Resep dan Tips Membuat Bakwan Makaroni yang Renyah Tahan Lama

Resep68 views

Garing, renyah, dan gurih, adalah 3 alasan mengapa seseorang bisa menyukai gorengan. Makanan sejuta umat yang sudah sejak dulu menemani masyarakat Indonesia ini memang tidak pernah membuat bosan. Selalu hadir dalam berbagai kesempatan, mulai dari acara besar, acara pengajian, sampai acara santai.

Beberapa orang juga memilih gorengan sebagai cemilan dikala senggang, seperti sebagai pelengkap ketika minum kopi. Beberapa gorengan yang kerap disantap di Indonesia di antaranya adalah tahu isi, tempe goreng, pisang goreng, ubi goreng, tape goreng, cakue, donat, cireng, martabak isi, lumpia, dan masih banyak lagi. 

Salah satu yang menjadi favorit banyak orang adalah bakwan. Umumnya kita mengenai bakwann adalah gorengan berupa adonan yang diberikan sayuran seperti toge, kol, dan wortel. Akan tetapi, lama kelamaan muncul ide bakwan dengan bahan lain, contohnya seperti bakwan makaroni

Tidak meninggalkan jati diri bakwan yang sebelumnya, bakwan dengan tambahan makaroni hadir sebagai inovasi yang baru. Ini bisa Anda jadikan ide untuk membuat bakwan yang berbeda dan unik. Supaya rasanya lebih enak, pastikan Anda menggunakan bahan-bahan yang fresh dan berkualitas.

Untuk bahan adonan, gunakan tepung bakwan yang sudah terpercaya, seperti Tepung Kobe Bakwan Kress, yang merupakan tepung khusus untuk membuat gorengan.

Ada beberapa keunggulan yang membuat tepung ini menduduki peringkat pilihan atas. Seperti pembuatannya yang berasal dari rempah asli pilihan, lalu adonan juga telah berbumbu secara lengkap.

Tekstur makanan yang dibuat dengan tepung kobe juga renyah di luar, tetapi tetap empuk di dalam. Serta pembuatannya yang tidak melibatkan pengawet dan pewarna tertentu. Berbagai tersebut yang membuat tepung Kobe selalu dicari ketika ingin membuat gorengan.

Resep Bakwan Makaroni yang Enak

Berikut ini adalah resep pembuatan bakwan makaroni yang mudah dan praktis, dengan tepung Kobe.

Bahan-bahan

  1. 300 gr makaroni bentuk siku
  2. 50 gr udang atau ayam, cincang kasar
  3. 2 lbr daun bawang, iris halus
  4. 2 bungkus Kobe Tepung Bakwan Kress
  5. 180 ml air

Cara Membuat

  1. Cuci bersih makaroni. Rebus dan tiriskan.
  2. Campurkan Kobe Tepung Bakwan Kress dengan air. 
  3. Aduk hingga rata.
  4. Masukkan makaroni, udang atau ayam cincang, dan daun bawang. 
  5. Aduk kembali hingga rata.
  6. Tuang adonan sesendok demi sesendok ke dalam minyak panas. 
  7. Goreng hingga kuning keemasan.

Tips Membuat Bakwan Makaroni Crispy Tahan Lama

Setelah mengetahui apa saja resep dan langkah pembuatannya, Anda juga harus mengetahui tips untuk membuat bakwan makaroni yang renyah dan tahan lama. Selain memilih jenis tepung yang tepat, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan.

1. Perhatikan Adonan

Dalam membuat adonan bakwan, pastikan adonan yang Anda buat dalam keadaan suhu ruang yang dingin. Sebab suhu yang dingin dapat membuat gorengan lebih renyah. Maka dari itu, gunakanlah air dengan suhu yang normal, dingin, atau air es dalam mencampur adonan. 

2. Pastikan Bahan Tidak Mengandung Banyak Air

Pastikan Anda meniriskan bahan-bahan sebelum mencampurnya ke dalam adonan. Anda juga bisa mengeringkannya dengan tisu. Kadar air yang terlalu banyak akan membuat adonan menjadi lebih lembek.

3. Tambah Bahan Perenyah

Ada beberapa bahan yang jika dicampurkan ke dalam adonan dapat membuat gorengan lebih renyah. Salah satunya seperti baking soda yang akan membuat makanan lebih ringan.

4. Menggunakan Metode Deep Frying

Deep frying adalah sebuah teknik menggoreng dengan menggunakan minyak goreng yang banyak. Tujuannya adalah supaya bahan makanan bisa terendam seluruhnya ke dalam minyak panas. 

Ini juga akan berguna supaya bahan makanan akan lebih cepat matang. Selain itu, keunggulan teknik ini adalah minyak dalam penggorengan tidak akan nyiprat kemana-mana meskipun menggunakan suhu tinggi.

Itulah cara sederhana membuat Bakwan Makaroni dengan bahan dasar tepung Kobe Bakwan Kress. Selain akan membuat rasanya lebih lezat, penggunaan tepung Kobe juga akan membuat gorengan Anda crispy dan garing lebih lama. 

Tak perlu khawatir, tepung Kobe Bakwan Kress tidak sulit ditemukan, bahan makanan yang tepercaya kualitasnya ini bisa Anda temukan dengan mudah di berbagai toko swalayan.

Untuk mendapatkan harga pembelian yang lebih hemat, Anda juga bisa membelinya melalui e commerce seperti Shopee atau Tokopedia. Akan ada banyak promo menarik yang bisa Anda dapatkan. Belanja lebih mudah, praktis, dan hemat. 

Pembelian tepung Kobe melalui online tentu akan lebih menguntungkan. Terlebih jika Anda memang membutuhkan banyak stok tepung kobe untuk membuat segala jenis gorengan. Anda bisa membelinya satuan, atau langsung dalam jumlah yang banyak.

Sebelum membeli, pastikan juga produk tepung kobe yang dibeli aman dan dapat digabung dengan promo menarik yang disediakan. Seperti promo gratis ongkos kirim, potongan harga, cashback, dan lain sebagainya.