by

Inilah Tips Memulai Usaha Jual Pulsa Agar Lebih Murah dan Praktis Kamu Bisa Beli di Family Pulsa

-Bisnis-13 views

Saat ini, kebutuhan masyarakat akan pulsa dan paket internet semakin meningkat. Hal ini menyusul penggunaan ponsel pintar yang semakin merebak. Seperti tak memandang usia, anak-anak, remaja, orang dewasa, hingga lansia, semua memiliki ponsel pintar.

Tak heran jika penjual pulsa dan paket internet mendapatkan semakin banyak keuntungan. Apakah Anda tertarik untuk terjun di bisnis ini? Sebelum memulai bisnis pulsa, sebaiknya Anda pahami usaha ini secara lebih mendalam. Anda juga harus tahu tips memulai usaha jual pulsa supaya bisnis Anda terhindar dari gulung tikar.

Mengapa Bisnis Pulsa?

Komunikasi adalah hal paling mendasar yang dilakukan manusia sebagai makhluk sosial. Berbagai macam bentuk komunikasi dimulai sejak munculnya bahasa. Kemudian manusia mengenal surat menyurat. Selalu ada perkembangan dan penemuan baru yang tujuannya memudahkan komunikasi.

Mulai dari surat menyurat, telegram, dan telepon. Setelah itu muncullah telepon genggam atau ponsel yang jauh lebih praktis. Saat ini manusia telah mengenal media sosial untuk berkomunikasi. Media sosial dapat dioperasikan bila ada internet. Dan internet bisa diakses apabila Anda memiliki pulsa.

Kebutuhan masyarakat akan pulsa dan paket data internet selalu meningkat setiap hari. Hal ini  dapat  dijadikan peluang bisnis yang menjanjikan. Melihat kondisi saat ini, bisnis konter pulsa memiliki umur yang masih panjang dan belum akan ‘redup’ dalam waktu dekat.

Dahulu pulsa hanya dipakai untuk telepon dan pesan singkat. Namun populernya internet mengubah penggunaan pulsa.

Tips Memulai Usaha Jual Pulsa untuk Pemula

Apa saja tips yang sebaiknya dilakukan untuk memulai usaha jual pulsa?

1. Memilih Distributor Pulsa

Hal paling penting yang harus dilakukan calon penjual pulsa yaitu memilih distributor atau agen. Distributor merupakan tangan kedua dan Anda menjadi perantara sebelum sampai pada konsumen.

Mengecewakan merupakan satu hal yang harus dihindari dalam menjalankan bisnis. Oleh sebab itu, Anda harus memilih distributor yang terpercaya.

Kenali agen pulsa dari reputasinya. Bila perlu, bertanyalah kepada teman yang sudah berbisnis jual pulsa sebelumnya. Biasanya, ‘pemain’ lama sudah banyak mengetahui berbagai agen dan reputasinya.

Tidak hanya kepercayaan, Anda juga harus memilih agen pulsa yang servernya stabil. Artinya, agen yang sebaiknya dipilih adalah agen yang jarang atau sama sekali tidak pernah terjadi masalah jaringan.

2. Harga yang terjangkau

Masyarakat sangat menyukai harga barang yang lebih murah. Jika ingin bisnis Anda lebih banyak pelanggan, berikan harga jual yang sedikit lebih rendah dari pada harga pasaran. Nah jika kmu beli pulsanya di family pulsa, kamu akan mendapatkan harga yang terjangkau.

Menekan harga jual juga jangan sampai membuat Anda rugi. Lalu bagaimana cara yang harus ditempuh? Carilah distributor atau agen pulsa yang harganya lebih murah.

Jika Anda mendapatkan harga “barang” lebih murah, tentu saja Anda bisa menjualnya dengan lebih murah pula. Sehingga Anda tetap mendapatkan keuntungan meskipun harga jual lebih rendah dari pesaing.

Lakukan survei atau riset sederhana untuk mengetahui harga pulsa di sekitar Anda sebelum menentukan harga jual. Anda bisa mencoba membeli pulsa di beberapa konter dan membandingkannya.

3. Pelayanan yang baik

Selanjutnya, tips memulai usaha jual pulsa yaitu memberikan pelayanan  yang baik. Harga murah saja tak cukup. Orang akan malas datang jika pelayanan yang diberikan buruk.

Hal yang sebaiknya Anda lakukan yaitu bersikap ramah kepada calon pembeli. Menyapa dan tersenyum kepada setiap pembeli yang datang bisa membuat pembeli merasa disambut.

Apabila ada konsumen banyak bertanya dan berbicara, hadapilah dengan sabar. Jawab setiap pertanyaan yang dilontarkan pembeli. Anda juga sebaiknya menjaga agar pembeli tidak terpancing emosinya.

Meskipun Anda bersikap ramah, jangan lupa untuk selalu waspada. Di luar sana banyak sekali kejahatan dengan berbagai macam modus.

Contoh paling sederhana yaitu utang ketika membeli pulsa namun tak kunjung dibayar juga.