Niat dan Manfaat Puasa Senin Kamis

Gaya Hidup83 views

Sesuatu niat untuk melakukan puasa Senin-Kamis pasti itu saja bernilai ibadah, walaupun puasa Senin Kamis ialah puasa sunah, namun puasa ini istimewa karena sering dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW semasa Baginda Hidup.

Untuk tata cara melakukan puasa Senin Kamis tidaklah jauh berbeda dengan puasa sunah lainnya. Dan hukumnya jika melakukan puasa Senin Kamis, maka akan mendapatkan pahala dari Allah SWT. Namun jika tidak dilakukan, maka orang tersebut tidak akan berdosa karena bukan sesuatu yang wajib (sunah).

Keutamaan-keutamaan Puasa Senin Kamis

Keutamaan-keutamaan Puasa Senin Kamis yakni puasa yang dikerjakan langsung oleh Nabi Muhammad SAW.

Diriwayatkan oleh Abu Hurairah, yakni (“Bahwasanya Nabi Muhammad lebih sering berpuasa pada hari Senin dan Kamis. Amalan-amalan manusia diajukan kepada Allah setiap hari Senin dan Kamis, maka saya senang apabila amalan saya (pada hari tersebut) dan saya berpuasa pada hari tersebut.”) (H.R. Ahmad).

Kemudian dari riwayat di atas, kita bisa simpulkan bahwa Senin dan Kamis juga merupakan hari istimewa untuk semua hamba Allah SWT. Yakni pada dua hari tersebut, amalan seseorang juga akan diajukan oleh malaikat kepada Allah. Sehingga oleh karenanya, Rasulullah juga memilih berpuasa pada hari-hari penting itu, dan demikian seperti dilansir dari laman situs-situs religi.

Bacaan Untuk Niat Puasa Senin Kamis

Ketika ingin menjalan puasa Senin Kamis, maka untuk hal yang pertama harus dilakukan adalah membaca niat.

Dan dibawah ini lafal bacaan niat puasa Senin Kamis yakni dalam bahasa Arab:

Niat Puasa untuk Hari Senin:

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Bacaan Latin: Nawaitu Shouma Yaumal Itsnaini Sunnatal Lillaahi Ta’aalaa

Yang punya arti (“Saya niat puasa hari Senin, sunnah karena Allah ta’ala.”)

Niat Puasa untuk Hari Kamis:

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Bacaan Latin: (Nawaitu Shouma Yaumal Khomiisi Sunnatal Lillaahi Ta’aalaa)

Yang artinya, (“Saya niat puasa hari Kamis, sunnah karena Allah ta’ala.”)

Namun berkaitan mengenai waktu membacanya, niat puasa pada hari Senin Kamis ini yakni tidak wajib dilakukan pada malam sebelum menjalankan puasa tersebut.

Karena hal ini berbeda dengan puasa pada bulan Ramadan yang niatnya harus wajib disampaikan sebelum mengerjakannya. Namun yang terpenting pada puasa Senin Kamis adalah pada hari itu belum makan, minum, ataupun menjalankan beberapa perkara yang bisa membatalkan puasa.

 Manfaat-manfaat Puasa Senin Kamis

Banyak sekali manfaat yang akan didapatkan saat seseorang menjalankannya, tidak hanya bernilai ibadah setelah niat puasa Senin Kamis, berikut ini juga ada beberapa manfaat lainnya yang bisa diperoleh misalnya seperti:

1. Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Ini karena puasa dapat menjadi cara yang aman untuk dapat menurunkan berat badan karena banyak penelitian juga telah menunjukkan bahwa ketika berpuasa, maka memungkinkan tubuh membakar sel-sel lemak agar lebih efektif daripada hanya diet biasa saja.

2. Dapat Meningkatkan Sensitivitas Insulin

Kemudian manfaat puasa juga terbukti memiliki efek positif pada sensitivitas insulin, yang memungkinkan untuk menoleransi karbohidrat atau (gula) lebih baik daripada tidak berpuasa lho. Sebuah penelitian juga telah menunjukkan bahwa setelah periode puasa, insulin juga menjadi lebih efektif dalam memerintahkan sel untuk mengambil glukosa dari darah.

3. Dapat Mempercepat Metabolisme Dalam Tubuh

Puasa juga memberi istirahat pada sistem pencernaan di tubuh, dan hal ini dapat memberi energi metabolisme untuk bisa membakar kalori lebih efisien. Jika pencernaan kamu buruk, ini juga dapat memengaruhi kemampuan seseorang untuk memetabolisme makanan dan membakar lemak lho.