by

Tips Ampuh Menulis Email untuk Melamar Kerja

DI zaman sekarang ini, melamar pekerjaan bisa dilakukan secara online, misalnya dengan menggunakan email. Masalah yang sering ditemui oleh pelamar kerja adalah mengirim email sembarangan ke perusahaan yang dituju. Entah karena mereka bingung atau tidak tahu caranya, yang jelas, hal tersebut membuat HRD perusahaan ingin mengabaikan email yang diterima. Nah, agar lamaran yang kamu kirim tidak diabaikan oleh perekrut, berikut adalah beberapa tips mengirim lamaran lewat email yang bisa kamu perhatikan.

  1. Jangan Mengirim ke Banyak Email Sekaligus

Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah jangan mengirim lamaran email ke beberapa perusahaan sekaligus. Sekaligus di sini maksudnya adalah kamu mengirim email yang sama ke beberapa alamat dalam sekali klik (menggunakan CC). Biasanya, orang-orang melakukan ini dengan tujuan agar peluang mereka diterima kerja menjadi semakin besar. Hal ini salah, karena mengirim email yang sama ke beberapa perusahaan sekaligus bukanlah sesuatu yang etis untuk dilakukan seorang pelamar kerja. Daripada mengirim email dengan cara seperti itu, lebih baik kamu mengirim email satu per satu ke alamat email yang dituju. Isi email boleh sama, tapi tetap perhatikan bagian-bagian yang perlu disesuaikan, misalnya nama perusahaan dan posisi yang dilamar.

  1. Jangan Mengosongkan Subject Email

Selanjutnya, jangan sampai lupa mengisi subject email. Terkadang, ada saja orang yang mengirim email tanpa subject, alhasil email yang diterima perusahaan akan berjudul (no subject). Perlu kamu ketahui, banyak perekrut yang mengurutkan atau menyoritr email dari subjectnya. Misalnya dari nama, posisi yang dilamar, dan sebagainya. Jadi, jika kamu mengosongi subject, maka besar kemungkinan email kamu akan diabaikan. Mau sebagus apapun lamaran yang kamu buat, akan terbuang percuma jika kamu lupa tidak mengisi subject. Oleh karena itu, hal yang perlu kamu perhatikan adalah pahami apakah perusahaan memberikan format subject khusus atau tidak. Jika iya, maka silakan menggunakan format tersebut sebagai subjectnya. Jika tidak, maka minimal sebutkan nama dan posisi yang akan kamu lamar.

  1. Jangan Mengisi Body Email Terlalu Singkat

Selain tidka boleh mengosongkan subject, kamu juga tidak boleh mengosongkan body email. Memang, terkadang ada yang meminta kamu mengupload file lamarannya. Namun, bukan berarti kamu boleh mengirim email kosongan begitu saja. Sebaiknya, tetap isi body email sebaik dan sesopan mungklin. Ibaratnya, body email adalah sebuah pengantar yang diberikan kepada perusahaan atas lamaran yang kamu kirim. Di dalam body email, setidaknya kamu harus mencantumkan salam, perkenalan diri, tujuan, dan ucapan terima kasih.

  1. Lampirkan Portofolio yang Sesuai

Hal penting selanjutnya yang harus kamu perhatikan adalah tentang pengiriman portofolio. Jangan sekali-kali kamu tidak menyertakan portofolio atau menyertakan portofolio yang tidak sesuai dengan posisi yang kamu lamar. Portofolio adalah hal yang sangat penting untuk dijadikan pertimbangan oleh perekrut. Dengan menggunakan portofolio yang tepat, perekrut jadi tahu betul bagaimana kira-kira kompetensi kamu terhadap posisi tersebut. Bayangkan jika kamu tidak melampirkan portofolio, tentunya perekrut akan jadi bingung dan akhirnya mengabaikan email yang kamu kirim. Portofolio bisa kamu kirimkan dalam bentuk bebas, misalnya berupa link yang mengarah ke website, file word, pdf, dan sebagainya.

  1. Jangan Buru-Buru Mengirim Email

Terakhir, jangan buru-buru menekan tombol Kirim. Selalu lakukan cek dan ricek terhadap apa yang sudah kamu tulis mulai dari subject, email tujuan, body email, serta lampiran file-file pendukungnya. Cek juga apakah tulisan yang kamu tulis mengandung typo atau tidak. Dengan demikian, kamu akan terlihat sebagai orang yang teliti dan menambah poin plus kamu dihadapan para perekrut. Nah, itulah beberapa tips yang dapat dijadikan perhatian bagi kamu yang ingin melamar kerja dengan email. Jika kamu ingin mempelajarinya lebih lanjut, kamu bisa membaca panduan cara mengirim lamaran lewat email yang baik dan benar yang diulas oleh situs BocahKampus.

Semoga kamu berhasil dapat pekerjaan yang kamu inginkan ya!

News Feed