by

Seperti Inilah Cara Merawat Lantai Keramik Agar Tetap Bersih dan Berkilau

Cara merawat lantai keramik perlu dilakukan secara rutin. Selain untuk menunjang kebersihan rumah, lantai yang bersih dapat memberikan suasana yang nyaman bagi keluarga karena dapat terbebas dari debu dan bakteri. Hal ini juga dapat membuat lantai keramik awet dan tidak mudah rusak.

Lantai merupakan bagian rumah yang terkontak langsung setiap harinya, sehingga lebih rentan kotor maupun mengalami kerusakan. Pemeliharaan secara berkala dapat menjaga kualitasnya tetap bagus. Berikut tips dari griyaaesthetic.com:

Cara Merawat Lantai Keramik Agar Awet

Keramik merupakan material yang umumnya dipilih untuk bagian lantai. Hal tersebut terjadi karena keramik memiliki harga yang terjangkau dan tahan lama.

Selain itu keramik hadir dengan berbagai motif yang menarik sehingga mampu membuat rumah terlihat lebih estetik. Untuk menjaganya tetap berkualitas, terapkanlah beberapa cara merawat lantai keramik di bawah ini.

1. Singkirkan Kotoran Pinggir Lantai

Selain rutin membersihkan lantai dengan sapu dan kain, bagian pinggir lantai juga perlu diperhatikan. Bagian ini mungkin seringkali terlupakan saat bersih-bersih, padahal bagian tersebut cukup penting untuk menjaga kualitas lantai agar tetap bersih dan awet.

Debu yang terdapat dipermukaan bisa saja menumpuk di bagian pinggir karena di sapu. Kondisi ini lama kelamaan dapat merusak kualitas keramik. Gunakan ujung sapu yang bisa menjangkau seluruh area pinggir lantai hingga sudut.

Dengan begitu proses pembersihan bisa dilakukan secara lebih menyeluruh. Bersihkan bagian pinggir terlebih dahulu saat menyapu sebelum berpindah ke bagian tengah ruangan.

2. Bersihkan Kerak pada Lantai

Kerak bisa saja muncul pada lantau baru maupun yang sudah lama. Agar tetap terawat, pembersihan kerak perlu dilakukan secara rutin. Kerak pada lantai baru bisa saja berasal dari semen yang tidak sengaja mengenai lantai sehingga akhirnya meninggalkan noda seperti kerak.

Selain itu, kerak juga bisa muncul akibat paparan sinar matahari yang terlalu sering. Lantai berkerak akan terlihat kotor, tidak bagus, dan mudah tergores.

Cara membersihkan lantai keramik berkerak yang paling efektif adalah dengan menggunakan campuran pasta gigi dan baking soda.

Tuangkan campuran tersebut ke area yang berkerak dan diamkan selama beberapa menit. Setelah itu, sikat atau lap lantai hingga kerak menjadi lepas.

Apabila kerak sudah bersih secara menyeluruh, bersihkan lantai seperti biasa dengan menggunakan sapu. Dengan begitu, lantai akan terlihat bersih dan berkilau.

3. Lindungi Lantai dari Benda Berat

Benda berbobot berat bisa menjadi salah satu masalah untuk lantai keramik. Untuk menjaga kualitasnya, sebaiknya hindari membanting benda berat atau menggesernya dari lantai. Hal tersebut dapat membuat lantai keramik mudah tergores dan retak.

Cobalah untuk memindahkan barang berbobot berat secara hati-hati agar lantai bisa tetap terawat dan tidak rusak.

4. Perbaiki Kondisi Keramik yang Kusam

Kusam menjadi salah satu masalah yang umumnya terjadi pada lantai. Hal tersebut terjadi akibat terjadinya penumpukan kotoran yang mengendap di lantai. Selain itu, kondisi kusam juga bisa diakibatkan oleh penyimpanan barang yang terlalu lama di atas lantai.

Kondisi kusa mini perlu diatasi agar lantai keramik bisa terlihat bersih. Cara membersihkan lantai keramik secara alami bisa dilakukan dengan menggunakan larutan cuka.

Namun perlu diperhatikan, jangan pernah menggunakan cuka murni karena justru dapat merusak tekstur lantai. Membersihkan lantai kusam juga bisa dilakukan dengan menggunakan karbol.

Produk pembersih ini mengandung zat kimia yang bisa secara efektif membersihkan lantai kusam.

Tuangkan larutan cuka atau karbol ke permukaan keramik, kemudian tunggu beberapa saat. Gosok perlahan dengan gerakan satu arah agar noda di lantai terangkat dan bisa kembali berkilau.

5. Bersihkan Minyak yang Menempel Pada Lantai

Lantai keramik cukup rentan terhadap minyak, apalagi di bagian dapur. Saat memasak atau beraktivitas, minyak bisa saja terciprat dan menempal pada permukaan lantai. Apabila tidak dibersihkan, maka kondisi lantai akan terlihat kotor dan licin.

Cara ampuh untuk menghilangkan minyak yang menempel pada lantai adalah dengan menggunakan tepung. Taburi bagian lantai yang terkena minyak dengan tepung. Tunggu sampai tepung menyerap minyak, kemudian bersihkan dengan menggunakan sapu.

Cara merawat lantai keramik tidaklah sulit, namun perlu dilakukan secara rutin dan teliti. Perawatan yang baik dan tepat akan membuat lantai keramik rumah terlihat bersih, berkilau dan awet. Hal tersebut tentu dapat menunjang suasana rumah agar terasa lebih nyaman.