by

Informasi Seputar Penyebab Mencret dari Diarepedia yang Tidak Boleh Disepelekan

Penyakit diare merupakan masalah yang terjadi pada sistem pencernaan, bukan sesuatu yang dapat Kamu sepelekan. Karena dapat memicu kondisi yang fatal jika seandainya tidak segera diobati, langkah pertolongan pertama juga penting untuk dilakukan guna membantu menyembuhkannya.

sebenarnya gejala dari gangguan kesehatan yang satu ini juga sangat mudah untuk dikenali, mulai diantaranya adalah frekuensi buang air besar yang terjadi secara terus-menerus, ditambah dengan perubahan yang terjadi pada feses, feses berubah menjadi lebih cair atau encer dibandingkan biasanya.

Umumnya karena harus buang air besar secara terus-menerus, maka tidak dapat dipungkiri jika seandainya orang-orang yang terkena diare ini rentan mengalami kondisi dehidrasi atau yang dikenal sebagai hilangnya cairan tubuh. Semakin lama dibiarkan tentunya akan semakin berbahaya, untuk itu maka Kamu harus berhati-hati, lebih baik melakukan pencegahan dari pada harus mengobatinya. Sebelumnya penting juga bagi Kamu untuk mengetahui penyebab mencret dari Diarepedia berikut ini, yaitu:

  1. Infeksi yang disebabkan oleh bakteri, nyatanya memang faktor terbesar yang menjadi penyebab penyakit mencret ini adalah infeksi, infeksi tersebut bisa terjadi karena beberapa jenis bakteri ini, diantaranya adalah E.Coli, Salmonella sampai dengan Shigella. Itulah mengapa penting sekali bagi Kamu untuk menjaga kebersihan, khususnya makanan serta minuman yang dikonsumsi, agar tidak sampai tercemar oleh bakteri tersebut.
  2. Infeksi virus, selain infeksi yang disebabkan oleh bakteri maka virus juga bisa memicu terjadinya diare. Sebut saja diantaranya adalah rotavirus serta norovirus. Jalur penularannya sendiri sebenarnya tidak jauh berbeda dengan infeksi yang disebabkan oleh bakteri, yaitu berasal dari makanan maupun minuman yang Kamu konsumsi. Bahkan ia sudah mulai menularkan penyakit tersebut sebelum menyadari gejalanya, sehingga wajib berhati-hati.
  3. Infeksi ole parasit atau jamur, tak sekedar bakteri maupun virus saja, nyatanya jamur maupun parasit juga bisa menjadi penyebabnya. Umumnya parasit ini banyak tumbuh di tempat-tempat yang memiliki sanitasi buruk, lingkungan yang tidak bersih serta orang-orang yang pada dasarnya tidak menjaga kebersihan dengan baik. Air serta makanan yang terkontaminasi tersebut bisa saja masuk kedalam tubuh manusia.
  4. Intoleransi makanan, faktor penyebab lainnya yang sering dialami oleh sebagian orang adalah karena intoleransi produk makanan tertentu, jenis yang paling sering adalah intoleransi laktosa atau gula pada susu sapi. Sehingga hal ini menyebabkan saluran pencernaan mereka tidak dapat mencerna dengan baik produk tersebut dan menyebabkan terjadinya diare.
  5. Efek samping obat, ada beberapa jenis obat yang memang memiliki efek samping diare, khususnya untuk Kamu yang gemar mengonsumsi obat-obatan pelangsing maka harus berhati-hati. Karena bisa jadi hal tersebut justru menyebabkan diare pada Kamu.
  6. Kondisi medis tertentu, diare juga dapat terjadi disebabkan oleh beberapa kondisi medis tertentu yang dialami oleh seseorang, diantaranya adalah mengalami IBS atau irritable bowel syndrome, penyakit celiac dan sejenisnya.
  7. Mengonsumsi makanan yang kurang tepat, orang-orang yang gemar mengonsumsi makanan pedas, berlemak, makanan berkafein, makanan bergula, aneka jenis susu serta olahannya nyatanya juga harus berhati-hati, karena hal tersebut juga termasuk salah satu faktor yang bisa membuat Kamu terkena diare.

Itulah diantaranya beberapa penyebab mencret dari Diarepedia yang harus diwaspadai, karena bisa saja kesalahan pola hidup Kamu dapat memicu munculnya penyakit berbahaya tersebut. Selalu menjaga kebersihan dan juga selektif dalam mengonsumsi makanan itu penting.

News Feed