by

Pengertian, Prinsip dan Cara Kerja VPS

Pemilihan hosting yang tepat untuk website yang kamu miliki tentu saja perlu dipertimbangkan secara matang. Misalnya saja kamu wajib memilih VPS murah Indonesia yang walaupun harganya terjangkau masih bisa memberikan kinerja atau performa yang sangat baik.

VPS itu sendiri, merupakan salah satu dari beberapa hosting yang cukup umum digunakan. Selain VPS ada jenis hosting lain seperti shared hosting, dedicated hosting, dan juga cloud hosting. Setiap jenis hosting punya kelebihannya tersendiri.  

Dalam artikel ini, kami akan secara khusus membahas lengkap tentang pengertian sampai cara kerja dari VPS hosting. Dengan tahu cara kerja sekaligus pengertiannya, nantinya kamu bisa menjadikan VPS hosting sebagai pilihan. Bisa dikatakan, ada cukup banyak kelebihan yang dapat kamu rasakan jika memilih VPS hosting.

Pengertian VPS Hosting

Pemilihan VPS hosting memang paling tepat untuk kamu yang tidak punya banyak modal. Kamu bisa beli hosting murah dan bahkan lebih murah dibandingkan memilih jenis hosting lainnya.

Adapun VPS hosting itu sendiri merupakan singkatan dari Virtual Private Server. Ia merupakan salah satu jenis hosting yang bisa dipakai untuk membuat suatu website. Kalau dipandang dari segi nama, hosting ini berada di atas shared hosting.

Dengan kata lain, VPS juga bisa kamu gunakan beberapa orang sekaligus. VPS itu sendiri adalah server virtual yang tidak punya bentuk fisik. Namun, VPS jadi pilihan banyak orang lantaran banyak orang bisa beli hosting murah satu ini.

Dibandingkan dengan dedicated server, jelas saja VPS hosting bisa diperoleh dengan harga yang terbilang murah. Demi bisa memahaminya, sebenarnya sangat tepat kalau kamu juga belajar tentang dedicated server itu sendiri.

Namun, kalau kamu sudah memilih VPS hosting tentu saja tidak masalah. Selanjutnya kamu juga perlu memahami bagaimana cara kerja dari jenis hosting satu ini. Tapi jangan lupa kalau kamu harus memilih VPS hosting yang tepat.

Jika memilih VPS hosting Indonesia yang tepat, maka kamu bisa memperoleh akses root ke dalam suatu server. Dengan hal tersebut, kamu bisa memasang aplikasi serta melakukan sejumlah perubahan tanpa perlu lagi melibatkan peran dari penyedia hosting.

Prinsip dan Cara Kerja VPS Hosting

Seperti yang sudah kami katakan sebelumnya, jika kamu sudah memilih VPS hosting maka ada baiknya untuk lanjut mengetahui tentang prinsip dan cara kerjanya. Dengan begitu, kamu bisa tahu bahwa pemilihan VPS hosting yang kamu lakukan sudah merupakan langkah yang tepat.

Secara mendasar, VPS hosting Indonesia memiliki prinsip dan cara kerja yang tidak jauh berbeda dengan server fisik. Namun, VPS ini sifatnya virtual sesuai dengan nama yang tersemat padanya.

Berbicara mengenai prinsipnya, VPS itu sendiri adalah perangkat server virtual yang memungkinkan pengguna mendapatkan berbagai kebutuhan sesuai dengan permintaannya sendiri.

Adapun cara kerjanya dimulai dengan alur dari server fisik terlebih dahulu. Ya, server utama dari VPS ini memang masih membutuhkan server fisik. Biasanya server berupa komputer yang nantinya akan divirtualisasikan.

Nantinya, server itulah yang akan menjadi ‘rumah’ di mana kamu serta semua user VPS menyimpan database yang memang dibutuhkan oleh suatu website. Kemudian, browser yang kamu pakai akan mengirim permintaan pada server.

Lalu, server VPS hosting Indonesia akan melayanimu sesuai dengan permintaan. File kemudian akan ditransfer pada pengunjung lewat jaringan komputer. Ketika ada proses menerima lalu mengirim service, di situlah sebenarnya VPS bekerja.

Jadi, VPS mempunyai tugas untuk menerima serta mengirimkan suatu layanan pada user. Di sini, setiap pengguna bisa mendapatkan respon dari VPS yang kaitannya langsung dengan server.

Selain itu juga memberikan file yang diminta lewat internet atau suatu jaringan komputer. VPS ini sangat berguna sebagai peniru dari server fisik yang sifatnya pribadi serta tidak terpengaruh oleh adanya pengguna VPS lain yang juga memakainya secara bersamaan.

Kelebihan Menggunakan VPS Hosting

Ada sejumlah kelebihan yang bisa kamu peroleh jika menggunakan VPS hosting. Untuk tahu lebih lanjut, cek uraian ini:

1. Peningkatan Performa

Kelebihan VPS pertama adalah bisa meningkatkan performa dari website. Kapasitas serta pemrosesan VPS akan membuat website milikmu memiliki loading yang cepat ketika ada pengunjung yang mengaksesnya.

Hal ini kemudian juga akan meningkatkan engagement, ranking website, dan bahkan bisa juga meningkatkan conversion rate dari website yang kamu miliki.

2. Kontrol Lebih

Biasanya para pengguna hosting kurang memiliki akses penuh terhadap lingkungan root server yang mereka gunakan. Tanpa adanya akses itu, setiap pemilik website masih harus bergantung kepada software yang disarankan oleh penyedia hosting.

Namun, software yang tidak mendapatkan dukungan dari penyedia hosting dapat menyebabkan masalah keamanan. Beda dengan penggunaan VPS. Kamu bahkan bisa mengimplementasikan adanya perubahan software sesuai dengan yang dibutuhkan.

3. Hemat Biaya

Ini juga menjadi alasan mengapa kamu harus mempertimbangkan penggunaan hosting VPS. Salah satu alasan utamanya adalah karena layanan hosting ini memang lebih terjangkau. Teknologi virtual yang ada, akan membuatmu tidak banyak keluar biaya.

Kesimpulan Guna mendapatkan layanan VPS hosting yang berkualitas, memilih penyedia layanan hosting terbaik harus dilakukan. Misalnya saja dengan memakai layanan dari Niagahoster  untuk bisa beli hosting murah dan berkualitas.