diakui oleh lembaga setempat. Biasanya ijazah diterbitkan oleh suatu intansi resmi kepada orang, santri, siswa atau mahasiswa. Maraknya kasus ijazah dokumen persyaratan yang harus dilengkapi dalam melamar kerja.

Cara Mengecek Ijazah Asli Lewat Online

Sebenarnya, memastikan sebuh ijazah asli atau palsu cukup mudah. Setiap orang dapat memeriksa sendiri. Untuk pengecekan keaslian ijazah bagi lulusan perguruan tinggi dapat memakai apilkasi SIVIL. Saat memeriksakan di situs SIVIL, pastikan untuk pengisian Perguruan Tinggi, Nomor Ijazah serta Angka pengaman dengan benar. Setelah memasukkan isian di atas, maka akan keluar terkait keabsahan ijazah. Seperti yang diketahui bahwa pendataan ijazah telah resmi dimulai sejak tahun 2002/2003 silam.

Maka hal yang wajar, jika lulusan dibawah tahun tersebut nomor ijazah kerap tak ditemukan di SIVIL. Sebaiknya langsung mengerubungi Perguruan Tinggi terkait. Tak hanya lulusan kampus saja yang dapat melakukan mengecek ijazah asli atau palsu. Lulus sekolah seperti SD/MI dan sederajat, SMP/MTS dan sederajat serta SMA/SMK sederajat. Dapat melakukan pengecekan sendiri melalui ponsel pintar masing-masing yang telah terhubung dengan koneksi internet. Mengetahui lebih detail dalam melakukan pengecekan ijazah, dapat lihat di artikel cara cek ijazah asli via online berikut.

Cara Lihat Ijazah Itu Asli atau Palsu

Biasanya beberapa instansi dan dinas terkait, dalam perekrutan karyawan cukup berhati-hati dalam pengecekan syarat berupa ijazah. Mengingat ijazah merupakan dokumen yang cukup penting, maka beberapa perusahaan lebih teliti saat memeriksa dibandingkan dengan dokumen lainnya. Selain dilakukan pengecekan secara online, mengetahui ijazah asli atau plasu dapat dilakukan secara manual. Salah satunya dengan melihat secara fisik dari lembar Ijazah yang di print tersebut.

Mulai dari memperhatikan dan menilai dari form kertas ijazah. Biasanya kertas ijazah yang asli memiliki tanda khusus berupa hologram atau logo. Selain itu kertas ijazah tersebut hanya dikeluarkan oleh perusahaan kertas milik negara. Kertas tersebut memiliki kualitas serta ciri-ciri khusus yang telah ditentukan oleh pemerintah. Ancaman Bagi Pemakai dan Pembuat Ijazah Palsu Segala hal yang berlabel palsu pasti dilarang dan tidak baik untuk pemakainya.

Begitu pula bagi pembuat ataupun pemakai ijazah palsu yang jelas-jelas melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku. Terkait masalah ijazah palsu bahan telah di atur dalam pasal 263 dan 264 KUHP tentang pemalsuan data otentik kan. Ringkasan bagi yang melanggar aturan tersebut, baik pembuat ataupun pemakai. Terancaman hukuman penjara serta denda sekian rupiah. Mengingat ancam pidana yang mengintai tersebut, membuat beberapa oknum untuk mengurungkan niat memakai jasa ijazah palsu. Hal tersebut demi kebaikan dan nama baik yang kelak diterima jika sempat diketahui oleh pihak yang berwajib.

News Feed