by

Bingung Saat Mencari Property Syariah? Berikut Tips Pilih Property Syariah yang Baik

-Bisnis-17 views

Semakin berjalannya waktu property syariah di Indonesia berkembang kian pesat, sehingga banyak orang yang sedang berniat untuk membeli salah satu jenis property ini mencoba mencari tahu tips pilih property syariah yang baik dan aman.

Selain itu, semakin kesini juga masyarakat Indonesia mulai menyadari bahayanya sebuah riba, sehingga mereka sekarang lebih memilih membeli property syariah. Namun, untuk memilih property syariah yang baik juga dibutuhkan ilmu karena tidak semua property syariah di Indonesia sudah benar-benar terdaftar, ada juga dari mereka yang mencoba menipu beberapa orang dengan mengatakan property yang mereka jual sudah dilabeli sebagai property syariah.

Maka dari itu penting bagi kamu yang ingin membeli property syariah untuk mengetahui beberapa tips memilih property syariah yang baik.

Tips pilih Property Syariah yang baik

Untuk membeli property syariah yang aman, kamu memerlukan tips yang patut diikuti. Perhatikan tips-tips yang ada di bawah ini:

  1. Verifikasi terlebih dahulu

Langkah pertama yang harus kamu lakukan sebelum membeli property syariah adalah melakukan verifikasi atau survey terlebih dahulu, seperti datang ke lokasi proyek, datang ke kantor pemasaran dan menanyakan langsung mengenai desain proyeknya, dan juga tanya kepada pengembang/developer apakah mereka sudah bergabung ke dalam asosiasi atau belum.

  1. Verifikasi kepada komunitas developer yang diikuti

Sederhananya, tanyakan pada Developer Property Syariah atau DPS apakah developer pilihanmu itu sudah aman dan legal. Hal ini dilakukan untuk mencegah penipuan yang bisa menimpamu.

  1. Pilih yang benar-benar tidak mengandung riba

Pastikan developer yang kamu pilih benar-benar tidak mengandung riba dan sesuai dengan syariah Islam. Kamu harus mengetahui sistem transaksi seperti apa yang digunakan developer pilihanmu.

  1. Cari tahu tentang legalitas produknya

Legalitas yang dimaksud disini adalah ketentuan yang sah secara hukum maupun agama. Pastikan produk yang ditawarkan telah sesuai dan layak untuk diperjualbelikan. Selain itu pastikan juga legalitas lahan serta izin-izin developer pilihanmu supaya tidak terjadi kerugian untukmu di kemudian hari.

  1. Tidak memiliki unsur gharar (perbuatan penipuan)

Property syariah mempunyai ketentuan dan aturan yang sangat pasti dan sesuai syariah Islam, jadi tidak ada unsur gharar disana. Untuk menghindari terjadinya penipuan lainnya, kamu bisa melihat ulasan yang diberikan pembeli sebelumnya, visi, misi, dan riwayat catatan developer pilihanmu terlebih dahulu.

  1. Perhatikan lokasinya

Sebelum membeli sebuah property syariah, pastikan terlebih dahulu lokasinya strategis, dekat dengan tempat umum, dan juga aman. Maka dari itulah kamu diharuskan untuk melakukan survei terlebh dahulu, atau jika kamu tidak mempunyai waktu luang yang banyak, kamu bisa melihat gambar siteplan yang mereka miliki.

  1. Mempunyai siteplan

Siteplan adalah gambar atau peta yang menunjukkan detail dari lokasi property. Siteplan dapat digunakan oleh calon pembeli yang tidak mempunyai waktu untuk survei lokasi.

  1. Perhatikan kawasan dan fasilitas di sekitarnya

Langkah terakhir yang tidak kalah penting adalah memperhatikan kawasan dan fasilitas yang akan dibangun di sekitarnya. Sebab, ketika kamu membeli sebuah rumah, tentu kamu tidak hanya membutuhkan rumah itu saja, tapi kamu juga membutuhkan beberapa fasilitas yang berguna bagi kehidupanmu, maka dari itu pastikan kawasan dan fasilitas yang mereka tawarkan sesuai dengan kebutuhanmu.

Kenapa Dianjurkan untuk Memilih Property Syariah?

Gaya hidup halal saat ini semakin populer di kalangan masyarakat Indonesia yang mayoritas beragama Islam. Dan untuk menghindari bertambahnya dosa riba yang kamu dapatkan, lebih baik memilih property yang sesuai dengan syariah atau ajaran Islam, yaitu property syariah. Sebab, property syariah sudah terjamin 100% bebas riba. Namun, property syariah tidak hanya ditujukan untuk masyarakat muslim, masyarakat non-muslim juga bisa membeli property jenis ini.

Itulah tips pilih property syariah yang baik dan aman. Cukup mudah bukan? Jika kamu sudah melakukan semua tips di atas, kemungkinan besar kamu akan mendapatkan property syariah yang terbaik.

News Feed