by

Takaran Tepat untuk Makan Kucing Per Hari

Berapa porsi makan kucing yang tepat? Mungkin ini adalah pertanyaan yang sering di ajukan oleh orang yang baru memelihara kucing, majikan kucing yang baru pertama memelihara hewan lucu ini pasti bingung dalam menyiapkan makanan kucing perharinya berapa banyak. Sering sekali takaran yang di berikan terlalu banyak sehingga kucing yang kamu pelihara kebanyakan makannya.

Kucing juga sama seperti kita yang harus mengonsumsi makanan yang bergizi, dengan memperhatikan kandungan dan porsi yang harus di siapkan. Dengan porsi makanan yang tepat, kucing dapat memiliki bentuk tubuh dan berat badan yang ideal dan tumbuh secara normal. Cara inilah yang tepat untuk kucing agar tidak terkena obesitas, anoreksia, atau malnutrisi. Oleh sebab itu para majikan sering kali lalai bahkan sebagian besar banyak yang tidak tahu tentang porsi makanan kucing yang tepat setiap harinya.

Untuk mengetahui takaran makanan kucing kamu bisa melihat dari beberapa faktor. Misalnya dari usia, aktivitas, dan berat badan dari kucing itu sendiri. Dari melihat 3 faktor dasar tersebut adalah faktor penentu asupan makanan kucing setiap harinya. Bukan hanya itu ada juga rumus rahasia yang bisa kamu gunakan rumus rahasia untuk membuat perhitungan lebih akurat dalam menentukan porsi makan kucing setiap harinya.

Dari pertanyaan di atas jawabannya tergantung dari beberapa faktor, kamu perlu memperhatikan jenis makanan yang disediakan untuk kucing. Ada dua jenis makanan untuk kucing ada yang basah atau makanan kering.

Untuk makanan basah memiliki 125 kalori pada setiap per 85 gramnya sedangkan makanan kering memiliki 333 kalori per 100 gram. Kemudian merek dari makanan kucing yang kamu berikan juga mempengaruhi kualitas makanan kucing karena setiap makanan kucing yang bermerek maka kandungan gizi yang ada biasanya sangat besar. Kamu bisa melihatnya di belakang kemasan yang terdapat nilai gizinya.

Kebutuhan Kalori untuk Setiap Kucing

Untuk kucing yang masih kecil akan membutuhkan kalori sebesar 30 kalori per kilogram berat badannya, sedangkan untuk kucing dewasa membutuhkan 66 kalori per kilogram berat badanya, dan untuk kucing tua membutuhkan 50 kalori per kilogram berat badanya.

Dari keterangan di atas, jika seekor kucing dewasa memiliki berat badan 5 kg dan membutuhkan 333 kalori dan 22,5 gram protein dalam makanan per harinya. Itu adalah takaran makanan kucing dewasa yang bisa kamu pakai.

Takaran Makanan Kucing

  • Takaran makanan kucing dalam makanan kucing kering:

Untuk menentukan makanan kucing ada rumus takarannya berikut penjelasannya.

2% x BB (berat badan)

2% x 5 kg = 0,1 kg

0,1 kg = 100 gram

Dari perhitungan data kucing membutuhkan 100 gram makanan kucing kering atau mendapat 333 kalori, tekaran tersebut sangat pas untuk kucing kamu dengan berat badan seperti di atas.

  • Takaran makanan kucing makanan kucing basah:

Makanan kucing basah juga memiliki rumus perhitungan berikut penjelasannya.

66,57 kalori x BB (berat badan)

66,57 kalori x 5 kg = 333 kalori

Dalam perhitungan di atas mendapat 333 kalori dan kamu bisa memberikan makanan kucing 3-4 kantong makanan kucing basah per harinya.

  • Gabung makanan kucing basah dan kering

Jika kamu menggabung makanan basah dan kering untuk di berikan kepada kucing peliharaan kamu, itu sah-sah saja dan akan menghasilkan efek yang baik kucing juga tidak akan merasa bosan. Untuk takarannya adalah 1 kantong makanan basah + 63 gram makanan kering dalam setiap harinya.

Dengan adanya perhitungan makanan kucing di atas, kamu bisa menentukan takaran makanan kucing kamu berdasarkan berat badan kucing kamu. Dan untuk memberikan makanan kucing setiap harinya kamu bisa member makan kucing kamu 2-3 x per hari. Dan harus di tentukan makanan waktu pemberiannya di pagi hari sekitar pukul 08.00 dan di sore hari 15.00. Semoga dengan mengetahui berapa porsi makan kucing yang tepat bisa menjadikan kucing peliharaan yang sehat dan aktif. Yuk ketahu tips lainnya hanya di pawanghewan.co.

News Feed