by

Kandungan Nutrisi dalam Sekam Bakar yang Baik untuk Tanaman

-Bisnis-22 views

Sekam bakar atau yang biasa dikenal sebagai arang sekam sering digunakan sebagai media tanam murni tanpa campuran karena sudah memiliki kandungan yang lengkap. Beda halnya dengan sekam mentah yang harus dicampur dengan cocopeat agar lebih maksimal.

Bahkan sekam padi bakar juga sangat cocok dijadikan sebagai media hidroponik dan campuran media tanam yang berbasis tanah. Namun tahukah Anda apa saja kandungan yang terdapat di dalam sekam padi bakar ini? Dan apa saja khasiatnya untuk tumbuhan yang ditanam?

Kandungan Nutrisi dalam Sekam Bakar

sekam padi bakar ternyata dapat menjadi alternatif yang paling efektif pengganti tanah sebagai media tanam karena kandungan sekam bakar sendiri sangat beragam dan baik untuk menjaga kesuburan tumbuhan yang Anda budidayakan.

1.     Kandungan Unsur

Arang sekam memiliki kandungan unsur C senilai 31%, dan SiO2 sebanyak 5%. Ditambah dengan komposisi lainnya seperti MgO, K2O, Fe203, MnO, CaO, dan Cu dalam jumlah yang terbilang cukup sedikit dalam kandungan sekam padi bakar.

2.     Kandungan Hara

Tidak hanya itu, sekam bakar juga diperkaya dengan kandungan hara yang beragam. Anda dapat menemukan kandungan seperti:

  • Nitrogen atau N senilai 0,32%
  • Kalsium atau Ca senilai 0,96%
  • Phosphat atau P senilai 0,15%
  • Kalium atau K senilai 0,31%
  • Fe senilai 10 ppm
  • Mn senilai 8,4 ppm
  • Zn dengan kandungan 14.10 ppm

3.     Kandungan pH

sekam padi bakar cenderung memiliki tingkat pH yang tinggi yaitu sekitar 8,5 sampai 9,0. Dengan kandungan pH yang cukup tinggi ini mampu membantu tanah agar tetap gembur, sehat, dan terhindar dari racun yang membahayakan akibat zat kimia.

4.     Kandungan Silika

Seperti yang sudah kami bahas sebelumnya bahwa manfaat sekam bakar untuk tanaman sebagai media tanam sangat baik. Hal ini karena sekam padi bakar memiliki kandungan Silika atau Si yang cukup tinggi yaitu sekitar 16,98%.

Meskipun Silika bukan merupakan unsur terpenting dan tidak termasuk ke dalam unsur hara, tetapi dengan adanya unsur Silika dalam sekam padi bakar mampu memperbaiki fisik tanaman dan mempengaruhi kelarutan P dalam tanah. Jika unsur Silika ini tidak sampai 5%, maka tanaman tidak akan kuat dan mudah roboh.

Nah jika dilihat dari bagaimana kandungan yang ada di dalam sekam bakar tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa jenis media tanam yang satu ini sangat cocok untuk budidaya tumbuhan apapun. Anda juga bisa memadukannya dengan sistem penanaman hidroponik agar lebih menguntungkan.

Keunggulan Sekam Bakar Sebagai Media Tanam Hidroponik

Jika Anda hendak mencoba membudidayakan tanaman menggunakan media sekam padi bakar, sebaiknya ketahui terlebih dulu apa saja keunggulannya. Hal ini bertujuan agar Anda semakin yakin dan semangat untuk mulai menanam tumbuhan yang diinginkan.

Langsung saja simak beberapa keunggulan menggunakan sekam bakar sebagai media tanam hidroponik berikut ini khusus untuk Anda.

  1. Menyuburkan tanah dan juga tumbuhan yang ditanam
  2. Meningkatkan produksi tanaman
  3. Menjaga kondisi tanah agar tetap gembur karena memiliki kandungan porositas yang tinggi dan juga ringan
  4. Memacu pertumbuhan mikroorganisme yang berguna untuk tanaman
  5. Mempertahankan kelembaban
  6. Mengatur kadar pH dalam tanah pada saat-saat tertentu
  7. Sebagai absorban guna menekan jumlah mikroba patogen
  8. Meningkatkan daya serap dan daya ikat terhadap air

Nah apakah kini Anda sudah semakin yakin untuk mulai membudidayakan tumbuhan menggunakan sekam bakar? Anda bisa langsung membeli produk sekam padi bakar di website Tanami.co.id atau hubungi whatsApp 0812-1233-3590 (Maria) dengan kualitas terbaik dan tentunya dengan harga yang terjangkau pula.