by

Manfaat Penerapan Sistem Informasi di Sekolah

Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan, sebuah lembaga pendidikan hendaknya  memiliki Sistem Informasi yang dapat membantu sekolah dalam mengelola kegiatan belajar mengajar dengan efektif dan efisien. Dengan memiliki Sistem Informasi Sekolahan  ini, maka lembaga pendidikan dapat menyajikan berbagai macam informasi sesuai kebutuhan.

Adapun berbagai manfaat penerapan sistem informasi sekolah yang di jelaskan oleh Edunav diantaranya adalah:

Memudahkan pengelolaan data

Pengelolaan data akademik maupun non akademik menjadi lebih efektif dan efisien karena data-data tersebut menjadi lebih tersusun rapi dan terstruktur di sistem informasi sekolah yang sudah terintegrasi. Tentunya hal tersebut dapat memudahkan guru dan staff sekolah dalam proses pengelolaannya.

Penyimpanan database sekolah

Melalui sistem informasi manajemen sekolah, pihak sekolah dapat menyimpan database sekolah mulai dari data siswa,guru serta karyawan yang terdiri dari data akademik, sistem kurikulum, administrasi, aset sekolah dll

Meningkatkan pelayanan pendidikan

Secara sederhana penerapan sistem informasi di sekolah ini dapat menjadi sebagai sarana komunikasi atau media penghubung antara warga sekolah, orang tua siswa, dan masyarakat, kapanpun dimanapun tanpa kendala waktu dan tempat, tentunya hal ini akan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kualitas sekolah.

Memantau perkembangan pendidikan siswa secara akurat

Dengan adanya sistem informasi sekolah melalui sistem informasi akademik yang terintegrasi menjadikan transparansi informasi kepada publik menjadi lebih baik dan tentunya mempermudah orang tua maupun siswa dalam memantau perkembangan akademik di sekolah.

Manajemen Ujian yang Baik

Salah satu fitur yang membuat sistem informasi sekolah penting adalah bagaimana mengatur ujian. Tidak semua sekolah menyukai ujian pilihan ganda. Bisa jadi ada sekolah yang menyukai ujian berbentuk esai. Apapun bentuknya, sistem harus bisa mengakomodasi kebutuhan tersebut.

Siswa dapat melakukan ujian di dalam sistem maupun di luar sistem. Jika siswa melakukan ujian di luar sistem, proses penilaian dan hasil masih bisa tetap terhitung di dalam sistem. Nilai raport juga bisa terhitung di dalam sistem berdasarkan nilai harian dan nilai ujian yang ada.

Lebih lanjut, adanya pandemi juga memaksa agar pembelajaran dapat terlaksana secara tidak langsung. Oleh karena itu, penggunaan manajemen e-learning menjadi hal yang penting karena memudahkan untuk melakukan monitoring perkembangan siswa hingga mengelola tugas dan kuis.

Demikian tadi beberapa manfaat dari penerapan sistem informasi di sekolah. Jadi sudahkah sekolah Anda menerapkan Sistem Informasi di Sekolah?