by

Rekomendasi Wisata di Tasikmalaya, Yuk Datang Bareng Keluarga

Daerah Puncak yang berlokasi di Bogor memang jadi langganan warga Jakarta saat liburan datang. Alam cantik, makanan enak, serta suhu yang nyaman jadi paket lengkap yang ditawarkan. Tapi, jika setiap liburan selalu ke Bogor, keluarga juga akan merasakan jenuh. Kamu perlu cari alternatif wilayah lain yang tidak kalah pesonanya, contohnya adalah Tasikmalaya, Jawa Barat.

Wilayah dengan julukan Sang Mutiara dari Priangan Timur ini menawarkan berbagai wisata dengan panorama eksotis. Bisa jadi tujuan saat liburan panjang datang. Bagi yang ingin lewat jalur darat dari Jakarta ke Tasikmalaya atau sebaliknya, bisa memilih naik bus PO Primajasa. Kamu bisa pesan PO bus Primajasa via Traveloka dan dapatkan promo menariknya.

Jika masih belum memiliki pandangan akan pergi ke mana saat jelajah Tasikmalaya, yuk cek di sini deretan wisata menariknya. Ada kawah, sungai eksotis, taman cantik, pemandian air hangat, sampai air terjun.

  1. Kawah Karaha Bodas

Tidak hanya Bandung saja menawarkan wisata kawah putih, Tasikmalaya juga. Namanya adalah Kawah Karaha Bodas. Ini merupakan sebuah kawah dari gunung api muda, sehingga akan tercium aroma belerang yang cukup menyengat. Sekeliling mata memandang, kamu akan melihat panorama bebatuan dan tanah putih.

Dilengkapi juga dengan teduhnya pohon pinus, membuat nuansanya jadi sangat eksotis. Banyak anak muda datang ke sini untuk berburu foto, bermain air hangat, bersantai di gazebo, dan makan di warung-warung sekitarnya. Alamatnya berada di Kadipaten, Tasikmalaya.

  1. Tonjong Canyon

Lokasi selanjutnya adalah Tonjong Canyon yang dijuluki sebagai “Green Canyon” dari Tasikmalaya. Yakni perpaduan cantik antara air warna hijau tosca, bebatuan purba yang seakan berjajar rapi, lengkap dengan tumbuhan di sekitarnya. Wisata ini sudah dikenalkan sejak tahun 2015, sekarang menjadi salah satu favorit untuk menghilangkan penat.

Fasilitasnya juga memadai, ada gazebo, wahana wisata, persewaan pelampung, sampai paket makanan. Lokasi Tonjong Canyon ini berada di Desa Nagrog, Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya. Untuk menuju ke lokasinya, kamu perlu melakukan perjalanan kurang lebih 30 menit dari tiket masuknya. Supaya tidak kesasar, kamu bisa menyewa pemandu wisata.

  1. Curug Agung Galunggung

Pesona keindahan alam Tasikmalaya memang seakan tidak ada habisnya, termasuk Curug Agung Galunggung. Ini merupakan sebuah air terjun dengan ketinggian 80 meter.

Selain keindahan panoramanya, kamu bisa menyaksikan warna-warni air terjun yang telah dipasang lampu LED di belakangnya. Warnanya mulai dari merah, hijau, kuning, dan juga biru.

Baik terang atau malam, keindahan air terjun yang terletak di Linggajati, Sukaratu, Tasikmalaya ini pantas disaksikan. Meski dibilang panorama yang disuguhkan cukup mengesankan, namun tiket masuknya juga sangat terjangkau. Kamu bisa menikmati keindahannya dengan tiket masuk Rp 15.000 saja.

  1. Pemandian Citiis Galunggung

Bagi yang ingin sekadar relaksasi dan lokasinya masih dekat dengan Curug Agung Galunggung, ada Pemandian Citiis yang bisa jadi tujuan. Di sini, kamu bisa berendam di kolam air hangat. Meski sederhana, namun tempat ini hampir selalu dipadati oleh pengunjung saat musim liburan datang.

Selain pemandian air hangat, di sini juga sudah ada beberapa fasilitas memudahkan. Misalnya saja ruang ganti, gazebo, mushola, orang jualanan makanan, parkir luas, penyewaan tenda, dan juga listrik yang memadai. Letaknya ada kaki Gunung Galunggung, Kampung Citiis, Desa Padakembang, Tasikmalaya.

  1. Pantai Karang Tawulan

Tasikmalaya juga memiliki beberapa pantai dengan panorama yang mengagumkan. Salah satunya adalah Pantai Karang Tawulan yang akan mengingatkanmu dengan keindahan Tanah Lot, yang berada di Bali. Keindahan khas pantai, dipadu dengan sunset dan sunrise akan membuat kamu betah berada di sini.

Semakin ke sini, pihak pengelola terus berinovasi menambahkan beberapa spot Instagramable. Bagi kamu yang ingin foto-foto, sudah ada tempatnya. Bertujuan untuk wisata kuliner? Di sekitar pantai ini ada beberapa warung yang akan membuatmu kenyang. Alamatnya, berada di Cimanuk, Kalapagenep, Cikalong, Tasikmalaya.

  1. Taman Wisata Karang Resik

Selanjutnya ada Taman Wisata Karang Resik yang berada di sisi Sungai Citanduy. Di sini kamu bisa merasakan wisata sejarah, edukasi, kuliner, sekaligus rekreasi. Alamat pastinya, berada di Jl. Dr. Moh Hatta No. 331, Sukamanah, Cipedes, Tasikmalaya. Ini merupakan taman bermain yang menawarkan banyak sekali hal menarik.

Beberapa hal yang menarik, misalnya saja Istana Tanaman Hias, Wahana Wonderful, Wonderland, Rumah Pintar Polisi, Farm House, sampai Taman Bunga. Fasilitasnya juga lengkap, ada toilet, parkir, mushola, tempat jajakan makanan, dan lainnya. Luas lahannya sendiri ada 32 hektar, jadi siapkan alas kaki yang nyaman supaya liburan tetap menyenangkan.

Ternyata banyak juga wisata dengan panorama eksotis di Tasikmalaya. Supaya liburan makin berkesan, kamu bisa coba naik transportasi bus dengan berbagai fasilitasnya. Selain bisa bertemu dengan banyak orang, kamu akan menikmati banyak panorama cantik sepanjang perjalanan.

Supaya liburan makin mudah, serahkan urusan pesan tiket akomodasi ke Traveloka, bisa pesan jauh-jauh hari dan dapatkan harga terbaik. Jika pesan jauh-jauh hari, kamu juga bisa dengan leluasa memilih tempat duduk. Baik di dekat lorong atau ingin bersandar di dekat jendela, semuanya bisa.