by

Ingin Buka Pesan Lama? Begini Cara Melihat Chat Archive di Telegram

-Teknologi-9,165 views

Siapa yang tidak tahu dengan aplikasi perpesanan dengan jangkauan luas yang tidak lain adalah Telegram ini? Dari waktu ke waktu, aplikasi ini terus mengembangkan inovasi dari fitur-fiturnya. Salah satunya adalah fitur arsip pesan yang memungkinkan Anda untuk melihat pesan di kemudian hari. Namun, banyak orang yang tidak tahu bagaimana cara melihat chat archive di Telegram atau cara mengembalikan archive chat Telegram, maupun bagaimana cara mengarsipkannya. Nah, untuk itu, yuk simak ulasan lengkapnya berikut!

Apa itu Fitur Arsip dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

Bagi sebagian orang, mungkin tidak akan asing dengan istilah arsip pesan. Pasalnya, di aplikasi messenger lainnya seperti WhatsApp pun terdapat fitur arsip ini. Di mana, ketika Anda ingin pesan yang dikirimkan oleh oranglain jadi pribadi dan tidak bisa dilihat oleh banyak orang, maka bisa mengarsipkannya. Begitu dengan fitur yang ada di Telegram ini, Anda bisa menyembunyikan pesan dan mengarsipkannya agar tidak dilihat banyak orang.

Meskipun secara tidak langsung pesan tersebut disembunyikan, namun Anda masih tetap bisa melihatnya. Karena ada cara melihat pesan yang diarsipkan di Telegram bahkan mengembalikannya ke semula. Dengan begitu, meskipun Anda sudah menyembunyikan pesan, tidak perlu khawatir jika pesan tersebut akan menghilang atau bahkan terhapus. Untuk mengarsipkan pesan di Telegram ini, ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan. Bagaimana caranya?

  1. Buka aplikasi Telegram dan pilih chat yang akan diarsipkan
  2. Di bagian chat yang akan diarsipkan, tekan chat tersebut dengan waktu yang cukup lama sampai warna pesan jadi berubah hingga jadi lebih gelap
  3. Selanjutnya, pada bagian pojok kanan atas terdapat titik tiga yang bisa Anda klik
  4. Di menu titik tiga tersebut, pilih opsi arsip
  5. Maka setelahnya, pesan Anda pun sudah diarsipkan

Cara Melihat dan Mengembalikan Pesan yang Diarsipkan

Mengetahui cara mengarsipkan pesan bagi sebagian orang memang cukup penting. Terlebih jika mereka ingin pesan-pesannya bersifat pribadi atau karena banyaknya pesan di homescreen chat Telegram namun tidak ingin menghapusnya. Maka dengan mengarsipkan pesan bisa membuat tampilan pesan jadi lebih rapi. Namun, bagaima ketika ingin melihat pesan tersbeut kembali?

Meskipun sudah diarsipkan, Anda tetap bisa melihatnya karena terdapat cara melihat chat archive di Telegram hingga cara mengembalikan chat archive di telegram. Untuk melihat arsip chat di Telegram tentu bisa dilakukan dengan sangat mudah. Anda tinggal membuka halaman Home di aplikasinya, biasanya nanti arsip chat bisa dilihat di bagian atas atau paling bawah. Letak ini tergantung Anda saat melakukan pengarsipan.

Sementara untuk mengembalikan pesannya ke semula, Anda bisa menggunakan cara unarchive chat Telegram berikut:

  1. Buka aplikasi Telegram dan cari folder chat yang Anda arsipkan. Jika tidak mengatur atau memindahkannya ke paling bawah, maka saat membuka Home akan sudah langsung terlihat.
  2. Klik arsip pesan yang ingin kembalikan ke semula, lalu tekan lama sampai list pesan tersebut jadi berubah warna seperti di-block
  3. Klik gambar titik tiga yang berada d bagian pojok sebelah kanan atas lalu pilih lepas arsip

Jika cara buka arsip telegram tersebut sudah dilakukan, maka chat Anda yang sebelumnya diarsipkan sudah kembali ke semula dan tidak diarsipkan lagi. Selain cara tersebut, ada juga cara mengembalikan pesan yang diarsipkan di Telegram yang lebih mudah. Di mana Anda cukup menyeret folder arsip chat ke sebelah kiri, nantinya chat arsip jadi menghilang dan kembali ke pesan semula yang tertampil di Home Telegram.

Tentunya, mengetahui cara mengarsipkan dan cara melihat chat archive di telegram bahkan mengembalikannya cukup penting. Terlebih bagi Anda yang gemar menggunakan aplikasi perpesanan Telegram ini.

News Feed