by

Manfaat dan Keutamaan Bersedekah

Saat melihat orang yang membutuhkan, Islam mewajibkan umatnya untuk bersedekah serta meringankan beban mereka. Ini didasarkan pada tenggang rasa bagi sesama umat serta kemanusiaan.

Selain membantu sesama umat, ternyata ada banyak manfaat lain yang akan diperoleh jika kita mau bersedekah. Berikut ini beberapa manfaat dan keutamaan sedekah bagi mereka yang melakukannya.

Manfaat  dan Keutamaan Bersedekah

  1. Menyucikan diri

Dengan menyedekahkan sebagian harta yang dimiliki, maka dosa-dosa mereka yang mau bersedekah akan segera dihapuskan. Ini tentu saja bisa dituai apabila dilakukan dengan taubat atas perilaku dosa yang pernah dilakukan serta diiringi dengan melakukan berbagai kebaikan.

  1. Mendapat pahala yang berlipat ganda

Bersedekah adalah tindakan yang sangat mulia dan dihargai oleh Allah SWT. Hikmah sedekah yang utama yaitu mendapatkan banyak pahala. Jika kita melakukan sedekah, maka pahala yang sudah kita miliki akan dilipatgandakan.

Pahala yang akan diperoleh akan jauh lebih besar apabila sedekah tersebut benar-benar dilakukan secara murni dari hati tanpa mengharapkan pamrih atau diketahui orang lain. Sehingga, tidak akan ada unsur riya’ atau ingin berperilaku sombong dengan harta yang disedekahkan.

  1. Memperoleh imbalan yang berlipat-lipat

Selain memperoleh pahal serta membantu membersihkan diri dari berbagai dosa, manfaat dan keutamaan sedekah juga mampu mendatangkan rezeki dengan sangat melimpah.

Jangan takut akan jatuh miskin atau kehabisan harta setelah bersedekah, sebab Allah SWT telah menjanjikan bahwa balasan rezeki yang akan dilipatgandakan baik itu dalam bentuk uang maupun bentuk rezeki yang lain.

  1. Terhindar dari marabahaya

Salah satu jenis rezeki yang tidak bisa terukur dengan materi adalah terhindar dari marabahaya. Rasulullah SAW pun bersabda yang intinya sedekah mampu menutup 70 pintu kejahatan serta musibah atau bencana tidak bisa mendahului sedekah.

  1. Memberikan ketenangan hati

Sedekah bisa menciptakan ketenangan hati. Saat bersedekah, pasti muncul rasa bahagia sebab sudah berbagi kebahagiaan bagi mereka yang membutuhkan. Kemudian, hati akan merasa lebih lapang dan tenang sebab beban-beban bisa terangkat sekaligus tergantikan dengan rasa bahagia telah membantu sesama.

  1. Sebagai jaminan di hari akhir

Orang yang mau bersedekah adalah orang yang masuk pada golongan mendapatkan naungan pada hari akhir. Artinya, saat hari akhir tiba serta tidak ada yang dapat melindungi dari panasnya sinar matahari, maka orang yang suka bersedekah dengan hati yang ikhlas dalam hidupnya akan ada dibawah naungan menyejukkan.

  1. Terbebas dari ancaman siksa kubur

Saat sudah ada di dalam kubur serta menunggu datangnya hari kiamat, ada pertanyaan perihal kehidupan di dunia yang perlu dipertanggungjawabkan. Apabila banyak melakukan perbuatan yang dilarang oleh Allah SWT serta tidak pernah melakukan kebaikan, maka akan ada siksa kubur guna membersihkan dosa-dosa yang dilakukan semasa hidup.

Ketika waktu tersebut tiba, sedekah yang sudah pernah dilakukan saat di dunia bisa membantu menyelamatkan umat dari siksa kubur.

  1. Membantu menyembuhkan orang yang sakit

Ada banyak orang yang ditakdirkan untuk sakit, akan tetapi hidup dalam finansial yang tidak berkecukupan. Dengan bersedekah pada orang yang memerlukan, anda bisa sedikit mengangkat beban yang mereka rasakan. Misalnya dengan memberikan uang untuk membeli obat ataupun mengantarkan orang sakit tersebut untuk berobat.

  1. Memperpanjang umur

Sedekah diyakini bisa memperpanjang umur seseorang. Ini dikarenakan kualitas hidup seseorang akan meningkat apabila suka bersedekah. Mereka akan merasa lebih tenang serta terhindar dari segala marabahaya maupun bentuk kejahatan yang mengintai.

Demikian manfaat sedekah yang bisa diperoleh untuk kebaikan di dunia dan diakhirat. Bersedekahlah dengan hati yang ikhlas untuk mendapatkan manfaat yang telah dijanjikan oleh Allah SWT.

Sumber: https://islamiques.net/

News Feed