Tips Mendidik Anak Agar Tidak Terlalu Manja Hingga Dewasa

Gaya Hidup63 views

Setiap anak memiliki suatu yang yang berbeda-beda dalam berperilaku dimana terkadang bisa bersikap baik dan buruk. Semua itu terkadang dipengaruhi oleh sikap dan perilaku orang tua dalam mendidik seorang anak. Sehingga peranan orang tua dalam mendidik anak memang begitu penting dalam masalah kepribadiannya

Salah satu sifat dari anak yang menjengkelkan adalah sifat manja yang bisa di bawa hingga dewasa. Jika sifat ini tidak ditangani akan punya dampak yang tidak baik pada anak di masa depannya. Salah satunya anak akan malas untuk bekerja atau bahkan dia hanya ingin duduk manis meski punya tanggungan istri dan anaknya. Maka dari itu perlu adanya didikan yang super ketat untuk menghindari tindakan ini

Kebebasan Beraktivitas

Penyakit malas ini timbul karena seorang anak merasa bahwa dalam menjalankan semua aktivitas selalu dibantu. Bentuk bantuan ini umumnya berasal dari orang tua yang notabenenya paling dekat dengan orang tua. Dengan adanya bantuan ini, anak merasa lebih tenang dan selalu mengandalkan kedua orang tuanya

Oleh karena itu, ada baiknya pada aktivitas tertentu anak diberikan kebebasan dalam melakukan aktivitasnya. Misalkan saja ketika mencoba belajar menghitung. Orang tua dalam hal ini hanya berperan sebagai faktor pembantu ketika anak benar-benar menemukan kesulitan. Biarkan anak di masa seperti itu bisa bisa berpikir keras untuk melakukan tugas tersebut.

Memuji Prestasinya

Seorang anak umumnya memang butuh yang namanya perhatian dan kasih sayang. Kedua sikap ini dibutuhkan karena anak masih belum sepenuhnya menjalan aktivitas. Dengan sikap tersebut akan menimbulkan perasaan yang sangat senang dan nyaman ketika bersama orang tua.

Maka ketika mendapatkan suatu peningkatan dalam hal prestasi di sekolah atau memecahkan masalah, orang tua perlu memujinya. Dengan sikap tersebut pasti anak merasa bahwa segala jerih payahnya mendapat sanjungan dari orang tua.

Namun, orang tua tidak boleh terlalu berlebihan dalam memuji anak ketika memecahkan masalah. Bentuk perhatian yang berlebihan terkadang bisa menimbulkan sifat manja atau ingin selalu di puji ketika sudah dewasa.

Penjelasan dari Permintaan Anak

Sebagai seorang anak bukan tidak mungkin terkadang sering meminta sesuatu yang terkadang aneh. Bahkan, ada juga seorang anak yang meminta sesuatu yang terlalu berlebihan. Sikap seperti ini tentu tidak baik bagi perkembangan anak di masa depannya. Tetapi jika permintaan tersebut tidak dituruti anak pasti akan sedih atau bahkan menangis.

Maka penanganan dari sikap tersebut adalah sebagai orang tua harus menjelaskan secara tepat alasan menolak permintaannya. Bentuk penjelasan seperti ini merupakan bagian dari perhatian anak. Namun, dalam hal penolakan ini sebaiknya disampaikan dengan nada rendah. Sebab, ketika anak suka dibentak dengan nada kasar tidak baik untuk kepribadiannya di masa depan.

Menanamkan Kejujuran

Sifat jujur merupakan suatu sikap yang mulia yang perlu ditanamkan pada anak. Dengan sikap ini anak akan bisa punya sikap yang jelas dalam melakukan sesuatu di kehidupannya. Dengan sikap ini juga bisa muncul sikap-sikap terpuji lainnya pada kepribadian anak.

Maka penanaman sikap jujur ini harus dilakukan sejak dini agar anak terhindar dari sikap manja. Selain itu, dengan sikap ini akan muncul sikap terbuka dalam melakukan apapun dan meminta solusi terbaik dari berbagai masalah

Itulah beberapa sikap yang harus dilakukan agar benar-benar terhindar dari sifat manja. Dengan tips di atas akan banyak membantu orang tua dalam mendidik anak terhindar dari sifat buruk di atas. Untuk tips-tips lainnya pada anak, kamu bisa membaca artikel di blog Avanda Alvin di https://avandaalvin.com/.