by

Objek Wisata Pantai Karangsong Indramayu Jawa Barat

Sejarah Pantai Karangsong Indramayu

Kawasan Pantai Karangsong dibuka resmi pada tahun 2015. Akan tetapi penanaman bakaunya sudah dilakukan sejak tahun 2008, hutan mangrove tersebut berfungsi sebagai penahan abrasi yang di akibatkan gelombang air laut yang pasang. Pantai Karangsong juga sebagai tempat berlabuhnya perahu-perahu nelayan setelah pergi menangkap ikan.

Hutan mangrove Karangsong sendiri adalah Kawasan konservasi yang diproyeksikan untuk memberi edukasi kepada para wisatawan, terhadap kelestarian ekosistem lingkungan. Selain bisa menikmati keindahan Kawasan hutan mangrove wisatawan juga bisa mengamati satwa liar yang hidup di sekitar Daerah pantai.

Letak Lokasi wisata Karangsong Indramayu

Lokasi pantai Karangsong terletak di sebelah utara Kota Indramayu berada di Desa Karangsong, Kec. Indramayu, Kab, Indramayu Jawa barat sekitar 8 Km dari arah Timur Laut Kota Indramayu.

Rute Lokasi Wisata Karangsong Indramayu

Untuk bisa sampai ke pantai Karangsong, jika dari arah Cirebon bisa mengambil posisi di bundaran Kijang lalu belok kanan ke jalan Pahlawan. Namun jika dari arah Jakarta bisa lewat melalui jalan Jatibarang lalu menuju pusat kota Indramayu dengan melewati Bundaran  Mangga lalu ambil kanan dan bertemu dengan bundaran Kijang.

Jam Oprasional Wisata Karangsong Indramayu

Kawasan Ekowisata Pantai Karangsong terbuka untuk Umum yang dapat di kunjungi setiap hari, yang buka dimulai dari  pukul 10.00 WIB sampai pukul 18.00 WIB

Harga Tiket yang Pantai Karangsong

Pihak pengelola Ekowisata Pantai Karangsong mengenakan kebijkan harga tiket dilihat dari jenis kendaran yang di bawa pengunjung. Untuk jenis kendaraan bermotor dikenakan biaya tiket sebesar Rp. 5.000,- sedangkan untuk jenis kendaraan roda 4 dikenakan biaya tiket sebesar Rp. 10.000,-. Kendaraan akan diparkir di tempat parkir yang telah disediakan oleh pihak pengelola wisata. Jadi anda tidak perlu khawatir tidak mendapat tempat parkir karena lahan parkir yang luas

Fasilitas yang ada di Pantai Karangsong

Penataan fasilitas di Pantai Karangsong sudah tertata dengan apik dan lengkap warga sekitar juga sudah peduli dengan ekowisata Pantai Karangsong dengan cara ikut serta merawat lingkungan sekitar Pantai Karangsong. Ekowisata Pantai Karangsong Juga disebut-sebut telah didukung oleh Pertamina dan beberapa kegiatan CSR dari berbagai Koperasi.

Fasilitas dasar yang ada di Pantai Karangsong sepperti Mushola, toilet, yang tersedia sehingga para pengunjung tidak perlu khawatir akan hal itu. Fasilitas yang sangat mendukung untuk wisatawan adalah perahu untuk keliling area wisata Pantai Karangsong. Semuanya memiliki tampialn yang apik dan siap dimanfaatkan oleh pengunjung wisata pantai Karangsong

Yang menarik dari Pantai Karangsong

  • Ekowisata Hutan Mangrove

Pantai Karangsong sangat Unik, yaitu salah satu pantai yang menyuguhkan Keindahan Wisata Hutan Mangrove-nya, keunikan lainya yaitu saat kita menuju ke pantai-nya terdapat pengrajin-pengrajin perahu  kayu kecil maupun besar.

Tak hanya menikmati keindahan hutan dan pantai pengunjung juga mengamati burung-burung yang hinggap di pohon dan akar mangrove, terdapat 37 spesies burung yang ada di ekowisata Pantai Karangsong diantaranya, burung Kuntul, Kowak, Canggak Merah, dan Dara Laut.

  • Keindahan Pantai Karongsong

Pasir Hitam di pantai Karangsong yang sangat indah dari bibir pantai pengunjung bisa bermain-main air laut dan menikmati keindahan Laut Jawa sembari menikmati deburan ombak yang tenang. Di sepanjang pantai terdapat saung kecil untuk meneduh para pengunjung yang terpapar sinar matahari serta bisa menikmati kuliner ikan bakar yang khas dari wilayah pesisir seperti kerang hijau.

News Feed