Ini Dia, Manfaat Konsultasi Psikologi untuk Kesehatan Mental

Gaya Hidup14 views

Konsultasi psikologi merupakan salah satu cara untuk mengatasi masalah atau gangguan mental. Namun, tak sedikit orang yang merasa malu dan menganggap bahwa konsultasi dengan psikolog hanya untuk orang dengan gangguan jiwa. Padahal, kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik.

Konsultasi psikologi adalah kegiatan komunikasi dua arah antara pasien dan psikolog untuk mencari solusi atas masalah perasaan, perilaku, atau gangguan mental yang dialami pasien.

Solusi ini diberikan berdasarkan kondisi kejiwaan dan cara berpikir pasien serta pengaruhnya terhadap perilaku pasien yang dinilai psikolog selama konsultasi.

Apa Manfaat Konsultasi Psikologi?

Konsultasi psikologi dapat membantu Anda menyelesaikan masalah dan keluhan, terutama yang berkaitan dengan perasaan, emosi, sosial, dan perilaku.

Sebelum sesi konseling, seorang psikolog akan menjalin hubungan baik dan rasa saling percaya sehingga Anda bisa lebih terbuka untuk menceritakan masalah yang dihadapinya.

Berikut ini adalah hal-hal yang bisa dilakukan psikolog dalam konsultasi psikologi:

  • Membantu Anda memahami atau mengubah sudut pandang terhadap permasalahan yang sedang dihadapi
  • Membimbing Anda brainstorming atau memberi saran untuk permasalahan yang dialami, misalnya ketika dihadapkan pada beberapa pilihan hidup yang sulit
  • Membantu Anda mengatasi kesedihan, rasa cemas, rasa takut berlebihan, atau kebiasaan buruk yang telah mengganggu aktivitas keseharian
  • Meluruskan permasalahan dalam hubungan dengan orang lain, termasuk dengan keluarga, teman, atau pasangan
  • Mendiagnosis dan mengatasi gangguan mental, seperti depresi, gangguan kecemasan, bipolar, atau bahkan skizofrenia

Berbeda dengan psikiater, seorang psikolog tidak boleh meresepkan obat-obatan kepada pasiennya. Meski begitu, kondisi kejiwaan yang membutuhkan pengobatan tetap bisa didiagnosis oleh psikolog. Bila memang pasien memerlukan obat-obatan, psikolog akan merujuknya ke psikiater.

Kapan Harus Melakukan Konsultasi Psikologi?

Berikut ini adalah beberapa tanda seseorang perlu melakukan konsultasi psikologi:

1. Masalah sudah sangat menggangu

Sebuah masalah bisa saja membuat seseorang sulit konsentrasi dalam melakukan pekerjaan atau aktivitas sehari-hari. Tak jarang pula masalah membuat seseorang putus asa, cemas berlebihan, sulit tidur, dan kehilangan nafsu makan.

Ketika sebuah masalah sudah mengganggu aktivitas atau bahkan kehidupan sehari-hari, kemungkinan Anda membutuhkan konsultasi psikologi.

2. Gagal menyelesaikan masalah sendiri

Ketika merasa sedih, cemas, atau takut, Anda sudah mencoba melakukan berbagai upaya untuk merasa lebih baik, misalnya dengan curhat, membaca buku motivasi, atau mengalihkan pikiran dengan olahraga.

Jika segala cara yang Anda lakukan tidak juga membuahkan hasil, mungkin ini waktunya Anda melakukan konsultasi psikologi. Ingat, meminta bantuan ke psikolog bukan berarti Anda gila atau lemah.

3. Melampiaskan masalah ke hal negatif

Tanda lain Anda membutuhkan konsultasi psikologi adalah ketika Anda berusaha melupakan masalah dengan melakukan hal-hal yang berdampak buruk bagi diri Anda, misalnya merokok, mengonsumsi minuman beralkohol, menggunakan obat-obat terlarang, atau bahkan makan berlebihan.

4. Baru saja mengalami kejadian traumatis

Konsultasi psikologi juga sering kali diperlukan ketika seseorang mengalami kejadian traumatis, seperti kehilangan sosok tercinta, perceraian, atau kehilangan pekerjaan, terutama bila rasa sedih yang dirasakan tidak kunjung hilang. Ini karena tidak semua orang dapat menghadapi kejadian berat sendirian dan membutuhkan bimbingan.

Melalui sesi konsultasi dengan psikolog, Anda dapat dibantu dengan mencari cara terbaik bagi diri sendiri untuk menghadapi masalah kehidupan yang muncul dan mengendalikannya.

Masalah dalam kehidupan pada dasarnya terjadi ketika kita tidak siap menerimanya. Masalah seperti ini dapat membebani pikiran, mengganggu kestabilan emosi, hingga memengaruhi aktivitas sehari-hari. Hal ini tentu tidak boleh dibiarkan dan harus segera diatasi.

Namun, tidak semua masalah bisa dihadapi sendirian. Terkadang, Anda membutuhkan bantuan untuk meringankan beban pikiran dan mencari jalan keluar dari masalah. Saat menghadapi kondisi yang sulit seperti ini, wajar jika Anda tidak mampu berpikir jernih.